Categories
Pengumuman

Alur KRS Merdeka Belajar Mahasiswa UNISA Yogyakarta

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan proses yang terintegrasi dengan proses perkuliahan yang sebelumnya dilakukan oleh Perguruan Tinggi (PT). Nilai yang didapatkan pada proses MBKM dapat dikonversi ke dalam nilai pada Program Studi asal dari Mahasiswa. Sama seperti proses perkuliahan pada umumnya, program MBKM juga diawali dengan proses KRS.

Daftar Isi

Alur KRS Merdeka Belajar

Alur KRS Merdeka Belajar mahasiswa UNISA Yogyakarta disusun agar mahasiswa memahami proses KRS pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). KRS MBKM berbeda dan terpisah dari KRS Reguler.

— Alur KRS Merdeka Belajar Mahasiswa UNISA Yogyakarta
https://pdsi.unisayogya.ac.id/alur-krs-merdeka-belajar-mahasiswa-unisa-yogyakarta/ 2021-09-06 16:51:08
Alur KRS Merdeka Belajar

Pra KRS

|-Pengumuman

Mahasiswa dapat mengikuti Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka apabila Program Studi telah melakukan kerjasama dengan Mitra, baik dengan Program Studi Lain di UNISA Yogyakarta, Perguruan Tinggi di Lain maupun Industri / Mitra.

Program Studi akan mengumumkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dapat diikuti oleh Mahasiswa. Akademik akan menawarkan Matakuliah sesuai dengan data yang diberikan oleh Program Studi.

|-Bimbingan

Mahasiswa melakukan konsultasi/bimbingan kepada Dosen Pembimbing Akademik (DPA) masing-masing mengenai rencana Perkuliahan Satu Semester berjalan, baik perkuliahan reguler maupun program MBKM. Hasil akhir dari proses bimbingan adalah Form Konversi yang wajib dibuat oleh Mahasiswa bersama dengan DPA.

Dasar utama Konversi adalah kesesuaian CP.

Form Konversi bukan untuk mempersulit mahasiswa, tetapi untuk memberi jaminan kepada mahasiswa bahwa Program MBKM yang diambil dapat dikonversi ke dalam nilai Matakuliah.

Bimbingan juga berfungsi untuk membahas strategi Perkuliahan hingga beberapa semester ke depan apabila ternyata terdapat kasus konversi atau pengambilan matakuliah.

|–Pertukaran Pelajar Antar Prodi (Internal UNISA Yogyakarta)

Mahasiswa perlu berdiskusi dengan DPA (bersama Program Studi) tentang kesesuain Capaian Pembelajaran (CP) dari matakuliah pada Program Studi tujuan dengan CP dari matakuliah di Program Studi asal mahasiswa.

|–Pertukaran Pelajar Outbound (Mahasiswa UNISA Yogyakarta ke PT Lain)

Mahasiswa perlu berdiskusi dengan DPA (bersama Program Studi) tentang:

  1. Kesesuain Capaian Pembelajaran (CP) dari matakuliah pada Program Studi tujuan dengan CP dari matakuliah di Program Studi asal mahasiswa.
  2. Keaktifan Surat Kerjasama dan isi dari kerjasama yang dijalin. Apa hak dan kewajiban mahasiswa selama mengikuti perkuliahan di PT tersebut. Catat nomor kerjasamanya.
  3. Skema pembiayaan untuk mengikuti program tersebut. Mungkin program dapat diikuti tanpa biaya.

|–Aktivitas Mahasiswa

Mahasiswa perlu berdiskusi dengan DPA (bersama Program Studi) tentang:

  1. Kesesuain Capaian Pembelajaran (CP) dari kegiatan mahasiswa dengan CP dari matakuliah di Program Studi asal mahasiswa.
  2. Keaktifan Surat Kerjasama dan isi dari kerjasama yang dijalin. Apa hak dan kewajiban mahasiswa selama mengikuti kegiatan tersebut. Catat nomor kerjasamanya.
  3. Skema pembiayaan untuk mengikuti program tersebut. Mungkin program dapat diikuti tanpa biaya.
  4. Informasi mengenai dosen pembimbing mencakup nama, nomor SK dan tanggal SK.

By basit

Biro Pengembangan Teknologi Dan Sistem Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.