Categories
Rencana dan Laporan

BAN PT Standar 6 TA 2014-2015

(1) Sistem Informasi dan fasilitas yang digunakan program studi untuk proses pembelajaran Akademik dan Profesi (hardware, software, e-learning, perpustakaan, dll) / (2) Sistem informasi manajemen dan fasilitas ICT (Information and Communication Technology) yang digunakan Unit Pengelola Program Studi untuk proses penyelenggaraan akademik dan administrasi (misalkan SIAKAD, SIMKEU, SIMAWA, SIMFA, SIMPEG dan sejenisnya), termasuk distance-learning. Pemanfaatannya dalam proses pengambilan keputusan dalam pengembangan institusi.

Dukungan Hardware dan Software
Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Server

NoSeriSpesifikasiFungsiKeterangan
1HP ML350-G6
  1. PID: 638180-371
  2. Intel Xeon E5520 / 2.26 GHz Quad Core 64-bit
  3. RAM 8 GB (Max 144 GB)
  4. SAS 500GB
Server SIMPTT
  1. OS: Ubuntu Linux Server 12.04.4 LTS 64-bit
  2. IP: 49.128.176.213
  3. DN: sim.say.ac.id
  4. ZK, Tomcat
2HP ML350-G6
  1. PID: 638180-371
  2. Intel Xeon E5520 / 2.26 GHz Quad Core 64-bit
  3. RAM 8 GB (Max 144 GB)
  4. SAS 500GB
Server Basis Data
  1. OS: Ubuntu Linux Server 12.04.4 LTS 64-bit
  2. IP: 49.128.176.212
  3. Mysql
3ML350-G5
  1. PID: 417536-371
  2. Intel Xeon E5420 / 2.5 GHz Quad Core 64-bit
  3. RAM 1 GB (Max 16 GB)
  4. SAS 292GB
Opac
  1. OS: Ubuntu Linux Server 14.04.3 LTS 64-bit
  2. IP: 49.128.176.218
  3. DN: opac.say.ac.id
  4. Eprints
4ML350-G5
  1. PID: 417536-371
  2. Intel Xeon E5420 / 2.5 GHz Quad Core 64-bit
  3. RAM 1 Gb (Max 16 Gb)
  4. SAS 292Gb
Elearning (lama)
  1. OS: CentOS release 5 (Final) 32-bit
  2. IP: 172.16.100.100
  3. Apache, Mysql, Moodle
5HP ML330-G3
  1. PID: 317821-372
  2. Intel Xeon 2.8 GHz 32-bit
  3. RAM 1.5 GB (Max 4 GB)
  4. HDD 35GB
Server Web, OJS dan Subdomain
  1. OS: Ubuntu Linux Server 12.04.4 LTS 32-bit
  2. IP: 49.128.176.211
  3. DN: www.say.ac.id, subdomain.say.ac.id
  4. Mysql, Apache, WordPress, CI
6HP ML330-G3
  1. PID: 317821-372
  2. Intel Xeon 2.8 GHz 32-bit
  3. RAM 1.5 GB (Max 4 GB)
  4. HDD 35GB
7IBM X3100 MT4348
  1. PID: 434842X
  2. Intel Xeon E3-1220 3.1 GHz
  3. 1 GB (Max 32 GB)
  4. SATA 250GB
Elearning
  1. OS: Ubuntu Linux 12.04.3 LTS 64-bit
  2. IP: 49.128.176.214
  3. DN: elearning.say.ac.id
  4. Moodle
8IBM X3100 M4 MT2582
  1. PID: 2582B2A
  2. 3.1GHz Core i3-2100
  3. 4 GB (Max 32 GB)
  4. SATA 500GB
Mail Server
    o

  1. OS: Ubuntu Linux 12.04.5 LTS 64-bit
  2. IP: 49.128.176.215
  3. DN: mail.say.ac.id
  4. Citadel
9Lenovo ThinkCentre Edge72
  1. SN: PB67DEk, Machine Type: 3484A43
  2. Intel Core i5 (3rd Gen) 3470S / 2.9 GHz
  3. 10 GB (Max 16 Gb)
  4. Serial ATA-300 500GB
Proxy
  1. OS: Ubuntu Linux 14.04.1 LTS 64-bit
  2. IP: 49.128.176.216
  3. DN: proxy.say.ac.id
  4. Squid
Perangkat Keras Jaringan Server
NoSeriSpesifikasiFungsiKeterangan
1Mikrotik Router Board 1100 AHX2
  1. Product Code: RB1100AHX2
  2. Architecture: PPC
  3. CPU: Freescale P2020 1066MHz Dual Core
  4. Main Storage/NAND: 64MB
  5. RAM: 1.5GB
  6. LAN Ports: 13
  7. Operating System: RouterOS
    Keterangan lebih klik di sini
Router – Core Router
  1. Vlan 11,12,13,14
  2. DNS
2HP 1810 24G
  1. Product Number: J9803A
  2. HP 1810-24G V2 SWITCH
  3. 24 port RJ45
  4. 10/100/1000BASE-T
Manageable Switch – Core Switch
  1. Trunk
  2. Vlan 11, 12, 13, 14
3DLINK DGS-1016D
  1. Model / SKU / Code: 790069270000 / IGS1016DE
  2. 16 port RJ45
  3. 10/100/1000BASE-T
  4. Hardware Version: F1G
Switch Public
Perangkat Keras dan Lunak Komputer CBT
No.KomputerWindowsProduct ID
11700359-OEM-9740636-11473
22700359-OEM-9740636-11475
33700359-OEM-9740627-48342
44700359-OEM-9740636-10830
55700359-OEM-9740636-10813
66700359-OEM-9740636-10900
77700359-OEM-9740636-10807
88700359-OEM-9740636-10869
99700359-OEM-9740627-48199
1010700359-OEM-9740636-10834
1111700359-OEM-9740636-11048
1212700359-OEM-9740636-11456
1313700359-OEM-9740636-10818
1414700359-OEM-9740636-11202
1515700359-OEM-9740627-48312
1616700359-OEM-9740636-10828
1717700359-OEM-9740627-48207
1818700359-OEM-9740636-10897
1919700359-OEM-9740636-10833
2020700359-OEM-9740636-10825
2121700359-OEM-9740636-10811
2222700359-OEM-9740636-10903
2323700359-OEM-9740636-10901
2424700359-OEM-9740636-10822
2525700359-OEM-9740636-10808
2626700359-OEM-9740627-48190
2727700359-OEM-9740636-10823
2828700359-OEM-9740636-10817
2929700359-OEM-9740636-10914
3030700359-OEM-9740636-10810
3131700359-OEM-9740636-10898
3232700359-OEM-9740636-10831
3333700359-OEM-9740636-10812
3434700359-OEM-9740636-10994
3535700359-OEM-9740636-10814
3636700359-OEM-9740636-10832
3737700359-OEM-9740636-10902
3838700359-OEM-9740636-10815
3939700359-OEM-9740627-48336
4040700359-OEM-9740636-11986
41417ubuntu
42427ubuntu
4343700359-OEM-9740627-48315
4444700359-OEM-9740636-10904
4545700359-OEM-9740627-48329
4646700359-OEM-9740627-48210
4747700359-OEM-9740627-48327
4848700359-OEM-9740627-48187
4949700359-OEM-9740636-10820
5050700359-OEM-9740636-11927
5151700359-OEM-9740636-11940
5252700359-OEM-9740627-48201
5353700359-OEM-9740627-48348
5454700359-OEM-9740627-48184
5555700359-OEM-9740627-48322
5656700359-OEM-9740627-48321
5757700359-OEM-9740627-48174
5858700359-OEM-9740627-48835
5959700359-OEM-9740627-48345
6060700359-OEM-9740627-48324
6161700359-OEM-9740627-48193
6262700359-OEM-9740627-48208
6363700359-OEM-9740627-48330
6464700359-OEM-9740627-48832
6565800179-40514-80214-AAOEM
6666800179-40519-38901-AAOEM
6767800179-40514-80248-AAOEM
6868800179-40514-80110-AAOEM
6969800179-40519-38934-AAOEM
7070800179-40519-38895-AAOEM
7171800179-40519-39388-AAOEM
7272800179-40519-38932-AAOEM
7373diservis
7474800179-40514-80219-AAOEM
75757ubuntu
1. TIK Sebagai Sarana Pendukung Proses Pembelajaran
1.a. E-Learning

E-learning merupakan bentuk pembelajaran/pelatihan jarak jauh yang memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan informasi. Sarana e-learning online dikembangkan berbasis web dengan aplikasi moodle dan dipergunakan sejak tahun 2012. Pengembangan aplikasi juga diikuti dengan pelatihan bagi dosen dan pelatihan bagi mahasiswa.

Profil E-learning
Bahasa PemrogramanPHP
MediaWeb (internet/WAN)
PlatformMoodle
Server AplikasiApache
Server Basis DataMysql
Alamat

http://elearning.say.ac.id

Moodle

Moodle is a learning platform designed to provide educators, administrators and learners with a single robust, secure and integrated system to create personalised learning environments. You can download the software onto your own web server or ask one of our knowledgable Moodle Partners to assist you. (sumber: https://docs.moodle.org/29/en/About_Moodle, 23 September 2015)

Penggunaan

Elearning dimanfaatkan untuk mendukung dan mempermudah proses pembelajaran, bukan untuk menggantikan keseluruhan proses pembelajaran. Melalui elearning ini, mahasiswa dapat mengunduh materi, mengerjakan kuis/tugas dan mengerjakan evaluasi pembelajaran atau ujian berbasis komputer (computer based test / CBT) seperti UTS dan UAS. Tidak semua matakuliah menggunakan CBT untuk evaluasi pembelajaran, tergantung dari pilihan program studi masing-masing. Selain itu, CBT digunakan untuk latihan CBT uji kompetensi.

Fitur
  1. Dapat dibuat bank soal
  2. Soal dapat diimpor dari berkas teks
  3. Soal dapat disertai dengan gambar
  4. Nomor soal dan/atau opsi jawaban dapat diacak
  5. Soal dapat diproteksi dengan kata sandi, waktu dan/atau jaringan terbatas
  6. Nilai langsung dapat dilihat ketika ujian telah selesai sekaligus analisis butir soalnya
    analisis butir soal 1
    analisis butir soal 1 (sumber: dokumentasi pribadi)
    analisis butir soal 2
    analisis butir soal 2 (sumber: dokumentasi pribadi)
    analisis butir soal 3
    analisis butir soal 3 (sumber: dokumentasi pribadi)
  7. Analisis butir soal dapat disimpan ke dalam komputer dalam bentuk berkas spreadsheet (*.xls, *.ods) atau csv, kemudian datanya dapat diolah dengan mudah. Data dikopi ke dalam template yang sudah disediakan.
    analisis butir soal 1
    analisis butir soal 1 (sumber: dokumentasi pribadi)
    analisis butir soal 2
    analisis butir soal 2 (sumber: dokumentasi pribadi)
    analisis butir soal 3
    analisis butir soal 3 (sumber: dokumentasi pribadi)
    analisis butir soal 4
    analisis butir soal 4 (sumber: dokumentasi pribadi)
  8. Ujian dapat dibatasi dengan waktu
  9. Jika diperlukan, nilai dapat langsung dilihat oleh mahasiswa ketika selesai mengerjakan ujian, misalnya untuk CBT uji kompetensi
  10. Pengerjaan tugas dapat dikerjakan secara online oleh mahasiswa
  11. Materi dapat disampaikan kepada mahasiswa melalui elearning
Akses

Elearning dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen mudah diakses di mana saja, kapan saja dan melalui perangkat apa saja karena berbasis web.

Manual
  1. http://pdsi.unisayogya.ac.id/membuat-dan-memasukkan-soal-ke-dalam-e-learning-dengan-format-gift-moodle-2-8/
  2. http://pdsi.unisayogya.ac.id/manual-singkat-mengerjakan-soal-e-learning-pada-moodle-versi-2-8/

Sarana e-learning offline dikembangkan melalui CD pembelajaran, hal ini dilakukan sebagai salah satu perluasan sarana akses bagi mahasiswa dan program studi terhadap media pembelajaran. Mahasiswa diharapkan dapat berlatih secara mandiri selepas perkuliahan yang dilaksanakan oleh dosen dengan menggunakan media CD pembelajaran. Harapannya akan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dan lulusan. Koleksi CD pembelajaran dapat dilihat pada perpustakaan

1.b. OPAC

OPAC merupakan kependekan dari Online Public Access Catalog. OPAC juga biasa disebut oleh beberapa perpustakaan sebagai katalog online, katalog akses online, katalog akses daring perpustakaan, atau katalog akses umum talian. Menurut Corbin (1985,255) mengatakan online public catalog merupakan katalog yang berisikan cantuman bibliografi dari koleksi satu atau beberapa perpustakaan, disimpan pada magnetic disk atau media rekam lainnya, dan dibuat secara online kepada pengguna. OPAC adaah sistem katalog terpasang yang dapat diakses secara umum dan dapat dipakai pengguna untuk menelusuri data katalog (untuk memastikan apakah perpustakaan menyimpan karya tertentu untuk mendapatkan informasi tentang lokasinya dan jika sistem katalog dihubungkan dengan sistem sirkulasi, maka pengguna dapat mengetahui apakah bahan pustaka yang sedang dicari tersedia di perpustakaan atau sedang dipinjam. Menurut Horgan (1994,1) menyatakan OPAC adalah suatu sistem temu balik informasi, dengan satu sisi masukan (input) yang menggabungkan pembuatan file yang tercantum dan indeks. Pengguna dapat menggunakan OPAC untuk menjawab permintaan atau pertanyaan tertentu dan menjadi salah satu sarana atau alat bantu untuk menelusuri informasi di perpustakaan yang menggunakan sistem komputer yang terpasang jaringan LAN (Local Area Network). Menurut Feather (1997,330) menyatakan bahwa OPAC adalah suatu pangkatan data dengan cantuman bibliografi yang biasanya menggambarkan koleksi perpustakaan tertentu. OPAC menawarkan akses secara online ke koleksi perpustakaan meallui terminal komputer. Pengguna dapat melakukan penelusuran melalui pengarang, judul, subyek, kata kunci, dan sebagainya. Misalnya Giant ingin mencari buku tentang metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Dia tidak perlu repot-repot mencari satu per satu buku di rak yang belum tentu dapat ditemukan, tetapi dengan OPAC, dia hanya perlu menuliskan nama pengarangnya yaitu W.Lawrence Neuman atau judul bukunya Social Reserach Methods (Qualitative and Quantitative Approaches). Jadi secara umum, OPAC adalah suatu sistem temu balik informasi berbasis komputer yang digunakan oleh pengguna untuk menelusuri koleksi suatu perpustakaan atau unit informasi lainnya. (https://id.wikipedia.org/wiki/Katalog_akses_daring_perpustakaan).

Profil OPAC
Bahasa PemrogramanPerl
MediaWeb (internet/WAN)
PlatformEprints
Server AplikasiApache
Server Basis DataMysql
Alamat

http://opac.say.ac.id

Eprints

EPrints is a free and open-source software package for building open access repositories that are compliant with the Open Archives Initiative Protocol for Metadata Harvesting. It shares many of the features commonly seen in document management systems, but is primarily used for institutional repositories and scientific journals. EPrints has been developed at the University of Southampton School of Electronics and Computer Science and released under a GPL license. The EPrints software is not to be confused with ‘Eprints’ (or ‘e-prints’), which are preprints (before peer review) and postprints (after peer review), of research journal articles (eprints = preprints + postprints). (sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/EPrints, diakses 25 Sept 2015)

Penggunaan
Eprints digunakan untuk penyimpanan naskah, dokumen karya ilmiah, skripsi, penelitian, tesis, gambar, video, audio, dan sebagainya, yang dibuat oleh segenap sivitas akademika STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta agar dapat digunakan bersama bagi seluruh pengguna yang berkepentingan atau peduli dengan peningkatan pendidikan.
Fitur
  • Mudah dalam pengoperasian
  • Memuat berbagai jenis format data
1.c. E-Journal

Jurnal sendiri mempunyai arti sebuah publikasi yang membahas berbagai macam ilmu pendidikan serta penelitian yang memiliki interval jangka waktu terbit berkesinambungan. Fungsi jurnal adalah melestarikan ilmu pengetahuan dengan cara mendata dan meyebarkan yang telah peer review oleh ilmuan. Karakteristik jurnal seperti update berkaitan dengan teori dibandingkan buku, pembahasan yang lebih ringkas, sebagai referensi alternative, aplikasi dan implementasi dunia nyata. Dan E-Journal adalah publikasi ilmiah dalam format elektronik dan mempunyai ISSN (International Standard Serial Number). E-Journal mempunyai format PDF, HTML dan terkadang DOC.

Bahasa PemrogramanPHP
MediaWeb (internet/WAN)
PlatformOJS v 2.4.6.0
Server AplikasiApache
Server Basis DataMysql
Alamat

http://ejournal.say.ac.id

OJS (Open Journal System)

Open Journal Systems (OJS) is a journal management and publishing system that has been developed by the Public Knowledge Project through its federally funded efforts to expand and improve access to research.

OJS dikembangkan oleh PKP yang merupakan kependekan dari Public Knowledge Project (lihat website https://pkp.sfu.ca). PKP sendiri merupakan salah satu bagian dari Simon Fraser University. OJS dikembangkan untuk untuk memperluas dan meningkatkan akses ke penelitian dan dibiayai oleh pemerintah federal setempat. OJS membantu untuk setiap tahap proses penerbitan journal, dari pengajuan sampai publikasi online dan pengindeksan. Melalui sistem manajemen, pengindeksan yang berbau penelitian, dan konteks yang lengkap untuk penelitian, OJS berusaha untuk meningkatkan kualitas ilmiah dan penelitian dimaksud yang dikelola oleh OJS. OJS adalah perangkat lunak open source tersedia secara bebas untuk jurnal di seluruh dunia untuk tujuan membuat akses terbuka penerbitan pilihan yang layak untuk lebih jurnal, dengan akses terbuka dapat meningkatkan pembaca jurnal serta kontribusinya terhadap kepentingan publik pada skala global.

Penggunaan

E-Journal digunakan sebagai media penyampaian informasi dan komunikasi atau jurnal secara online. e-Journal menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai suatu jurnal konvensional (terbitan dan kajian secara mendalam) sehingga dapat menjawab tantangan globalisasi. e-Journal tidak berarti menggantikan model jurnal konvensional, tetapi memperkuat jurnal tersebut melalui pengelolaan penulis, karya tulis dan tanggapan atas karya tersebut, bahkan sampai pada tingkat mendiskusikan secara tak terbatas. Jurnal-jurnal yang masih konvensional atau berbentuk buku dirubah ke bentuk digital (konversi ke digital) kemudian diunggah ke dalam sebuah server yang digunakan untuk menyimpan file-file digital tersebut.

Fitur
  • OJS diinstal secara lokal dan dikendalikan secara lokal.
  • Editor mengkonfigurasi persyaratan, bagian, proses review, dll
  • Pendaftaran online dan pengelolaan semua konten.
  • Modul langganan dengan tertunda pilihan akses terbuka.
  • Pengindeksan komprehensif bagian konten dari sistem global.
  • Reading Tools untuk konten, berdasarkan bidang dan pilihan editor.
  • Email pemberitahuan dan komentar untuk pembaca.
  • Konteks-sensitif lengkap dukungan Bantuan online.
Akses

E-Journal dapat diakses dari mana saja selama terkoneksi dengan jaringan internet. Untuk konten dari e-Journal sendiri dapat dilihat langsung oleh pengguna internet secara umum (non user OJS System) dan pengguna OJS yang terdaftar di dalam sistem.

1.d. Memasukkan Unsur TI di dalam kurikulum

Memasukkan unsur teknologi informasi terkait dengan pembelajaran mata kuliah. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami pemanfaatan TIK untuk mendukung proses belajar dan bekerja pada nantinya. Sedari dini, mahasiswa dikenalkan dengan TIK, baik perangkat keras maupun perangkat lunak.

2. TIK Sebagai Sarana Pendukung Kegiatan Manajerial
2.a. Koneksi Internet
Langganan Internet30 Mbps
Jumlah Mahasiswa (PDDIKTI per 25 Sep 2015)2498
Internet Per Mahasiswa12 Kbps
KoneksiLeasline 1:1
IP Publik16

Pengembangan jaringan komputer (intranet) di seluruh area kampus STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta termasuk program studi Ners.Pengembangan akses internet melalui Internet Service Provider secara dedicated Leasline 1:1. Saat ini besar bandwidth yang dipergunakan adalah 30 Mbps.

2.b. Website

Web adalah suatu tampilan yang menampilkan informasi-informasi yang disediakan oleh server melalui protokol HTTP atau HTTPS. Web dapat berupa statis, dinamis maupun dinamis dengan cache yang bersifat statis. Isi dari web tersebut terhubung antara satu halaman dengan halaman yang lain di dalam web itu sendiri maupun terhubung ke halaman yang ada di dalam web lain. Web dapat berisikan teks dan multimedia seperti video, animasi, gambar, suara dan sebagainya.

Profil Website
Bahasa PemrogramanPHP
MediaWeb (internet/WAN)
FrameworkCode Igniter
Server AplikasiApache
Server Basis DataMysql
Alamat
WebRSS
http://www.say.ac.idhttp://www.say.ac.id/feed/rss2
http://www.stikesaisyiyah.ac.id http://www.stikesaisyiyah.ac.id/feed/rss2
http://www.stikes-aisyiyah-jogja.ac.idhttp://www.stikes-aisyiyah-jogja.ac.id/feed/rss2
Penggunaan

Web dimanfaatkan untuk memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh sivitas akademika dan stake holder.

Fitur
  1. Info Kampus untuk memberikan informasi kepada dosen/mahasiswa
  2. Berita untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum atau stake holder
  3. Info Penmaru untuk memberikan informasi penerimaan mahasiswa baru kepada calon mahasiswa
  4. Jurnal BP3M untuk memberikan informasi berkaitan dengan jurnal
  5. Beasiswa untuk memberikan informasi berkaitan dengan beasiswa
  6. Program Hibah untuk memberikan informasi mengenai hibah yang diperoleh institusi atau unit
  7. Agenda untuk memberikan informasi agenda kegiatan
  8. Galeri untuk memberikan informasi kegiatan dalam bentuk foto
Akses

Web dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen dengan mudah dari mana saja, kapan saja dan melalui perangkat apa saja. Selain itu, web dapat diakses tanpa membuka web, tetapi pembaharuan informasi dikirim ke smart phone melalui RSS dengan cara yang dibahas pada artikel tidak ketinggalan informasi dengan RSS Reader (http://pdsi.unisayogya.ac.id/tidak-ketinggalan-informasi-dengan-rss-reader/).

Web Subdomain

Selain web utama yang diawali dengan www, tersedia juga web subdomain, yaitu pembagian web ke dalam beberapa web. Biasanya digunakan untuk unit atau pengguna yang berbeda, misalnya bpti.say.ac.id, akademik.say.ac.id dan sebagainya.

Bahasa PemrogramanPHP
MediaWeb (internet/WAN)
PlatformWordPress
Server AplikasiApache
Server Basis DataMysql
Alamat
SubdomainRSSKeterangan
http://bpti.say.ac.idhttp://pdsi.unisayogya.ac.id/feed/rss2Sub domain Bagian Pengembangan Teknologi Informasi
http://akademik.say.ac.id http://akademik.say.ac.id/feed/rss2Sub domain bagian akademik
http://bpmp.say.ac.id http://bpmp.say.ac.id/feed/rss2Sub domain bagian penjaminan mutu
http://d3kebidanan.say.ac.idhttp://d3kebidanan.say.ac.id/feed/rss2Sub domain jurusan kebidanan DIII
http://d4bidanpendidik.say.ac.idhttp://d4bidanpendidik.say.ac.id/feed/rss2Sub domain jurusan DIV bidan pendidik
http://iopr.say.ac.idhttp://iopr.say.ac.id/feed/rss2Sub domain bagian Humas/KKIH
http://kemahasiswaan.say.ac.idhttp://kemahasiswaan.say.ac.id/feed/rss2Sub domain bagian kemahasiswaan
http://keuangan.say.ac.idhttp://keuangan.say.ac.id/feed/rss2Sub domain bagian keuangan
http://kip.say.ac.idhttp://kip.say.ac.id/feed/rss2Sub domain bagian pengkaderan dan keislaman
http://koperasi-karyawan.say.ac.idhttp://koperasi-karyawan.say.ac.id/feed/rss2Sub domain koperasi karyawan
http://laboratorium.say.ac.idhttp://laboratorium.say.ac.id/feed/rss2Sub domain bagian laboratorium
http://lp3m.say.ac.idhttp://lp3m.say.ac.id/feed/rss2Sub domain bagian LP3M
http://lib.say.ac.idhttp://lib.say.ac.id/feed/rss2Sub domain bagian perpustakaan
http://ppb.say.ac.idhttp://ppb.say.ac.id/feed/rss2Sub domain bagian pengembangan bahasa
http://psik.say.ac.idhttp://psik.say.ac.id/feed/rss2Sub domain jurusan PSIK
http://s1fisioterapi.say.ac.idhttp://s1fisioterapi.say.ac.id/feed/rss2Sub domain jurusan Fisioterapi
http://s2kebidanan.say.ac.idhttp://s2kebidanan.say.ac.id/feed/rss2Sub domain Pasca Sarjana S2 Kebidanan
http://ormawa.say.ac.idhttp://ormawa.say.ac.id/feed/rss2Sub domain untuk organisasi mahasiswa
http://civitas.say.ac.idSub domain untuk para civitas STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Misal http://nama_dosen_atau_karyawan.civitas.say.ac.id
2.c. SIMPTT

Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT) adalah sebuah sistem untuk memasukkan dan mengolah data untuk menjadi sebuah informasi untuk kegiatan manajemen di Perguruan Tinggi yang terdiri dari beberapa sistem informasi yang datanya tersimpan ke dalam sebuah basis data dan saling terhubung satu sama lain.

Profil SIMPTT
Bahasa PemrogramanJava
MediaWeb (internet/WAN)
FrameworkZK
Server AplikasiTomcat
Server Basis DataMysql
Pengembangan SIMPTT

Pengembangan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT) yang terdiri dari modul core system dan modul supporting system berbasis web yang terkoneksi ke internet (akses melalui WAN). Oleh karena itu, SIMPTT ini mudah diakses di mana saja, kapan saja dan melalui perangkat apa saja. Pengguna dapat mengakses SIMPTT dari komputer kantor, komputer rumah, warung internet, melalui smart phone, melalui notebook / laptop, dari lingkungan Perguruan Tinggi, dari luar Perguruan Tinggi dan sebagainya. Dengan SIMPTT ini maka sivitas akademika dan stake holder memiliki kemudahan dalam mengakses data-data akademik maupun data-data lain terkait melalui sistem informasi yang tersedia. Beberapa hal yang di dapat dengan pengembangan SIMPTT ini antara lain berkurangnya kerangkapan data (redundansi data), memudahkan proses pembaruan data, memudahkan proses memasukkan data, meningkatkan kualitas akses, kualitas informasi (accuracy, relevancy dan timeliness) dan meningkatkan keamanan data (hak akses akan dibagi sampai dengan hak akses aplikasi).

2.c.1. SIMPTT Akademik

simptt-akademik SIMPTT Akademik adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses akademik yang ditempuh atau dilakukan oleh mahasiswa dan dosen, antara lain proses KRS, proses penjadwalan, proses perkuliahan, proses penilaian dan proses kelulusan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-akademik

Menu SIMPTT Akademik
MenuTipeKeterangan
Data IndukmenuMelihat data-data induk
– Data MahasiswalaporanMelihat data mahasiswa
– Data DosenlaporanMelihat data dosen (akademik)
– Data Dosen V2laporanMelihat data dosen (alamat)
– Data KurikulumlaporanMelihat data kurikulum
– Data Mata KuliahlaporanMelihat data matakuliah
– Data Program StudilaporanMelihat data program studi
Transaksi AkademikmenuTransaksi akademik
– Kalender AkademikformAdm data kalender akademik
– PengumumanformAdm data pengumuman
– Pra-KRSsub-menuData-data sebelum KRS
– – Pembagian Pembimbing AkademikformAdm pembagian PA
– – Cetak Pembimbing AkademiklaporanMencetak pembagian PA
– – Penawaran Mata KuliahformAdm matakuliah yang ditawarkan pada semester berjalan
– – Pembuatan PaketformAdm paket matakuliah
– – Paket MatakuliahformAdm isi paket matakuliah
– KRSsub-menuData-data KRS
– – Time Limit KRS OnlineformAdm penentuan jadwal KRS online oleh mahasiswa
– – Tambah KRS (Jamak)formAdm KRS (jamak/multiple)
– – Tambah KRS Paket (Jamak)formAdm KRS paket (jamak/multiple) seluruh mahasiswa
– – Tambah KRS Paket (Jamak) – FilterformAdm KRS paket (jamak/multiple) sesuai dengan saringan
– – Edit KRS (Tunggal)formAdm KRS (tunggal/single)
– – Cetak KRSlaporanMencetak KRS mahasiswa
– – Cetak Mahasiswa Melakukan KRSlaporanMencetak data mahasiswa yang melakukan KRS
– – Cetak Matakuliah KRSlaporanMencetak data KRS menurut matakuliah
– – Cetak Mahasiswa Tidak Melakukan KRSlaporanMencetak data mahasiswa yang melakukan tidak KRS
– Pra-Perkuliahansub-menuData-data sebelum perkuliahan
– – Penyusunan TIM TeachingformAdm data tim pengajar matakuliah
– – Penyusunan Jadwal KuliahformAdm penjadwalan perkuliahan
– Perkuliahansub-menuData-data perkuliahan
– – Pembuatan Daftar Hadir Perkuliahan (A4)laporanMencetak daftar hadir perkuliahan per pertemuan
– – Pembuatan Daftar Hadir Perkuliahan Crosstab (F4)laporanMencetak daftar hadir perkuliahan secara mendatar
– – Pembuatan Daftar Hadir UjianlaporanMencetak daftar hadir ujian
– – Perubahan Jadwal Kuliah by TanggalformAdm perubahan jadwal perkuliahan menurut tanggal
– – Perubahan Jadwal Kuliah by MatakuliahformAdm perubahan jadwal perkuliahan menurut matakuliah
– – Entry Transaksi PerkuliahanformAdm presensi kehadiran
– – Entry Ijin dan SakitformAdm ijin dan sakit
– – Hitung Ulang HRformMenghitung ulang HR dosen per periode
– Laporansub-menuLaporan-laporan perkuliahan
– – Prosentase Kehadiran MahasiswalaporanMencetak prosentase kehadiran mahasiswa
– – Rekap Mengajar By DosenlaporanMencetak rekap mengajar menurut dosen
– – Rekap Mengajar By MatakuliahlaporanMencetak rekap mengajar menurut matakuliah
– – Rekap Materi MengajarlaporanMencetak rekap materi menurut matakuliah
– – Beban SKSlaporanMencetak beban SKS mengajar dosen
– – Rekap Pecapaian MatakuliahlaporanMencetak pencapaian matakuliah (rencana dan realisasi)
– – Rekap Kehadiran Per MatakuliahlaporanMencetak rekap kehadiran mahasiswa per matakuliah
– – Honorarium MengajarlaporanMencetak HR mengajar per dosen
– – Rangkuman Honorarium MengajarlaporanMencetak rekap HR mengajar per periode
– – Rangkuman Honorarium Mengajar GabunganlaporanMencetak rekap HR mengajar gabungan per periode
Hasil StudimenuData hasil belajar mahasiswa
– By MatakuliahformAdm nilai menurut matakuliah
– By MahasiswaformAdm nilai menurut mahasiswa
– Surat Permohonan Entry NilaipdfSurat permohonan entry nilai
– Laporansub-menuLaporan-laporan hasil belajar mahasiswa
– – Kartu Hasil Studi (A4)laporanMencetak kartu hasil studi
– – Transkrip Nilai (F4)laporanMencetak transkrip nilai (tanpa nilai X)
KelulusanmenuData-data kelulusan
– Karya Tulissub-menuData karya tulis
– – Entry Judul Karya TulisformAdm data judul karya tulis
– Yudisiumsub-menuData kelulusan
– – Entry Mahasiswa Lulus YudisiumformAdm data mahasiswa lulus
– – Cetak Transkrip Akademik Akhir (F4)laporanMencetak transkrip akademik akhir tempuh + equivalensi
– – Cetak Transkrip Akademik Akhir Non Equivalen (F4)laporanMencetak transkrip akademik akhir tempuh
– – Cetak Ijazah (A4)laporanMencetak ijazah mahasiswa
– – Cetak Mahasiswa Lulus Yudisium (A4)laporanMencetak data mahasiswa lulus
– – Cetak Buku YudisiumlaporanMencetak buku mahasiswa lulus
– Wisudasub-menuData wisuda
– – Entry Mahasiswa Ikut WisudaformAdm data wisuda mahasiswa
– – Cetak Mahasiswa Ikut Wisuda (A4)laporanMencetak data wisuda mahasiswa
– – Cetak Buku WisudalaporanMencetak buku wisuda mahasiswa
Penelusuran DatamenuLaporan-laporan
– Data Mahasiswa – By Program StudilaporanMelihat data mahasiswa menurut program studi
– Data Mahasiswa – By Asal KabupatenlaporanMelihat data mahasiswa menurut asal
– Data Indeks Prestasi Semester Mahasiswa (A4)laporanMencetak data IPS menurut mahasiswa
– Data Indeks Prestasi Semester Mata Kuliah (A4)laporanMencetak data IPS menurut matakuliah
– Data Indeks Prestasi Nilai Terbaik Mahasiswa (A4)laporanMencetak data IPK
– KTM (A4)laporanMencetak KTM
UsermenuMenu pengguna
– Ganti PasswordformAdm penggantian kata sandi
– LogoutlogoutKeluar dari sistem
BantuanpdfBuku panduan sistem
2.c.2. SIMPTT Laboratorium

simptt-laboratorium SIMPTT Laboratorium adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses akademik di laboratorium yang ditempuh atau dilakukan oleh mahasiswa dan dosen, antara lain proses pembagian kelompok, proses penjadwalan dan proses perkuliahan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-laboratorium

Menu SIMPTT Laboratorium
MenuTipeKeterangan
Data MastermenuMelihat data-data induk
– Data MahasiswalaporanMelihat data mahasiswa
– Data DosenlaporanMelihat data dosen (akademik)
– Data Dosen Versi 2laporanMelihat data dosen (alamat)
– Data KurikulumlaporanMelihat data kurikulum
– Data Mata KuliahlaporanMelihat data matakuliah
– Data Program StudilaporanMelihat data program studi
Transaksi LabmenuTransaksi laboratorium
– PengumumanformAdm data pengumuman
– Pra-Perkuliahansub-menuData-data sebelum perkuliahan
– – Pembentukan KelompokformAdm pembentukan kelompok
– – Pembagian Anggota KelompokformAdm anggota kelompok
– – Pembagian Anggota Kelompok AcakformAdm anggota kelompok acak
– – Penyusunan TIM TeachingformAdm data tim pengajar matakuliah
– – Penyusunan Jadwal KuliahformAdm penjadwalan perkuliahan
– Perkuliahansub-menuData-data perkuliahan
– – Pembuatan Daftar Hadir PerkuliahanlaporanMencetak daftar hadir perkuliahan per pertemuan
– – Pembuatan Daftar Hadir Perkuliahan Crosstab (F4)laporanMencetak daftar hadir perkuliahan secara mendatar
– – Pembuatan Daftar Hadir UjianlaporanMencetak daftar hadir ujian
– – Perubahan Jadwal Kuliah by TanggalformAdm perubahan jadwal perkuliahan menurut tanggal
– – Perubahan Jadwal Kuliah by MatakuliahformAdm perubahan jadwal perkuliahan menurut matakuliah
– – Entry Transaksi PerkuliahanformAdm presensi kehadiran
– – Hitung Ulang HRformMenghitung ulang HR dosen per periode
– Laporansub-menuLaporan-laporan perkuliahan
– – Prosentase Kehadiran MahasiswalaporanMencetak prosentase kehadiran mahasiswa
– – Rekap Mengajar By DosenlaporanMencetak rekap mengajar menurut dosen
– – Rekap Mengajar By MatakuliahlaporanMencetak rekap mengajar menurut matakuliah
– – Rekap Materi MengajarlaporanMencetak rekap materi menurut matakuliah
– – Beban SKSlaporanMencetak beban SKS mengajar dosen
– – Rekap Pecapaian MatakuliahlaporanMencetak pencapaian matakuliah (rencana dan realisasi)
– – Rekap Kehadiran Per MatakuliahlaporanMencetak rekap kehadiran mahasiswa per matakuliah
– – Honorarium MengajarlaporanMencetak HR mengajar per dosen
– – Rangkuman Honorarium MengajarlaporanMencetak rekap HR mengajar per periode
– – Rangkuman Honorarium Mengajar GabunganlaporanMencetak rekap HR mengajar gabungan per periode
UsermenuMenu pengguna
– Ganti PasswordformAdm penggantian kata sandi
– LogoutlogoutKeluar dari sistem
BantuanpdfBuku panduan sistem
2.c.3. SIMPTT Kemahasiswaan

simptt-kemahasiswaan SIMPTT Kemahasiswaan adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan mahasiswa, antara lain data induk, keaktifan, surat menyurat, data pendukung, data perkaderan dan data lulusan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-kemahasiswaan

Menu SIMPTT Kemahasiswaan
MenuTipeKeterangan
Pre-MahasiswamenuData-data sebelum menjadi mahasiswa
– Setting Generate NIMformAdm batasan generate NIM
– Transfer Data PMBformTransfer data dari data PMB
– Data MahasiswalaporanMencetak data mahasiswa yang mendapatkan NIM
KemahasiswaanmenuData-data mahasiswa
– Data Master MahasiswaformAdm data mahasiswa
– Keaktifan MahasiswaformAdm keaktifan mahasiswa (Cuti, Aktif Kembali, Keluar)
– KTM (A4)laporanMencetak KTM
– KTM (PVC)laporanMencetak KTM bahan PVC
– Mahasiswa Melakukan KRSlaporanMencetak data mahasiswa melakukan KRS
– Mahasiswa Tidak Melakukan KRSlaporanMencetak data mahasiswa tidak melakukan KRS
– Laporan Keaktifan MahasiswalaporanMencetak data keaktifan mahasiswa
– Pembimbing Akademik MahasiswalaporanMencetak data PA
– Alasan MahasiswaformAdm alasan mahasiswa
BeasiswamenuData-data beasiswa
– Entry Penerima BeasiswaformAdm penerima beasiswa
– Jenis BeasiswaformAdm jenis beasiswa
Surat KeluarmenuSurat keluar
– Klarifikasi Non Aktifform/laporanMencetak surat klarifikasi non aktif
– SP Masih Kuliah (PNS/Pegawai)form/laporanMencetak SP masih kuliah (PNS/Pegawai)
– SP Masih Kuliah (Non PNS/Pegawai)form/laporanMencetak SP masih kuliah (Non PNS/Pegawai)
LulusanmenuData-data lulusan
– Daftar Mahasiswa YudisiumlaporanMencetak data lulusan
– Data Alumni MahasiswaformAdm data lulusan
UsermenuMenu pengguna
– mnLogoutlogoutKeluar dari sistem
BantuanpdfBuku panduan sistem
2.c.4. SIMPTT Karya Tulis

simptt-karyatulis SIMPTT Karya Tulis adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses penulisan, bimbingan dan penilaian Karya Tulis.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-karyatulis

Menu SIMPTT Karya Tulis
MenuTipeKeterangan
Proposal / UjianmenuPencatatan proposal atau ujian
– Pendataan Judul dan Pembimbing/PengujiformAdm pendataan karya tulis, bimbingan, ujian dan nilai
– Hitung Ulang HR Pembimbing/PengujiformMenghitung ulang HR pembimbing atau penguji
LaporanmenuLaporan-laporan
– HR Pembimbing/Penguji UjianlaporanMencetak HR menguji
– HR Pembimbing/Penguji Ujian – By Waktu KumpullaporanMencetak HR menguji berdasarkan waktu kumpul
– Rangkuman HR Pembimbing/Penguji UjianlaporanMencetak rangkuman HR menguji
– Rangkuman HR Pembimbing/Penguji Ujian – By Waktu KumpullaporanMencetak rangkuman HR menguji berdasarkan waktu kumpul
– Rangkuman HR BimbinganlaporanMencetak HR membimbing
– Data Mahasiswa Belum UjianlaporanMencetak data mahasiswa yang belum ujian
– Data Mahasiswa Sudah UjianlaporanMencetak data mahasiswa yang sudah ujian
– Data Mahasiswa Sudah Ujian – By PengujilaporanMencetak data mahasiswa yang sudah ujian berdasarkan penguji
LogoutmenuKeluar dari sistem
– LogoutlogoutKeluar dari sistem
2.c.5. SIMPTT SPC

simptt-spc SIMPTT SPC adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses pembayaran keuangan mahasiswa (student payment center), antara lain pembuatan tagihan, dispensasi dan pengembalian. Basis data pembayaran terhubung ke rekanan bank secara host to host, yaitu terhubung langsung secara real time online.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-spc

Menu SIMPTT SPC
MenuTipeKeterangan
UsermenuData pengguna
– LogoutlogoutKeluar dari sistem
– Ganti PasswordformAdm penggantian kata sandi
– BantuanpdfBuku panduan sistem
– AboutlaporanTentang pembuat sistem
SettingmenuData pengaturan
– Jenis TagihanformAdm data jenis tagihan
– Tarif Untuk Prodi-AngkatanformAdm data tarif per prodi dan angkatan
– Penanda TanganformAdm data penanda tangan
– Awal Tahun AkademikformAdm data awal tahun akademik
Pembuatan TagihanmenuData tagihan (host to host)
– Generate Tagihan Per Prodi-AngkatanformMembuat tagihan per prodi dan angkatan
– Generate Tagihan Per MahasiswaformMembuat tagihan per mahasiswa
– Generate Tagihan Tidak TerdefinisiformMembuat tagihan tidak terdefinisi
– Generate Tagihan Tidak Terdefinisi Prodi-AngkatanformMembuat tagihan tidak terdefinisi per prodi dan angkatan
– Browse Data TagihanlaporanMelihat data tagihan
– Cetak Tagihan Per ProdilaporanMencetak tagihan per prodi
– Cetak Tagihan Per MahasiswalaporanMencetak tagihan per mahasiswa
PembayaranmenuData pembayaran
– PembayaranformAdm data pembayaran
– Browse Pembayaran Per MahasiswalaporanMelihat data pembayaran per mahasiswa
– Editing Data Pembayaran (CONFIDENTIAL)formAdm data pembayaran
PengembalianmenuData pengembalian
– PengembalianformAdm data pengembalian
LaporanmenuLaporan keuangan mahasiswa
– Surat Bebas Keuangan Bagi MahasiswalaporanMencetak surat bebas keuangan bagi mahasiswa
– Laporan Rekapitulasi Pembayaran Bagi MahasiswalaporanMencetak rekapitulasi pembayaran mahasiswa
– Laporan Pembayaran Per Th. Akademik-DetaillaporanMencetak data pembayaran per tahun akademik
– Laporan Pembayaran Per Th. Akademik-Prodi-Jenis TagihanlaporanMencetak data pembayaran per tahun akademik, prodi dan jenis tagihan
– Laporan Pembayaran Per Tanggal-Prodi-Jenis TagihanlaporanMencetak data pembayaran per tanggal, prodi dan jenis tagihan
– Laporan Pembayaran Per Tanggal-DetillaporanMencetak data pembayaran per tanggal
– Laporan Pembayaran Per Tanggal-Group By Jenis TagihanlaporanMencetak data pembayaran per tanggal dan jenis tagihan
– Laporan Target Penerimaan KeuanganlaporanMencetak target penerimaan keuangan
– Laporan Realisasi Penerimaan KeuanganlaporanMencetak realisasi penerimaan keuangan
– Laporan Rekapitulasi Tunggakan KeuanganlaporanMencetak rekapitulasi tunggakan keuangan
– Laporan Rinci Tunggakan Keuangan Per MahasiswalaporanMencetak tunggakan keuangan per mahasiswa
– Laporan Rekap Bayar, Kurang Bayar Per MahasiswalaporanMencetak rekapitulasi pembayaran dan kurang bayar mahasiswa
– Laporan Dispensasi PembayaranlaporanMencetak data dispensasi pembayaran
Tools-KemahasiswaanmenuData kemahasiswaan
– Daftar MahasiswalaporanMelihat data mahasiswa
– Informasi Tarif MahasiswalaporanMelihat tarif mahasiswa
– Rekap Pengambilan SKSlaporanMelihat data KRS
– Pemberian DispensasiformAdm data dispensasi pembayaran
Administrasi PenggunamenuData pengguna
– Data PenggunaformAdm data pengguna
2.c.6. SIMPTT Mahasiswa

simptt-mahasiswa SIMPTT Mahasiswa adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan mahasiswa, antara lain proses KRS, proses penjadwalan, proses perkuliahan, informasi perpustakaan, informasi keuangan dan biodata. Setiap akhir semester ditampilkan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) dan Evaluasi Unit Oleh Mahasiswa (EUOM).

RSS Untuk Mahasiswa
rss 1
rss 1: Install (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 2
rss 2: Setting tanpa password (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 3
rss 3: Mendapatkan password mahasiswa (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 4
rss 4: Beberapa alternatif setting menggunakan password (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 5
rss 5: Update info melalui smart phone secara otomatis (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 6
rss 6: Update info melalui smart phone secara otomatis untuk RSS dengan password (sumber: dokumentasi pribadi)
Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-mahasiswa

Menu SIMPTT Mahasiswa
MenuTipeKeterangan
Akademik, Perkuliahan dan PerpustakaanmenuData akademik, perkuliahan dan perpustakaan
– Pra-Perkuliahansub-menuData-data sebelum proses perkuliahan
– – Entry KRS (non Paket)formAdm KRS bukan paket
– – Entry KRS PaketformAdm KRS paket
– Perkuliahansub-menuData-data perkuliahan
– – Jadwal KuliahlaporanMelihat jadwal kuliah
– Pendukung Perkuliahansub-menuData-data pendukung perkuliahan
– – Lihat KRSlaporanMelihat KRS
– – Hasil Studi / SemesterlaporanMelihat KHS
– – Hasil Studi KumulatiflaporanMelihat transkrip nilai
– – Cetak Hasil Studi KumulatiflaporanMencetak transkrip nilai
– – Kalender AkademiklaporanMelihat kalender akademik
– Perpustakaansub-menuData-data perpustakaan
– – DIGILIB: Ebook – EJournalformPencarian ebook / ejournal
– – Pencarian PustakaformPencarian pustaka yang ada di perpustakaan
– – History PeminjamanlaporanMelihat data peminjaman dan sejarah peminjaman
KeuanganmenuData-data keuangan
– Tagihan KeuanganlaporanMelihat data tagihan keuangan – sama dengan data di Bank (host to host)
– History Pembayaran KeuanganlaporanMelihat data sejarah pembayaran keuangan – sama dengan data di Bank (host to host)
– Daftar Tunggu Tagihan KeuanganlaporanMelihat data tagihan keuangan yang terjadwal
KemahasiswaanmenuData-data kemahasiswaan
– BiodatalaporanMelihat biodata mahasiswa
– Biodata Buku WisudaformEdit biodata mahasiswa untuk buku wisuda
UsermenuMenu pengguna
– SaranformMemberikan saran ke akademik
– Ganti PasswordformAdm penggantian kata sandi
LogoutlogoutKeluar dari sistem
2.c.7. SIMPTT Alumni

simptt-alumni SIMPTT Alumni adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan alumni, antara lain data alumni, tautan ke web lain dan lowongan pekerjaan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-alumni

Menu SIMPTT Alumni
MenuTipeKeterangan
Pencarian AlumnilaporanMelihat data alumni
Lowongan PekerjaanpageHalaman informasi lowongan pekerjaan
Link Stikes ‘Aisyiyah YogyakartalinkTautan ke STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta
Link DIKTI DepdiknaslinkTautan ke DIKTI
Link PMB STIKES ‘Aisyiyah YogyakartalinkTautan ke PMB SAY
Frequentyl Asked QuestionspageHalaman informasi pertanyaan yang sering diajukan
KontakpageHalaman kontak
2.c.8. SIMPTT Keuangan

simptt-keuangan SIMPTT Keuangan adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses penganggaran dan kinerja unit, serta fitur keuangan, seperti perjurnalan dan sebagainya.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-keuanganv2

Menu SIMPTT Keuangan
MenuTipeKeterangan
UsermenuMenu pengguna
– LogoutlogoutKeluar dari sistem
– BantuanpdfBuku panduan sistem
Penyusunan Anggaran (Tahap 1-4)menuData-data penyusunan anggaran
– Tahap 1. Penyusunan Visi-MisiformAdm data visi dan misi
– Tahap 2. Penyusunan Rencana Kegiatan (RK)formAdm data rencana kegiatan unit
– Tahap 3. Penyusunan Detil Pendapatan Kegiatan (Transitoris)formAdm data pendapatan kegiatan transitoris
– Tahap 4. Penyusunan Detil Biaya Kegiatan (RK Rinci)formAdm data biaya kegiatan
Penyusunan Ajuan SPP (Tahap 5-7)menuData-data realisasi anggaran
– Tahap 5. Input Realisasi Pendapatan Transitoris – under constructionform(menunggu aturan)
– Tahap 6. Pengajuan SPP (sampai pencairan dana)form/laporanAdm SPP dan pencairan dana
– Tahap 7. Penyusunan SPJ – under constructionform(menunggu aturan)
View dan LaporanmenuLaporan rencana kegiatan
– View-Total PagulaporanMelihat data total pagu
– View-Rekap Rencana KegiatanlaporanMelihat data rencana kegiatan
– Laporan Type 1laporanMencetak data rencana kegiatan
– Laporan Type 2 – under constructionlaporan(menunggu aturan)
OtoritasmenuData-data otoritas keuangan
– Pra-Anggaransub-menuData sebelum proses penganggaran
– – Setting Pendapatan (Pagu)formAdm pendapatan sebagai dasar pagu
– – Setting PaguformAdm pagu
– – Laporan Pendapatan (Pagu)laporanMencetak data pendapatan sebagai dasar pagu
– – Laporan PagulaporanMencetak data pagu
– Penyusunan Anggaransub-menuData proses penganggaran
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua UnitlaporanMencetak data rencana kegiatan
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua Unit + DeskripsilaporanMencetak data rencana kegiatan dan deskripsinya
– – Cek AnggaranlaporanMelihat data anggaran yang melebihi pagu
– – Set Tutup Anggaran / Buka AnggaranformMenutup atau membuka anggaran
– – Laporan Anggaran Berbasis Mata AnggaranlaporanMencetak data anggaran menurut mata anggaran
– – Laporan Anggaran Berbasis Mata RekeninglaporanMencetak data anggaran menurut mata rekening
– Pemanfaatan Anggaransub-menuData setelah proses penganggaran
– – Surat Perintah Mencairkan (SPM)formAdm perintah mencairkan dana
– Penyusunan Anggaran (BPH)sub-menuMenu khusus BPH
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua UnitlaporanMencetak data rencana kegiatan
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua Unit + DeskripsilaporanMencetak data rencana kegiatan dan deskripsinya
– – Cek AnggaranlaporanMelihat data anggaran yang melebihi pagu
KasirmenuData-data kasir
– Pencairan DanaformAdm pencairan dana
– Bukti Kas MasukformAdm bukti kas masuk
– Bukti Kas KeluarformAdm bukti kas keluar
– Opname PecahanformAdm uang pecahan
AkuntansimenuData-data akuntansi
– PenjurnalanformAdm jurnal keuangan
– Buku BesarlaporanMencetak buku besar
– NeracalaporanMencetak neraca
– Laba RugilaporanMencetak laba rugi
2.c.9. SIMPTT Penjaminan Mutu

simptt-penjaminanmutu SIMPTT Penjaminan Mutu adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses penjaminan mutu, antara lain proses audit.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-penjaminanmutu

Menu SIMPTT Penjaminan Mutu
MenuTipeKeterangan
Audit Mutu Internal (AMI)menuData AMI
– Pre Audit Mutu Internalsub-menuData sebelum audit
– – Tipe AuditformAdm data tipe audit
– – Periode AuditformAdm data periode audit
– – Unit Periode AuditformAdm penempatan unit pada periode audit
– – Auditorsub-menuData-data auditor
– – – Jabatan AuditorformAdm data jabatan auditor
– – – AuditorformAdm data auditor
– – – Auditor Periode AuditformAdm penempatan auditor pada periode audit
– – Auditeesub-menuData-data auditee
– – – Jabatan AuditeeformAdm data jabatan auditee
– – – AuditeeformAdm data auditee
– – Penempatan AuditorformAdm penempatan auditor
– – Penempatan AuditeeformAdm penempatan auditee
– Bank Pertanyaansub-menuData-data bank pertanyaan
– – Sumber AuditformAdm data sumber audit
– – Standar AuditformAdm data standar audit
– – Elemen PenilaianformAdm data elemen penilaian
– – IndikatorformAdm data indikator
– – PertanyaanformAdm data pertanyaan
– Auditsub-menuData-data audit
– – Pertanyaan UnitformAdm pemetaan pertanyaan ke dalam unit
– – Auditorsub-menuData-data audit untuk auditor
– – – Isian AuditorformAdm penilaian audit oleh auditor terhadap isian auditee
– – – Set Audit Selesai Untuk Mengisi TemuanformPenentuan selesainya audit terhadap auditee untuk mengisi temuan
– – – Temuan (Auditor)formAdm data temuan audit
– – Auditeesub-menuData-data audit untuk auditee
– – – Isian AuditeeformAdm isian auditee
– – – Simulasi Nilai AuditeelaporanMelihat simulasi nilai atas pengisian oleh auditee
– – – Lihat Temuan (Auditee)formAdm persetujuan temuan oleh auditee
UsermenuMenu pengguna
– LogoutlogoutKeluar dari sistem
2.c.10. SIMPTT Humas

simptt-humas SIMPTT Humas adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses kerjasama institusi.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-humas

Menu SIMPTT Humas
MenuTipeKeterangan
Data IndukmenuData rekanan dan kerjasama
– Data RekananformAdm data rekanan
– Data KerjasamaformAdm data kerjasama
Pencarian DatalaporanMelihat data kerjasama
Penelusuran dan LaporanmenuLaporan kerjasama
– Berdasarkan Nama KerjasamalaporanMencetak laporan kerjasama berdasarkan nama
– Berdasarkan Rekanan/InstitusilaporanMencetak laporan kerjasama berdasarkan rekanan
– Berdasarkan Bulan-Tahun BerakhirlaporanMencetak laporan kerjasama berdasarkan waktu berakhir
UsermenuMenu pengguna
– LogoutformAdm penggantian kata sandi
– Ganti PasswordlogoutKeluar dari sistem
– Petunjuk AplikasipdfBuku panduan sistem
2.c.11. SIMPTT BP3M

simptt-bp3m SIMPTT BP3M adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses penelitian yang dilakukan oleh dosen.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-bp3m

Menu SIMPTT BP3M
MenuTipeKeterangan
Setting Nama Media PublikasiformAdm media publikasi
Entry DataformAdm data penelitian
LaporanmenuLaporan penelitian
– Data Penelitian Per DosenlaporanMencetak data penelitian per dosen
– Data Penelitian Per ProdilaporanMencetak data penelitian per prodi
– Data Penelitian Per TanggallaporanMencetak data penelitian per tanggal
– Data Penelitian Per PublikasilaporanMencetak data penelitian per publikasi
– Data Penelitian Per Sumber DanalaporanMencetak data penelitian per sumber dana
UsermenuMenu pengguna
– LogoutformAdm penggantian kata sandi
– Ganti PasswordlogoutKeluar dari sistem
– Petunjuk AplikasipdfBuku panduan sistem
2.c.12. SIMPTT PMB

pmb SIMPTT PMB adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses penerimaan mahasiswa baru, antara lain pendaftaran, administrasi data calon mahasiswa, ujian, nominasi dan penentuan tagihan.

Alamat

http://pmb.say.ac.id

Menu SIMPTT PMB
MenuTipeKeterangan
Informasi STIKESmenuInformasi
– Profil InstitusipageHalaman profil institusi
– KontakpageHalaman kontak
– Program StudipageHalaman program studi
Jenjang Diploma III dan SarjanamenuData Penerimaan
– JadwalpageHalaman jadwal
– Metode SeleksipageHalaman metode seleksi
– BiayapageHalaman biaya
– ProsedurpageHalaman prosedur
– Isi FormulirformAdm data diri peserta
– Denah UjianpageHalaman denah ujian
Jenjang Pasca SarjanamenuPenerimaan pasca sarjana
– S2 KebidananlinkTautan penerimaan pasca sarjana
Cek PenerimaanmenuCek diterima atau tidak
– Cek Penerimaan D3/S1/S2laporanMelihat status penerimaan
Menu SIMPTT Admin PMB
MenuTipeKeterangan
SettingmenuKonfigurasi
– Setting Template TagihanformAdm data template tagihan
– Setting DiterimaformAdm data diterima sebagai mahasiswa
– Eksekusi TagihanformMembuat tagihan mahasiswa baru
– Set Cek Apakah Diterima dibukaformMembuka status penerimaan untuk peserta
PendaftaranmenuData pendaftaran
– Cetak Kwitansi (Aktivasi Nomor)form/laporanPemberian ID peserta dan mencetak kwitansi
– Browsing PendaftarlaporanMelihat pendaftar
– Cetak Ulang KwintansilaporanMencetak kwitansi
– Cetak Kartu Ujian dan Kelengkapan Berkas / Daftarkan ke CBTform/laporanMencetak kartu ujian dan kelengkapan berkas, mendaftarkan peserta ke CBT
– Cetak Surat Jalur UndanganlaporanMencetak surat jalur undangan
Administrasi BerkasmenuData peserta ujian
– Pra-Ujiansub-menuData-data sebelum ujian dan pasca nominasi
– – Verifikasi Berkas CalonformAdm kelengkapan berkas peserta
– – Tutup Hak Akses Calon MahasiswaformMenutup hak akses peserta untuk mengisi biodata
– – Generate Kursi Tes TulisformAdm data kursi peserta ujian
– – Cetak Label Kursi UjianlaporanMencetak label kursi ujian
– – Daftar Hadir dan Berita AcaralaporanMencetak daftar hadir dan berita acara
– Pasca Nominasisub-menuData-data setelah nominasi
– – Registrasi AwalformAdm data registrasi awal
– – Registrasi AkhirformAdm data registrasi akhir
– – Mengundurkan DiriformAdm data mengundurkan diri
UjianmenuData-data ujian
– Input WawancaraformAdm data hasil wawancara
– Input KesehatanformAdm data hasil pemeriksaan kesehatan
– Input Uji Tulis – Jumlah BenarformAdm data hasil ujian
– Statistik WawancaralaporanMelihat statistik wawancara
– Statistik KesehatanlaporanMelihat statistik pemeriksaan kesehatan
LaporanmenuLaporan
– Jumlah Pendaftar per Tanggal [Day To Day]laporanMencetak data pendaftar per tanggal
– Jumlah Peserta diterima dan registrasilaporanMencetak peserta diterima dan registrasi
– Jumlah Peserta diterima, membayar dan belum registrasilaporanMencetak peserta diterima, membayar dan belum registrasi
– Jumlah pendaftar, diterima, dan registrasi Group By KabupatenlaporanMencetak pendaftar diterima dan registrasi berdasarkan kabupaten
– Jumlah pendaftar, diterima, dan registrasi Group By Gelombang-JalurlaporanMencetak pendaftar diterima dan registrasi berdasarkan gelombang – jalur
– Jumlah Peserta diterima dan registrasi Group By KabupatenlaporanMencetak peserta diterima dan registrasi berdasarkan kabupaten
– Jumlah Peserta diterima dan registrasi Group By ProdilaporanMencetak peserta diterima dan registrasi berdasarkan prodi
– Jumlah Peserta diterima dan belum registrasilaporanMencetak peserta diterima dan belum registrasi
– Jumlah Peserta belum ujianlaporanMencetak peserta belum ujian
– Jumlah Peserta registrasi berdasarkan jenis kelamin dan prodilaporanMencetak jumlah peserta registrasi berdasarkan jenis kelamin dan prodi
– Jumlah Peserta registrasi berdasarkan jenis kelamin, prodi dan Jalur MasuklaporanMencetak jumlah peserta registrasi berdasarkan jenis kelamin, prodi dan jalur masuk
LogoutmenuKeluar dari sistem
– LogoutlogoutKeluar dari sistem
2.c.13. SIMPTT SDM

simptt-sdm SIMPTT SDM adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan Sumber Daya Manusia maupun personil pegawai/dosen, antara lain penggajian, data kepegawaian, presensi kehadiran, penilaian personal, data mutu, data dosen dan DSS.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-sdm

Menu SIMPTT SDM
MenuTipeKeterangan
HomeformPresensi kehadiran (hanya bisa dari jaringan internal) dan melihat pengumuman
Public MenumenuData umum
– LogoutlogoutKeluar dari sistem
– Ganti PasswordformAdm penggantian kata sandi
– Lihat PengumumanlaporanMelihat pengumuman
– Daftar Peraturan KepegawaianlaporanMelihat peraturan kepegawaian
– Lihat Data KehadiranlaporanMelihat data kehadiran
– Lihat Data PribadilaporanMelihat data pribadi
– Lihat Rekaman Data AktivitaslaporanMelihat rekaman data aktivitas
– Mahasiswa BimbinganlaporanMelihat mahasiswa bimbingan
– Daftar Judul TA/Skripsi MahasiswalaporanMelihat judul karya tulis mahasiswa
– Jadwal MengajarlaporanMelihat jadwal mengajar
– Visi OrganisasilaporanMelihat visi organisasi
– Misi OrganisasilaporanMelihat misi organisasi
– Tujuan OrganisasilaporanMelihat tujuan organisasi
– Isi Kuesioner Penilaian KinerjaformAdm kuisioner penilaian kinerja
– BantuanpdfBuku panduan sistem
– AboutlaporanTentang pembuat sistem
KepegawaianmenuData kepegawaian
– Pendataan Pegawai-Dosensub-menuData-data pegawai dan dosen
– – Pendataan PersonalformAdm data personal
– – Pendataan PegawaiformAdm data pegawai
– – Pendataan DosenformAdm data dosen
– – Pendataan Anggota KeluargaformAdm data anggota keluarga
– – Riwayat PendidikanformAdm data riwayat pendidikan
– – Riwayat PelatihanformAdm data riwayat pelatihan
– – Tebaran DosenlaporanMelihat tebaran dosen
– – Tebaran PegawailaporanMelihat tebaran pegawai
– Kepangkatan-Cuti-Pensiun-Keluarsub-menuData-data keaktifan pegawai
– – Data Pegawai Eligible Naik Pangkat dan Berkala (Warning)laporanMelihat data pegawai yang layak naik pangkat atau kontrak habis
– – Administrasi Pegawai CutiformAdm data pegawai cuti
– – Administrasi Pegawai PensiunformAdm data pegawai pensiun
– – Administrasi Pegawai KeluarformAdm data pegawai keluar
– Reward-Punishmentsub-menuData-data penghargaan dan hukuman
– – Catatan PenghargaanformAdm data penghargaan
– – Catatan PelanggaranformAdm data hukuman
– Administrasi Kehadiransub-menuData-data kehadiran
– – Rekap Kehadiran PegawailaporanMelihat rekap kehadiran pegawai
– – Rekap Kehadiran Per PersonallaporanMelihat rekap kehadiran personal
– Kepanitiaansub-menuData-data kepanitiaan
– – Kepanitian STIKESformAdm data kepanitiaan
– – Susunan Kepanitian STIKESformAdm susunan kepanitiaan
– – Jenis KepanitiaanformAdm jenis kepanitiaan
– – Jabatan Di KepanitiaanformAdm jabatan kepanitiaan
– Penggajiansub-menuData-data penggajian
– – Golongan, Pangkat, Dan Gaji PokokformAdm data golongan, pangkat dan gaji pokok
– – Komponen GajiformAdm komponen gaji
– – Parameter GajiformAdm parameter gaji
– – Generate GajiformMembuat gaji pokok
– – Generate Gaji Tidak TerdefinisiformMembuat gaji tidak terdefinisi
– – Generate Copy Gaji Bulan-TahunformMembuat gaji berdasarkan data lampau
– – Struk GajilaporanMencetak struk gaji
– – Data Transfer Ke BanklaporanMencetak data untuk dikirim ke bank
– Penilaian Kinerja Pegawaisub-menuData-data penilaian kinerja pegawai
– – Periode Penilaian KinerjaformAdm data periode penilaian kinerja
– – Item PertanyaanformAdm data item pertanyaan
– – Mapping PersonalformAdm data mapping personal penilaian
– – Pembuatan KuesionerformAdm data kuisioner
– – Laporan Kuesioner PKlaporanMencetak kuisioner
– – Laporan Resume Kuesioner PKlaporanMencetak hasil penilaian
– Lain-lainsub-menuData lain
– – Upload PengumumanformAdm data pengumuman
MutumenuData mutu
– Lihat DokumenlaporanMelihat dokumen
Menu Dosen-PAmenuData-data dosen / PA
– DIGILIB: Ebook – EjournallaporanMelihat ebook / ejournal
– Profil Mahasiswa PAlaporanMelihat profil mahasiswa berdasarkan PA
– Daftar Mahasiswa PAlaporanMelihat daftar mahasiswa PA
– KRS Mahasiswa PAlaporanMelihat KRS mahasiswa PA
– Tim TeachinglaporanMelihat data tim teaching
– Jadwal KuliahlaporanMelihat jadwal kuliah
– Pendataan Track Record MahasiswaformAdm data track record mahasiswa
DSS-MenumenuData untuk DSS
– Data Mahasiswasub-menuData-data mahasiswa
– – Jumlah MahasiswalaporanMelihat jumlah mahasiswa
– – Jumlah Mahasiswa By JalurlaporanMelihat jumlah mahasiswa berdasarkan jalur
– – Data Asal Propinsi MahasiswalaporanMelihat mahasiswa berdasarkan asal propinsi
– – Data LulusanlaporanMelihat data lulusan
– Data Pegawaisub-menuData-data pegawai
– – Jumlah PegawailaporanMelihat jumlah pegawai
– – Lihat Profil/Rekam Jejak PegawailaporanMelihat profil pegawai
– – Jumlah DosenlaporanMelihat jumlah dosen
– Laporansub-menuLaporan mahasiswa
– – Surat Bebas Keuangan Bagi MahasiswalaporanMencetak surat bebas keuangan bagi mahasiswa
– – Laporan Rekapitulasi Pembayaran Bagi MahasiswalaporanMencetak rekapitulasi pembayaran mahasiswa
– – Laporan Pembayaran Per Th. Akademik-DetaillaporanMencetak data pembayaran per tahun akademik
– – Laporan Pembayaran Per Th. Akademik-Prodi-Jenis TagihanlaporanMencetak data pembayaran per tahun akademik, prodi dan jenis tagihan
– – Laporan Pembayaran Per Tanggal-Prodi-Jenis TagihanlaporanMencetak data pembayaran per tanggal, prodi dan jenis tagihan
– – Laporan Pembayaran Per Tanggal-DetillaporanMencetak data pembayaran per tanggal
– – Laporan Pembayaran Per Tanggal-Group By Jenis TagihanlaporanMencetak data pembayaran per tanggal dan jenis tagihan
– – Laporan Target Penerimaan KeuanganlaporanMencetak target penerimaan keuangan
– – Laporan Realisasi Penerimaan KeuanganlaporanMencetak realisasi penerimaan keuangan
– – Laporan Rekapitulasi Tunggakan KeuanganlaporanMencetak rekapitulasi tunggakan keuangan
– – Laporan Rinci Tunggakan Keuangan Per MahasiswalaporanMencetak tunggakan keuangan per mahasiswa
– – Laporan Rekap Bayar, Kurang Bayar Per MahasiswalaporanMencetak rekapitulasi pembayaran dan kurang bayar mahasiswa
– – Laporan Dispensasi PembayaranlaporanMencetak data dispensasi pembayaran
Setting ParametermenuData parameter
– Perguruan TinggiformAdm data PT
– JabatanformAdm data jabatan
– Grup PersonformAdm data grup personal
– Jenis PekerjaanformAdm data jenis pekerjaan
– Gaji PokokformAdm data gaji pokok
2.c.14. SIMPTT Kesekretariatan

simptt-kesekretariatan SIMPTT Kesekretariatan adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan surat masuk, surat keluar, notulensi rapat dan agenda pimpinan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-kesekretariatan

Menu SIMPTT Kesekretariatan
MenuTipeKeterangan
Input DatamenuData-data surat, notulen dan agenda pimpinan
– Kode SuratformAdm kode surat
– Klasifikasi SuratformAdm klasifikasi surat
– Surat MasukformAdm surat masuk
– Surat KeluarformAdm surat keluar
– NotulenformAdm notulen
– Agenda PimpinanformAdm agenda pimpinan
LaporanmenuLaporan surat
– Rekap Surat MasuklaporanMencetak rekap surat masuk
– Rekap Surat KeluarlaporanMencetak rekap surat keluar
– Surat Masuk DimusnahkanlaporanMencetak surat masuk yang bisa dimusnahkan
– Surat Keluar DimusnahkanlaporanMencetak surat keluar yang bisa dimusnahkan
UsermenuMenu pengguna
– Ganti PasswordformAdm penggantian kata sandi
– LogoutlogoutKeluar dari sistem
2.c.15. SIMPTT Inventaris Lab

simptt-inventlab SIMPTT Inventaris Lab adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses inventaris alat dan bahan laboratorium termasuk proses peminjaman, pengembalian dan penggunaan alat dan bahan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-inventlab

Menu SIMPTT Inventaris Lab
MenuTipeKeterangan
Data IndukmenuMelihat data-data induk
– Data Induk Alat dan InventarisformAdm data alat dan inventaris alat
– Data Induk SupplierformAdm data penyedia alat
– Data Induk Jenis KetrampilanformAdm data jenis ketrampilan
– Data Induk Box Alat dan Paket AlatformAdm data box alat dan paket alat
TransaksimenuTransaksi peminjaman dan pengembalian alat
– Peminjaman AlatformAdm peminjaman alat
– Pengembalian AlatformAdm pengembalian alat
LaporanmenuLaporan-laporan
– Data InventarislaporanLaporan inventaris
UsermenuMenu pengguna
– LogoutlogoutKeluar dari sistem
2.c.16. SIMPTT Asset

simptt-asset SIMPTT Asset adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan pengelolaan asset.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-asset

Menu SIMPTT Asset
MenuTipeKeterangan
Data ReferensimenuData referensi
– Identitas InstitusiformAdm data institusi
– Ruangan/LokasiformAdm data ruangan/lokasi
– Unit Kerja PenggunaformAdm data unit kerja pengguna
– Rekanan/SupplierformAdm data rekanan/supplier
– Golongan AssetformAdm data golongan asset
– Kelompok AssetformAdm data kelompok asset
– Jenis Perolehan AssetformAdm data jenis perolehan asset
– Alasan Penghapusan AssetformAdm data alasan penghapusan asset
InventarismenuData inventaris
– PencatatanformAdm data inventaris
– Perbaikansub-menuData-data perbaikan inventaris
– – Pengiriman PerbaikanformAdm data pengiriman perbaikan
– – Selesai PerbaikanformAdm data selesai perbaikan
– PeminjamanformAdm data peminjaman inventaris
– PengembalianformAdm data pengembalian inventaris
– Penghapusansub-menuData-data penghapusan inventaris
– – Penghapusan AssetformAdm data penghapusan invetaris
– – Cetak Berita AcaralaporanMencetak berita acara penghapusan
LaporanmenuLaporan inventaris
– Browse Data AssetlaporanMencetak data asset
– Data Nilai Buku Per TanggallaporanMencetak nilai buku per tanggal
– Data Asset DipinjamlaporanMencetak asset dipinjam
– Data Asset DihapuskanlaporanMencetak asset dihapus
– Data Asset Per KelompoklaporanMencetak asset per kelompok
– Data Asset Per GolonganlaporanMencetak asset per golongan
– Data Asset Per RuanganlaporanMencetak asset per ruangan
– Data Asset Per Program StudilaporanMencetak asset per program studi
User – AplikasimenuMenu pengguna
– Ganti PasswordformAdm penggantian kata sandi
– Log OutlogoutKeluar dari sistem
– Petunjuk Penggunaan AplikasipdfBuku panduan sistem
2.c.17. SIMPTT Perpustakaan

simptt-perpustakaan SIMPTT Perpustakaan adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan pustaka di perpustakaan, antara lain transaksi peminjaman, transaksi pengembalian, stock opname dan data pustaka.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-perpustakaan

Menu SIMPTT Perpustakaan
MenuTipeKeterangan
Transaksi KoleksimenuData transaksi koleksi
– Peminjaman – PengembalianformAdm data peminjaman dan pengembalian
– Stock OpnameformAdm data stock opname
– Proses Penghilangan Stock OpnameformAdm data penghilangan pustaka saat stock opname
Pengarang – PustakamenuData pengarang dan pustaka
– PustakaformAdm data pustaka
– PengarangformAdm data pengarang
Data PendukungmenuData pendukung
– Bebas PustakaformAdm data bebas pustaka
– Stock Opnamesub-menuData-data stock opname
– – Paket Jenis PustakaformAdm data pemaketan jenis pustaka
– – Detail Paket Jenis PustakaformAdm data isi paket jenis pustaka
– – Periode OpnameformAdm data periode stock opname
– Klasifikasi Pustakasub-menuData-data klasifikasi pustaka
– – Klasifikasi Level 2formAdm data klasifikasi pustaka level 2
– – Klasifikasi Level 3formAdm data klasifikasi pustaka level 3
– – Klasifikasi LokasiformAdm data klasifikasi lokasi pustaka
– Aturansub-menuData-data aturan
– – Hari Non DendaformAdm data hari yang tidak terkena denda
– – Aturan PeminjamanformAdm data aturan peminjaman pustaka
– Usersub-menuData-data pengguna
– – User DosenformAdm data pengguna dosen
– – User PegawaiformAdm data pengguna pegawai
– BahasaformAdm data bahasa
– PenerbitformAdm data penerbit
– Kota TerbitformAdm data kota terbit
– RakformAdm data rak
LaporanmenuLaporan perpustakaan
– Pustakasub-menuData-data pustaka
– – PustakalaporanMencetak daftar inventaris koleksi perpustakaan
– – Pustaka TerbarulaporanMencetak koleksi pustaka terbaru menurut tanggal pembelian
– – Judul Pustaka Terbaru (C.1)laporanMencetak judul pustaka baru menurut tanggal pembelian
– – Daftar InventarislaporanMencetak daftar inventaris pustaka per rak
– – Rekap Jumlah PustakalaporanMencetak jumlah pustaka
– – Rekap Jumlah Pustaka – By JenislaporanMencetak jumlah pustaka berdasarkan jenis
– – IOAMPH – Garuda DiktilaporanMembuat berkas csv sesuai dengan kebutuhan Portal Garuda
– Anggota dan Pengunjungsub-menuData-data anggota dan pengunjung
– – Daftar AnggotalaporanMencetak daftar anggota
– – Lihat AnggotalaporanMelihat anggota
– – Rekap PengunjunglaporanMencetak rekap pengunjung
– Denda dan Keterlambatansub-menuData-data denda dan keterlambatan
– – DendalaporanMencetak rekap denda
– – Pustaka DipinjamlaporanMencetak pustaka yang masih dipinjam
– – Statistik PinjamanlaporanMencetak statistik pinjaman
– – Rekap SirkulasilaporanMencetak rekap sirkulasi
– – Rekap Sirkulasi GabunglaporanMencetak rekap sirkulasi gabungan
– Stock Opnamesub-menuData-data stock opname
– – Stock Opname – EksemplarlaporanMencetak stock opname per eksemplar
– – Stock Opname – RekaplaporanMencetak rekap stock opname
UsermenuMenu pengguna
– Ganti PasswordformAdm penggantian kata sandi
– LogoutlogoutKeluar dari sistem
BantuanpdfBuku panduan sistem
2.c.18. SIMPTT Pencarian Pustaka

simptt-pencarianpustaka SIMPTT Pencarian Pustaka adalah SIMPTT yang digunakan mencari koleksi pustaka yang ada di perpustakaan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-pencarianpustaka

2.c.19. SIMPTT Pengunjung Perpustakaan

simptt-pengunjungperpustakaan SIMPTT Pengunjung Perpustakaan adalah SIMPTT yang digunakan untuk mencatat pengunjung yang masuk ke perpustakaan. Pengguna tidak dapat melakukan pencatatan dari luar perpustakaan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-pengunjungperpustakaan

2.d. Koneksi
  1. SIM Perpustakaan telah terhubung ke portal garuda DIKTI dengan 3180 judul dan 3087 lebih Abstrak (sumber: http://garuda.dikti.go.id/kontributor).
  2. SIM Perpustakaan telah terhubung secara online ke JogjaLib (http://www.jogjalib.com)
  3. SIM SPC sudah terhubung ke 3 Bank secara host to host
  4. Awan Kesehatan Muhammadiyah (http://www.awankesehatan.com)

Aksesibilitas tiap jenis data (Program Studi)

No.Jenis DataSistem Pengelolaan Data
Secara ManualDengan Komputer Tanpa JaringanDengan Komputer Melalui Jaringan Lokal (LAN)Dengan Komputer Melalui Jaringan Luas (WAN)
(1)(2)(3)(4)(5)(6)
1Mahasiswaa?s
2Kartu Rencana Studi (KRS)a?s
3Jadwal mata kuliaha?s
4Nilai mata kuliaha?s
5Transkrip Akademika?s
6Lulusana?s
7Dosena?s
8Sistem kepegawaiana?s
9Keuangana?s
10Inventarisa?s
11Perpustakaana?s
12Penelitiana?s
13Pengabdian kepada masyarakata?s
Total Tanda CentangA=0B=0C=0D=13
Keterangan:
  1. Data mahasiswa dapat diakses melalui simptt-mahasiswa dan sistem yang lain seperti simptt-akademik, simptt-sdm dan sistem yang lain. Data mahasiswa diolah di simptt-pmb dan simptt-kemahasiswaan.
  2. KRS dapat dilakukan secara online oleh mahasiswa melalui simptt-mahasiswa dengan syarat telah membayar SPP tetap di Bank yang telah ditunjuk secara host to host. Bagi mahasiswa semester akhir menggunakan KRS non paket, sedangkan bagi mahasiswa semester awal dan tengah menggunakan KRS paket. Data penawaran KRS ditetapkan oleh Bagian Akademik melalui simptt-akademik.
  3. Jadwal matakuliah dan transkrip akademik dapat diakses oleh mahasiswa melalui simptt-mahasiswa dan diolah melalui simptt-akademik dan simptt-laboratorium.
  4. Lulusan dimasukkan melalui simptt-akademik. Informasi lulusan dapat diakses melalui simptt-alumni.
  5. Menu untuk dosen dan sistem kepegawaian dapat diakses melalui simptt-sdm.
  6. Sistem keuangan dibagi menjadi dua, yaitu anggaran melalui simptt-keuangan dan SPC melalui simptt-spc.
  7. Sistem inventaris dibagi menjadi dua, yaitu inventaris umum melalui simptt-asset dan inventaris lab melalui simptt-inventlab
  8. Data perpustakaan diolah melalui simptt-perpustakaan
  9. Data penelitian dan pengabdian masy. diolah melalui simptt-bp3m

Aksesibilitas tiap jenis data (UPPSN)

Jenis DataSistem Pengelolaan Data
Secara ManualDengan Komputer Tanpa JaringanDengan Komputer Melalui Jaringan Lokal (LAN)Dengan Komputer Melalui Jaringan Luas (WAN)
(1)(2)(3)(4)(5)
1. Data Mahasiswaa?s
2. Kartu Rencana Studi (KRS)a?s
3. Jadwal mata ajara?s
4. Nilai mata ajara?s
5. Transkrip akademika?s
6. Lulusana?s
7. Dosena?s
8. Pegawaia?s
9. Keuangana?s
10. Inventarisa?s
11. Pembayaran SPPa?s
12. Perpustakaana?s
Total Tanda CentangA=0B=0C=0D=12
Keterangan:
  1. Data mahasiswa dapat diakses melalui simptt-mahasiswa dan sistem yang lain seperti simptt-akademik, simptt-sdm dan sistem yang lain. Data mahasiswa diolah di simptt-pmb dan simptt-kemahasiswaan.
  2. KRS dapat dilakukan secara online oleh mahasiswa melalui simptt-mahasiswa dengan syarat telah membayar SPP tetap di Bank yang telah ditunjuk secara host to host. Bagi mahasiswa semester akhir menggunakan KRS non paket, sedangkan bagi mahasiswa semester awal dan tengah menggunakan KRS paket. Data penawaran KRS ditetapkan oleh Bagian Akademik melalui simptt-akademik.
  3. Jadwal matakuliah dan transkrip akademik dapat diakses oleh mahasiswa melalui simptt-mahasiswa dan diolah melalui simptt-akademik dan simptt-laboratorium.
  4. Lulusan dimasukkan melalui simptt-akademik. Informasi lulusan dapat diakses melalui simptt-alumni.
  5. Menu untuk dosen dan sistem kepegawaian dapat diakses melalui simptt-sdm.
  6. Sistem keuangan dibagi menjadi dua, yaitu anggaran melalui simptt-keuangan dan SPC melalui simptt-spc.
  7. Sistem inventaris dibagi menjadi dua, yaitu inventaris umum melalui simptt-asset dan inventaris lab melalui simptt-inventlab
  8. SPP ditagihkan melalui simptt-spc, dilihat oleh mahasiswa melalui simptt-mahasiswa dan dibayarkan ke Bank yang telah ditunjuk melalui sistem host to host
  9. Data perpustakaan diolah melalui simptt-perpustakaan

Rencana pengembangan sistem informasi jangka panjang dan upaya pencapaiannya, serta kendala-kendala yang dihadapi

1. Rencana Pengembangan

Rencana pengembangan sistem informasi mengacu pada blue print TIK-SIM yaitu 1) Penyempurnaan aturan penggunaan teknologi informasi; 2) Pengembangan infrastruktur sistem informasi untuk kampus terpadu; 3) Pengembangan dan penyempurnaan Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT) dengan implementasi di seluruh unit kerja. Penyempurnaan SIMPTT dilakukan berdasarkan evaluasi implementasi SIMPTT dan revisi/perubahan prosedur seluruh bisnis proses di STIKES. STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta memiliki keinginan tinggi untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan secara keseluruhan dengan cara-cara efektif dan efisien, yaitu dengan menerapkan teknologi informasi secara sungguh-sungguh agar dapat memberikan manfaat maksimal (sukses), untuk itu diperlukan sebuah perencanaan atau kerangka pengembangan yang matang dalam bentuk perencanaan induk (cetak biru). Kerangka pengembangan TI yang dituangkan dalam Cetak Biru ini digunakan untuk masa pengembangan 4 tahun (2013-2016) karena perkembangan teknologi, baik perangkat lunak maupun perangkat keras, yang pesat dan rencana STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta menjadi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Secara ringkas, cetak biru TI dapat dilihat pada ‘Mind Map dari Cetak Biru Pengembangan Teknologi Informasi STIKes ‘Aisyiyah 2013-2016’ di bawah ini.

BluePrintTI 2013 2016
BluePrintTI 2013 2016 (sumber: BluePrintTI 2013 2016)

Pengembangan TI didasarkan pada kebutuhan dan keinginan untuk memenuhi proses bisnis di STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta dengan didukung oleh komponen-komponen yang lain, sehingga diharapkan proses bisnis akan berjalan dengan efektif dan efisien. Proses bisnis diturunkan dari Visi, Misi dan Tujuan instusi. Untuk mencapai tujuan dibutuhkan rencana strategis dan rencana operasional yang tepat. Cetak Biru ini digunakan sebagai panduan pengembangan TI, baik perangkat lunak, perangkat keras, pengguna maupun regulasinya. Diharapkan TI menjadi salah satu unggulan dan rujukan bagi Perguruan Tinggi lain, meskipun STIKes ‘Aisyiyah merupakan Perguruan Tinggi Kesehatan.

1.a. Latar Belakang

Dewasa ini dunia sedang menghadapi tantangan berat akibat globalisasi. Berbagai masalah sebagai dampak globalisasi hanya dapat diatasi dengan solusi berbasis pengetahuan (knowledge-based solution). Kemampuan bersaing mengatasi berbagai masalah tersebut akan membuahkan keuntungan bagi pemenangnya. Tantangan yang mengedepankan semakin pentingnya pengetahuan (knowledge) sebagai pendorong utama pertumbuhan suatu bangsa, keadaan ini disebut dengan knowledge based economic. Daya saing suatu perguruan tinggi tidak bergantung lagi hanya pada fasilitas yang dimiliki, akan tetapi semakin bergantung pada sistem pengelolaanya. Kemajuan suatu perguruan tinggi ditentukan oleh faktor kepemimpinan, relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan internal, keberlanjutan, dan produktifitas. Pengembangan TI berarti mengembangkan perangkat keras, perangkat lunak, aksesibilitas, sumber daya, server, keamanan, mutu dan kebijakan. Pengembangan tersebut saling terkait antara satu dan lainnya untuk mencapai mutu yang terbaik. Namun, kondisi ideal bisa tidak tercapai apabila tidak mendapatkan dukungan dari Pimpinan dan pengelola STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta. Peningkatan mutu manajemen perguruan tinggi (terkait isu Leadership dan Internal Management) di STIKes -Aisyiyah Yogyakarta mencakup seluruh aspek manajemen pada setiap jenjang organisasi diperlukan untuk mendukung pengembangan TI. Aspek manajemen yang dimaksud termasuk manajemen sumberdaya (manusia, keuangan, sarana dan prasarana) dan mutu. STIKes -Aisyiyah Yogyakarta diharapkan untuk dikelola secara profesional dengan mengedepankan prinsip Good University Governance (GUG) atau Good College Governance (GCG), mengutamakan mutu pelayanan untuk stakeholder internal yaitu mahasiswa, dosen dan karyawan, dan akuntable terhadap stakeholder eksternal. Disamping itu, pengelola pada setiap jenjang organisasi di STIKes -Aisyiyah Yogyakarta perlu memiliki kemampuan manajemen yang memadai. Pengembangan ini dilakukan untuk mewujudkan:

  1. Sistem pelayanan yang memuaskan bagi stakeholder.
  2. Sistem pengelolaan yang efektif dan efisien.
  3. Akademik atmosfer yang kondusif.
  4. Proses belajar dan pembelajaran yang efektif dan efisien.
  5. Sistem pengambilan keputusan yang cepat, tepat, dan akurat.
  6. Sistem pelaporan yang akuntabel dan transparan.
  7. Sistem komunikasi yang efektif dan efisien.
  8. Citra STIKes -Aisyiyah sebagai intitusi berteknologi tinggi.
1.b. Asas Pengembangan

Asas pengembangan TI digunakan sebagai pertimbangan utama dalam mengembangkan TI, yaitu:

  1. Manfaat Pengembangan TI didasarkan pada nilai manfaat pada seluruh pihak yang terkai (stake holder)
  2. Produktif Pengembangan TI dilaksanakan dengan mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas, baik dalam proses pengembangan, implementasinya maupun dampak penggunaannya
  3. Terbuka Pengembangan TI berorientasi pada pelayanan informasi kepada stake holder sebagai sarana untuk mewujudkan akuntabilitas
  4. Valid Pengembangan TI sebagai sarana pengelolaan data dan informasi yang lengkap, akurat dan mutakhir
  5. Aman Pengembangan TI memperhatikan privasi data, keamanan fisik dan keamanan logik.
  6. Legal Pengembangan TI memperhatikan aspek legal-formal seluruh komponen yang digunakan, baik perangkat lunak maupun perangkat keras yang digunakan
  7. Kemudahan akses Pengembangan TI sebagai sarana akses informasi yang mudah didapatkan dengan sarana yang dimiliki oleh pengguna
  8. Sinergi Pengembangan TI dilaksanakan dengan saling memanfaatkan sistem lain dan sumber daya yang ada
  9. Integrasi Pengembangan TI sebagai sarana pengelolaan data dan informasi yang terpadu sehingga proses bisnis dapat berjalan dengan edektif dan efisien, serta dapat memberi data yang cepat untuk mendukung pengambilan keputusan
  10. Ketersediaan Tinggi Pengembangan TI selayaknya memperhatikan ketersediaan yang tinggi akan SI dan perangkat pendukungnya mengingat akan tingginya ketergantungan terhadap TI untuk mendukung proses yang ada di STIKes ‘Aisyiyah
  11. Mutu Pengembangan TI harus terus berkualitas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta
1.c. Strategi

Strategi yang digunakan untuk pengembangan TI adalah berdasarkan kebutuhan, kemampuan dan tujuan, yaitu:

  1. Penggalian data untuk menentukan kebutuhan yang sebenarnya
  2. Menata perangkat aturan untuk mendukung proses pembuatan atau untuk mendukung suatu proses bisnis
  3. Pengukuran kemampuan, baik finansial maupun sumber daya lain, kemudian memperkirakan kemungkinan pengembangan kemampuan, misal: dengan pelatihan untuk kemampuan sumber daya manusia, merekrut pegawai untuk ketersediaan sumber daya manusia, dan sebagainya
  4. Pencarian informasi mengenai alternatif-alternatif sistem yang hendak dikembangkan
  5. Memanfaatkan teknologi dan perangkat yang ada dengan optimal
  6. Mengembangkan sistem yang mudah dijangkau, simpel, efektif, efisien dan handal
  7. Meningkatkan peran serta stakeholder, dunia usaha dan pemerintah
2. Upaya Pencapaian

Upaya pencapaian rencana jangka panjang dituangkan dalam rencana strategis STIKES 2012-2016, yang selanjutnya dituangkan ke dalam rencana operasional tahunan. Pencapaian dilakukan secara bertahap dengan menentukan indikator kinerja tahunan. STIKES mempunyai komitmen kuat dalam pengembangan sistem informasi, dengan ketersediaan dana yang sangat memadai.

3. Kendala

Kendala yang pernah dihadapi dalam pengembangan sistem informasi adalah kompetensi SDM dalam penggunaan TIK beragam karena proses adaptasi sistem manual ke elektronik. Kendala ini diatasi dengan penyelenggaraan pelatihan penggunaan teknologi TIK, sehingga kompetensi SDM tidak lagi menjadi kendala dalam pengembangan sistem informasi.

https://pdsi.unisayogya.ac.id/feed/rss2/

One reply on “BAN PT Standar 6 TA 2014-2015”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.