Categories
Tutorial, Manual, Tips dan Trik

Bagaimana Cara Kompresi Berkas (Menyimpan Dengan Ukuran Lebih Kecil)?

basit.adhi.prabowo
basit.adhi.prabowo

Internet adalah sesuatu yang dibutuhkan dewasa ini, baik individu maupun institusi. Melalui internet, orang-orang saling berbagi informasi, baik melalui media sosial maupun melalui web (blog). Namun, banyaknya pengguna internet tidak serta merta membuat harga koneksi internet di Indonesia menjadi murah.

Oleh karena itu, adalah hal yang bijaksana apabila berkas yang diunggah di internet adalah berkas yang sekecil mungkin, tetapi informasi yang ada pada berkas tidak hilang. Pada kesempatan ini akan dibahas langkah-langkah bagaimana cara kompresi berkas atau menyimpan berkas dengan ukuran lebih kecil.

Keuntungan Kompresi Berkas

Ada beberapa keuntungan yang didapatkan jika berkas dikompresi, antara lain:

  1. Ukuran berkas menjadi lebih kecil, terutama untuk berkas yang berbasis teks
  2. Berkas-berkas terkumpul ke dalam 1 berkas saja, sehingga memudahkan dalam proses transfer dan mempercepat proses transfer. Meskipun memiliki jumlah ukuran yang sama, tetapi ada perbedaan kecepatan proses transfer antara banyak berkas dengan satu berkas. Satu berkas akan lebih cepat daripada banyak berkas.

Cara Kompresi Berkas Menggunakan File Browser Bawaan Sistem Operasi

  1. Buka File Browser, yaitu Windows Explorer di Ms Windows atau Nautilus, Thunar dan lainnya di Linux (Ubuntu)
  2. Pilih satu atau banyak berkas/folder, kemudian lakukan klik kanan.
    1. Pada Ms Windows, pilih Send To > Compressed (zipped) Folder. Akan terbentuk sebuah berkas berekstensi ZIP. Ganti namanya apabila diperlukan.
    2. Pada Linux (Ubuntu), pilih Compress atau Make Archive atau dengan bahasa semacam itu. Akan muncul jendela baru seperti pada gambar di bawah ini
      kompress
      kompress

      Pengguna dapat menentukan lokasi dan ekstensi (jenis) kompresi yang diinginkan. Beberapa ekstensi bisa diberikan sandi dan/atau dipecah ke dalam beberapa berkas. Klik OK untuk memulai kompresi.

By basit

Biro Pengembangan Teknologi Dan Sistem Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.