BAN PT Standar 6 TA 2014-2015

(1) Sistem Informasi dan fasilitas yang digunakan program studi untuk proses pembelajaran Akademik dan Profesi (hardware, software, e-learning, perpustakaan, dll) / (2) Sistem informasi manajemen dan fasilitas ICT (Information and Communication Technology) yang digunakan Unit Pengelola Program Studi untuk proses penyelenggaraan akademik dan administrasi (misalkan SIAKAD, SIMKEU, SIMAWA, SIMFA, SIMPEG dan sejenisnya), termasuk distance-learning. Pemanfaatannya dalam proses pengambilan keputusan dalam pengembangan institusi.

Dukungan Hardware dan Software
Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Server

No Seri Spesifikasi Fungsi Keterangan
1 HP ML350-G6
  1. PID: 638180-371
  2. Intel Xeon E5520 / 2.26 GHz Quad Core 64-bit
  3. RAM 8 GB (Max 144 GB)
  4. SAS 500GB
Server SIMPTT
  1. OS: Ubuntu Linux Server 12.04.4 LTS 64-bit
  2. IP: 49.128.176.213
  3. DN: sim.say.ac.id
  4. ZK, Tomcat
2 HP ML350-G6
  1. PID: 638180-371
  2. Intel Xeon E5520 / 2.26 GHz Quad Core 64-bit
  3. RAM 8 GB (Max 144 GB)
  4. SAS 500GB
Server Basis Data
  1. OS: Ubuntu Linux Server 12.04.4 LTS 64-bit
  2. IP: 49.128.176.212
  3. Mysql
3 ML350-G5
  1. PID: 417536-371
  2. Intel Xeon E5420 / 2.5 GHz Quad Core 64-bit
  3. RAM 1 GB (Max 16 GB)
  4. SAS 292GB
Opac
  1. OS: Ubuntu Linux Server 14.04.3 LTS 64-bit
  2. IP: 49.128.176.218
  3. DN: opac.say.ac.id
  4. Eprints
4 ML350-G5
  1. PID: 417536-371
  2. Intel Xeon E5420 / 2.5 GHz Quad Core 64-bit
  3. RAM 1 Gb (Max 16 Gb)
  4. SAS 292Gb
Elearning (lama)
  1. OS: CentOS release 5 (Final) 32-bit
  2. IP: 172.16.100.100
  3. Apache, Mysql, Moodle
5 HP ML330-G3
  1. PID: 317821-372
  2. Intel Xeon 2.8 GHz 32-bit
  3. RAM 1.5 GB (Max 4 GB)
  4. HDD 35GB
Server Web, OJS dan Subdomain
  1. OS: Ubuntu Linux Server 12.04.4 LTS 32-bit
  2. IP: 49.128.176.211
  3. DN: www.say.ac.id, subdomain.say.ac.id
  4. Mysql, Apache, WordPress, CI
6 HP ML330-G3
  1. PID: 317821-372
  2. Intel Xeon 2.8 GHz 32-bit
  3. RAM 1.5 GB (Max 4 GB)
  4. HDD 35GB
7 IBM X3100 MT4348
  1. PID: 434842X
  2. Intel Xeon E3-1220 3.1 GHz
  3. 1 GB (Max 32 GB)
  4. SATA 250GB
Elearning
  1. OS: Ubuntu Linux 12.04.3 LTS 64-bit
  2. IP: 49.128.176.214
  3. DN: elearning.say.ac.id
  4. Moodle
8 IBM X3100 M4 MT2582
  1. PID: 2582B2A
  2. 3.1GHz Core i3-2100
  3. 4 GB (Max 32 GB)
  4. SATA 500GB
Mail Server
    o

  1. OS: Ubuntu Linux 12.04.5 LTS 64-bit
  2. IP: 49.128.176.215
  3. DN: mail.say.ac.id
  4. Citadel
9 Lenovo ThinkCentre Edge72
  1. SN: PB67DEk, Machine Type: 3484A43
  2. Intel Core i5 (3rd Gen) 3470S / 2.9 GHz
  3. 10 GB (Max 16 Gb)
  4. Serial ATA-300 500GB
Proxy
  1. OS: Ubuntu Linux 14.04.1 LTS 64-bit
  2. IP: 49.128.176.216
  3. DN: proxy.say.ac.id
  4. Squid
Perangkat Keras Jaringan Server
No Seri Spesifikasi Fungsi Keterangan
1 Mikrotik Router Board 1100 AHX2
  1. Product Code: RB1100AHX2
  2. Architecture: PPC
  3. CPU: Freescale P2020 1066MHz Dual Core
  4. Main Storage/NAND: 64MB
  5. RAM: 1.5GB
  6. LAN Ports: 13
  7. Operating System: RouterOS
    Keterangan lebih klik di sini
Router – Core Router
  1. Vlan 11,12,13,14
  2. DNS
2 HP 1810 24G
  1. Product Number: J9803A
  2. HP 1810-24G V2 SWITCH
  3. 24 port RJ45
  4. 10/100/1000BASE-T
Manageable Switch – Core Switch
  1. Trunk
  2. Vlan 11, 12, 13, 14
3 DLINK DGS-1016D
  1. Model / SKU / Code: 790069270000 / IGS1016DE
  2. 16 port RJ45
  3. 10/100/1000BASE-T
  4. Hardware Version: F1G
Switch Public
Perangkat Keras dan Lunak Komputer CBT
No. Komputer Windows Product ID
1 1 7 00359-OEM-9740636-11473
2 2 7 00359-OEM-9740636-11475
3 3 7 00359-OEM-9740627-48342
4 4 7 00359-OEM-9740636-10830
5 5 7 00359-OEM-9740636-10813
6 6 7 00359-OEM-9740636-10900
7 7 7 00359-OEM-9740636-10807
8 8 7 00359-OEM-9740636-10869
9 9 7 00359-OEM-9740627-48199
10 10 7 00359-OEM-9740636-10834
11 11 7 00359-OEM-9740636-11048
12 12 7 00359-OEM-9740636-11456
13 13 7 00359-OEM-9740636-10818
14 14 7 00359-OEM-9740636-11202
15 15 7 00359-OEM-9740627-48312
16 16 7 00359-OEM-9740636-10828
17 17 7 00359-OEM-9740627-48207
18 18 7 00359-OEM-9740636-10897
19 19 7 00359-OEM-9740636-10833
20 20 7 00359-OEM-9740636-10825
21 21 7 00359-OEM-9740636-10811
22 22 7 00359-OEM-9740636-10903
23 23 7 00359-OEM-9740636-10901
24 24 7 00359-OEM-9740636-10822
25 25 7 00359-OEM-9740636-10808
26 26 7 00359-OEM-9740627-48190
27 27 7 00359-OEM-9740636-10823
28 28 7 00359-OEM-9740636-10817
29 29 7 00359-OEM-9740636-10914
30 30 7 00359-OEM-9740636-10810
31 31 7 00359-OEM-9740636-10898
32 32 7 00359-OEM-9740636-10831
33 33 7 00359-OEM-9740636-10812
34 34 7 00359-OEM-9740636-10994
35 35 7 00359-OEM-9740636-10814
36 36 7 00359-OEM-9740636-10832
37 37 7 00359-OEM-9740636-10902
38 38 7 00359-OEM-9740636-10815
39 39 7 00359-OEM-9740627-48336
40 40 7 00359-OEM-9740636-11986
41 41 7 ubuntu
42 42 7 ubuntu
43 43 7 00359-OEM-9740627-48315
44 44 7 00359-OEM-9740636-10904
45 45 7 00359-OEM-9740627-48329
46 46 7 00359-OEM-9740627-48210
47 47 7 00359-OEM-9740627-48327
48 48 7 00359-OEM-9740627-48187
49 49 7 00359-OEM-9740636-10820
50 50 7 00359-OEM-9740636-11927
51 51 7 00359-OEM-9740636-11940
52 52 7 00359-OEM-9740627-48201
53 53 7 00359-OEM-9740627-48348
54 54 7 00359-OEM-9740627-48184
55 55 7 00359-OEM-9740627-48322
56 56 7 00359-OEM-9740627-48321
57 57 7 00359-OEM-9740627-48174
58 58 7 00359-OEM-9740627-48835
59 59 7 00359-OEM-9740627-48345
60 60 7 00359-OEM-9740627-48324
61 61 7 00359-OEM-9740627-48193
62 62 7 00359-OEM-9740627-48208
63 63 7 00359-OEM-9740627-48330
64 64 7 00359-OEM-9740627-48832
65 65 8 00179-40514-80214-AAOEM
66 66 8 00179-40519-38901-AAOEM
67 67 8 00179-40514-80248-AAOEM
68 68 8 00179-40514-80110-AAOEM
69 69 8 00179-40519-38934-AAOEM
70 70 8 00179-40519-38895-AAOEM
71 71 8 00179-40519-39388-AAOEM
72 72 8 00179-40519-38932-AAOEM
73 73 diservis
74 74 8 00179-40514-80219-AAOEM
75 75 7 ubuntu
1. TIK Sebagai Sarana Pendukung Proses Pembelajaran
1.a. E-Learning

E-learning merupakan bentuk pembelajaran/pelatihan jarak jauh yang memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan informasi. Sarana e-learning online dikembangkan berbasis web dengan aplikasi moodle dan dipergunakan sejak tahun 2012. Pengembangan aplikasi juga diikuti dengan pelatihan bagi dosen dan pelatihan bagi mahasiswa.

Profil E-learning
Bahasa Pemrograman PHP
Media Web (internet/WAN)
Platform Moodle
Server Aplikasi Apache
Server Basis Data Mysql
Alamat

http://elearning.say.ac.id

Moodle

Moodle is a learning platform designed to provide educators, administrators and learners with a single robust, secure and integrated system to create personalised learning environments. You can download the software onto your own web server or ask one of our knowledgable Moodle Partners to assist you. (sumber: https://docs.moodle.org/29/en/About_Moodle, 23 September 2015)

Penggunaan

Elearning dimanfaatkan untuk mendukung dan mempermudah proses pembelajaran, bukan untuk menggantikan keseluruhan proses pembelajaran. Melalui elearning ini, mahasiswa dapat mengunduh materi, mengerjakan kuis/tugas dan mengerjakan evaluasi pembelajaran atau ujian berbasis komputer (computer based test / CBT) seperti UTS dan UAS. Tidak semua matakuliah menggunakan CBT untuk evaluasi pembelajaran, tergantung dari pilihan program studi masing-masing. Selain itu, CBT digunakan untuk latihan CBT uji kompetensi.

Fitur
  1. Dapat dibuat bank soal
  2. Soal dapat diimpor dari berkas teks
  3. Soal dapat disertai dengan gambar
  4. Nomor soal dan/atau opsi jawaban dapat diacak
  5. Soal dapat diproteksi dengan kata sandi, waktu dan/atau jaringan terbatas
  6. Nilai langsung dapat dilihat ketika ujian telah selesai sekaligus analisis butir soalnya
    analisis butir soal 1
    analisis butir soal 1 (sumber: dokumentasi pribadi)
    analisis butir soal 2
    analisis butir soal 2 (sumber: dokumentasi pribadi)
    analisis butir soal 3
    analisis butir soal 3 (sumber: dokumentasi pribadi)
  7. Analisis butir soal dapat disimpan ke dalam komputer dalam bentuk berkas spreadsheet (*.xls, *.ods) atau csv, kemudian datanya dapat diolah dengan mudah. Data dikopi ke dalam template yang sudah disediakan.
    analisis butir soal 1
    analisis butir soal 1 (sumber: dokumentasi pribadi)
    analisis butir soal 2
    analisis butir soal 2 (sumber: dokumentasi pribadi)
    analisis butir soal 3
    analisis butir soal 3 (sumber: dokumentasi pribadi)
    analisis butir soal 4
    analisis butir soal 4 (sumber: dokumentasi pribadi)
  8. Ujian dapat dibatasi dengan waktu
  9. Jika diperlukan, nilai dapat langsung dilihat oleh mahasiswa ketika selesai mengerjakan ujian, misalnya untuk CBT uji kompetensi
  10. Pengerjaan tugas dapat dikerjakan secara online oleh mahasiswa
  11. Materi dapat disampaikan kepada mahasiswa melalui elearning
Akses

Elearning dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen mudah diakses di mana saja, kapan saja dan melalui perangkat apa saja karena berbasis web.

Manual
  1. http://pdsi.unisayogya.ac.id/membuat-dan-memasukkan-soal-ke-dalam-e-learning-dengan-format-gift-moodle-2-8/
  2. http://pdsi.unisayogya.ac.id/manual-singkat-mengerjakan-soal-e-learning-pada-moodle-versi-2-8/

Sarana e-learning offline dikembangkan melalui CD pembelajaran, hal ini dilakukan sebagai salah satu perluasan sarana akses bagi mahasiswa dan program studi terhadap media pembelajaran. Mahasiswa diharapkan dapat berlatih secara mandiri selepas perkuliahan yang dilaksanakan oleh dosen dengan menggunakan media CD pembelajaran. Harapannya akan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dan lulusan. Koleksi CD pembelajaran dapat dilihat pada perpustakaan

1.b. OPAC

OPAC merupakan kependekan dari Online Public Access Catalog. OPAC juga biasa disebut oleh beberapa perpustakaan sebagai katalog online, katalog akses online, katalog akses daring perpustakaan, atau katalog akses umum talian. Menurut Corbin (1985,255) mengatakan online public catalog merupakan katalog yang berisikan cantuman bibliografi dari koleksi satu atau beberapa perpustakaan, disimpan pada magnetic disk atau media rekam lainnya, dan dibuat secara online kepada pengguna. OPAC adaah sistem katalog terpasang yang dapat diakses secara umum dan dapat dipakai pengguna untuk menelusuri data katalog (untuk memastikan apakah perpustakaan menyimpan karya tertentu untuk mendapatkan informasi tentang lokasinya dan jika sistem katalog dihubungkan dengan sistem sirkulasi, maka pengguna dapat mengetahui apakah bahan pustaka yang sedang dicari tersedia di perpustakaan atau sedang dipinjam. Menurut Horgan (1994,1) menyatakan OPAC adalah suatu sistem temu balik informasi, dengan satu sisi masukan (input) yang menggabungkan pembuatan file yang tercantum dan indeks. Pengguna dapat menggunakan OPAC untuk menjawab permintaan atau pertanyaan tertentu dan menjadi salah satu sarana atau alat bantu untuk menelusuri informasi di perpustakaan yang menggunakan sistem komputer yang terpasang jaringan LAN (Local Area Network). Menurut Feather (1997,330) menyatakan bahwa OPAC adalah suatu pangkatan data dengan cantuman bibliografi yang biasanya menggambarkan koleksi perpustakaan tertentu. OPAC menawarkan akses secara online ke koleksi perpustakaan meallui terminal komputer. Pengguna dapat melakukan penelusuran melalui pengarang, judul, subyek, kata kunci, dan sebagainya. Misalnya Giant ingin mencari buku tentang metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Dia tidak perlu repot-repot mencari satu per satu buku di rak yang belum tentu dapat ditemukan, tetapi dengan OPAC, dia hanya perlu menuliskan nama pengarangnya yaitu W.Lawrence Neuman atau judul bukunya Social Reserach Methods (Qualitative and Quantitative Approaches). Jadi secara umum, OPAC adalah suatu sistem temu balik informasi berbasis komputer yang digunakan oleh pengguna untuk menelusuri koleksi suatu perpustakaan atau unit informasi lainnya. (https://id.wikipedia.org/wiki/Katalog_akses_daring_perpustakaan).

Profil OPAC
Bahasa Pemrograman Perl
Media Web (internet/WAN)
Platform Eprints
Server Aplikasi Apache
Server Basis Data Mysql
Alamat

http://opac.say.ac.id

Eprints

EPrints is a free and open-source software package for building open access repositories that are compliant with the Open Archives Initiative Protocol for Metadata Harvesting. It shares many of the features commonly seen in document management systems, but is primarily used for institutional repositories and scientific journals. EPrints has been developed at the University of Southampton School of Electronics and Computer Science and released under a GPL license. The EPrints software is not to be confused with ‘Eprints’ (or ‘e-prints’), which are preprints (before peer review) and postprints (after peer review), of research journal articles (eprints = preprints + postprints). (sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/EPrints, diakses 25 Sept 2015)

Penggunaan
Eprints digunakan untuk penyimpanan naskah, dokumen karya ilmiah, skripsi, penelitian, tesis, gambar, video, audio, dan sebagainya, yang dibuat oleh segenap sivitas akademika STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta agar dapat digunakan bersama bagi seluruh pengguna yang berkepentingan atau peduli dengan peningkatan pendidikan.
Fitur
  • Mudah dalam pengoperasian
  • Memuat berbagai jenis format data
1.c. E-Journal

Jurnal sendiri mempunyai arti sebuah publikasi yang membahas berbagai macam ilmu pendidikan serta penelitian yang memiliki interval jangka waktu terbit berkesinambungan. Fungsi jurnal adalah melestarikan ilmu pengetahuan dengan cara mendata dan meyebarkan yang telah peer review oleh ilmuan. Karakteristik jurnal seperti update berkaitan dengan teori dibandingkan buku, pembahasan yang lebih ringkas, sebagai referensi alternative, aplikasi dan implementasi dunia nyata. Dan E-Journal adalah publikasi ilmiah dalam format elektronik dan mempunyai ISSN (International Standard Serial Number). E-Journal mempunyai format PDF, HTML dan terkadang DOC.

Bahasa Pemrograman PHP
Media Web (internet/WAN)
Platform OJS v 2.4.6.0
Server Aplikasi Apache
Server Basis Data Mysql
Alamat

http://ejournal.say.ac.id

OJS (Open Journal System)

Open Journal Systems (OJS) is a journal management and publishing system that has been developed by the Public Knowledge Project through its federally funded efforts to expand and improve access to research.

OJS dikembangkan oleh PKP yang merupakan kependekan dari Public Knowledge Project (lihat website https://pkp.sfu.ca). PKP sendiri merupakan salah satu bagian dari Simon Fraser University. OJS dikembangkan untuk untuk memperluas dan meningkatkan akses ke penelitian dan dibiayai oleh pemerintah federal setempat. OJS membantu untuk setiap tahap proses penerbitan journal, dari pengajuan sampai publikasi online dan pengindeksan. Melalui sistem manajemen, pengindeksan yang berbau penelitian, dan konteks yang lengkap untuk penelitian, OJS berusaha untuk meningkatkan kualitas ilmiah dan penelitian dimaksud yang dikelola oleh OJS. OJS adalah perangkat lunak open source tersedia secara bebas untuk jurnal di seluruh dunia untuk tujuan membuat akses terbuka penerbitan pilihan yang layak untuk lebih jurnal, dengan akses terbuka dapat meningkatkan pembaca jurnal serta kontribusinya terhadap kepentingan publik pada skala global.

Penggunaan

E-Journal digunakan sebagai media penyampaian informasi dan komunikasi atau jurnal secara online. e-Journal menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai suatu jurnal konvensional (terbitan dan kajian secara mendalam) sehingga dapat menjawab tantangan globalisasi. e-Journal tidak berarti menggantikan model jurnal konvensional, tetapi memperkuat jurnal tersebut melalui pengelolaan penulis, karya tulis dan tanggapan atas karya tersebut, bahkan sampai pada tingkat mendiskusikan secara tak terbatas. Jurnal-jurnal yang masih konvensional atau berbentuk buku dirubah ke bentuk digital (konversi ke digital) kemudian diunggah ke dalam sebuah server yang digunakan untuk menyimpan file-file digital tersebut.

Fitur
  • OJS diinstal secara lokal dan dikendalikan secara lokal.
  • Editor mengkonfigurasi persyaratan, bagian, proses review, dll
  • Pendaftaran online dan pengelolaan semua konten.
  • Modul langganan dengan tertunda pilihan akses terbuka.
  • Pengindeksan komprehensif bagian konten dari sistem global.
  • Reading Tools untuk konten, berdasarkan bidang dan pilihan editor.
  • Email pemberitahuan dan komentar untuk pembaca.
  • Konteks-sensitif lengkap dukungan Bantuan online.
Akses

E-Journal dapat diakses dari mana saja selama terkoneksi dengan jaringan internet. Untuk konten dari e-Journal sendiri dapat dilihat langsung oleh pengguna internet secara umum (non user OJS System) dan pengguna OJS yang terdaftar di dalam sistem.

1.d. Memasukkan Unsur TI di dalam kurikulum

Memasukkan unsur teknologi informasi terkait dengan pembelajaran mata kuliah. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memahami pemanfaatan TIK untuk mendukung proses belajar dan bekerja pada nantinya. Sedari dini, mahasiswa dikenalkan dengan TIK, baik perangkat keras maupun perangkat lunak.

2. TIK Sebagai Sarana Pendukung Kegiatan Manajerial
2.a. Koneksi Internet
Langganan Internet 30 Mbps
Jumlah Mahasiswa (PDDIKTI per 25 Sep 2015) 2498
Internet Per Mahasiswa 12 Kbps
Koneksi Leasline 1:1
IP Publik 16

Pengembangan jaringan komputer (intranet) di seluruh area kampus STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta termasuk program studi Ners.Pengembangan akses internet melalui Internet Service Provider secara dedicated Leasline 1:1. Saat ini besar bandwidth yang dipergunakan adalah 30 Mbps.

2.b. Website

Web adalah suatu tampilan yang menampilkan informasi-informasi yang disediakan oleh server melalui protokol HTTP atau HTTPS. Web dapat berupa statis, dinamis maupun dinamis dengan cache yang bersifat statis. Isi dari web tersebut terhubung antara satu halaman dengan halaman yang lain di dalam web itu sendiri maupun terhubung ke halaman yang ada di dalam web lain. Web dapat berisikan teks dan multimedia seperti video, animasi, gambar, suara dan sebagainya.

Profil Website
Bahasa Pemrograman PHP
Media Web (internet/WAN)
Framework Code Igniter
Server Aplikasi Apache
Server Basis Data Mysql
Alamat
Web RSS
http://www.say.ac.id http://www.say.ac.id/feed/rss2
http://www.stikesaisyiyah.ac.id http://www.stikesaisyiyah.ac.id/feed/rss2
http://www.stikes-aisyiyah-jogja.ac.id http://www.stikes-aisyiyah-jogja.ac.id/feed/rss2
Penggunaan

Web dimanfaatkan untuk memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh sivitas akademika dan stake holder.

Fitur
  1. Info Kampus untuk memberikan informasi kepada dosen/mahasiswa
  2. Berita untuk memberikan informasi kepada masyarakat umum atau stake holder
  3. Info Penmaru untuk memberikan informasi penerimaan mahasiswa baru kepada calon mahasiswa
  4. Jurnal BP3M untuk memberikan informasi berkaitan dengan jurnal
  5. Beasiswa untuk memberikan informasi berkaitan dengan beasiswa
  6. Program Hibah untuk memberikan informasi mengenai hibah yang diperoleh institusi atau unit
  7. Agenda untuk memberikan informasi agenda kegiatan
  8. Galeri untuk memberikan informasi kegiatan dalam bentuk foto
Akses

Web dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen dengan mudah dari mana saja, kapan saja dan melalui perangkat apa saja. Selain itu, web dapat diakses tanpa membuka web, tetapi pembaharuan informasi dikirim ke smart phone melalui RSS dengan cara yang dibahas pada artikel tidak ketinggalan informasi dengan RSS Reader (http://pdsi.unisayogya.ac.id/tidak-ketinggalan-informasi-dengan-rss-reader/).

Web Subdomain

Selain web utama yang diawali dengan www, tersedia juga web subdomain, yaitu pembagian web ke dalam beberapa web. Biasanya digunakan untuk unit atau pengguna yang berbeda, misalnya bpti.say.ac.id, akademik.say.ac.id dan sebagainya.

Bahasa Pemrograman PHP
Media Web (internet/WAN)
Platform WordPress
Server Aplikasi Apache
Server Basis Data Mysql
Alamat
Subdomain RSS Keterangan
http://bpti.say.ac.id http://pdsi.unisayogya.ac.id/feed/rss2 Sub domain Bagian Pengembangan Teknologi Informasi
http://akademik.say.ac.id http://akademik.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain bagian akademik
http://bpmp.say.ac.id http://bpmp.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain bagian penjaminan mutu
http://d3kebidanan.say.ac.id http://d3kebidanan.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain jurusan kebidanan DIII
http://d4bidanpendidik.say.ac.id http://d4bidanpendidik.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain jurusan DIV bidan pendidik
http://iopr.say.ac.id http://iopr.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain bagian Humas/KKIH
http://kemahasiswaan.say.ac.id http://kemahasiswaan.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain bagian kemahasiswaan
http://keuangan.say.ac.id http://keuangan.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain bagian keuangan
http://kip.say.ac.id http://kip.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain bagian pengkaderan dan keislaman
http://koperasi-karyawan.say.ac.id http://koperasi-karyawan.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain koperasi karyawan
http://laboratorium.say.ac.id http://laboratorium.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain bagian laboratorium
http://lp3m.say.ac.id http://lp3m.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain bagian LP3M
http://lib.say.ac.id http://lib.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain bagian perpustakaan
http://ppb.say.ac.id http://ppb.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain bagian pengembangan bahasa
http://psik.say.ac.id http://psik.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain jurusan PSIK
http://s1fisioterapi.say.ac.id http://s1fisioterapi.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain jurusan Fisioterapi
http://s2kebidanan.say.ac.id http://s2kebidanan.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain Pasca Sarjana S2 Kebidanan
http://ormawa.say.ac.id http://ormawa.say.ac.id/feed/rss2 Sub domain untuk organisasi mahasiswa
http://civitas.say.ac.id Sub domain untuk para civitas STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Misal http://nama_dosen_atau_karyawan.civitas.say.ac.id
2.c. SIMPTT

Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT) adalah sebuah sistem untuk memasukkan dan mengolah data untuk menjadi sebuah informasi untuk kegiatan manajemen di Perguruan Tinggi yang terdiri dari beberapa sistem informasi yang datanya tersimpan ke dalam sebuah basis data dan saling terhubung satu sama lain.

Profil SIMPTT
Bahasa Pemrograman Java
Media Web (internet/WAN)
Framework ZK
Server Aplikasi Tomcat
Server Basis Data Mysql
Pengembangan SIMPTT

Pengembangan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT) yang terdiri dari modul core system dan modul supporting system berbasis web yang terkoneksi ke internet (akses melalui WAN). Oleh karena itu, SIMPTT ini mudah diakses di mana saja, kapan saja dan melalui perangkat apa saja. Pengguna dapat mengakses SIMPTT dari komputer kantor, komputer rumah, warung internet, melalui smart phone, melalui notebook / laptop, dari lingkungan Perguruan Tinggi, dari luar Perguruan Tinggi dan sebagainya. Dengan SIMPTT ini maka sivitas akademika dan stake holder memiliki kemudahan dalam mengakses data-data akademik maupun data-data lain terkait melalui sistem informasi yang tersedia. Beberapa hal yang di dapat dengan pengembangan SIMPTT ini antara lain berkurangnya kerangkapan data (redundansi data), memudahkan proses pembaruan data, memudahkan proses memasukkan data, meningkatkan kualitas akses, kualitas informasi (accuracy, relevancy dan timeliness) dan meningkatkan keamanan data (hak akses akan dibagi sampai dengan hak akses aplikasi).

2.c.1. SIMPTT Akademik

simptt-akademik SIMPTT Akademik adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses akademik yang ditempuh atau dilakukan oleh mahasiswa dan dosen, antara lain proses KRS, proses penjadwalan, proses perkuliahan, proses penilaian dan proses kelulusan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-akademik

Menu SIMPTT Akademik
Menu Tipe Keterangan
Data Induk menu Melihat data-data induk
– Data Mahasiswa laporan Melihat data mahasiswa
– Data Dosen laporan Melihat data dosen (akademik)
– Data Dosen V2 laporan Melihat data dosen (alamat)
– Data Kurikulum laporan Melihat data kurikulum
– Data Mata Kuliah laporan Melihat data matakuliah
– Data Program Studi laporan Melihat data program studi
Transaksi Akademik menu Transaksi akademik
– Kalender Akademik form Adm data kalender akademik
– Pengumuman form Adm data pengumuman
– Pra-KRS sub-menu Data-data sebelum KRS
– – Pembagian Pembimbing Akademik form Adm pembagian PA
– – Cetak Pembimbing Akademik laporan Mencetak pembagian PA
– – Penawaran Mata Kuliah form Adm matakuliah yang ditawarkan pada semester berjalan
– – Pembuatan Paket form Adm paket matakuliah
– – Paket Matakuliah form Adm isi paket matakuliah
– KRS sub-menu Data-data KRS
– – Time Limit KRS Online form Adm penentuan jadwal KRS online oleh mahasiswa
– – Tambah KRS (Jamak) form Adm KRS (jamak/multiple)
– – Tambah KRS Paket (Jamak) form Adm KRS paket (jamak/multiple) seluruh mahasiswa
– – Tambah KRS Paket (Jamak) – Filter form Adm KRS paket (jamak/multiple) sesuai dengan saringan
– – Edit KRS (Tunggal) form Adm KRS (tunggal/single)
– – Cetak KRS laporan Mencetak KRS mahasiswa
– – Cetak Mahasiswa Melakukan KRS laporan Mencetak data mahasiswa yang melakukan KRS
– – Cetak Matakuliah KRS laporan Mencetak data KRS menurut matakuliah
– – Cetak Mahasiswa Tidak Melakukan KRS laporan Mencetak data mahasiswa yang melakukan tidak KRS
– Pra-Perkuliahan sub-menu Data-data sebelum perkuliahan
– – Penyusunan TIM Teaching form Adm data tim pengajar matakuliah
– – Penyusunan Jadwal Kuliah form Adm penjadwalan perkuliahan
– Perkuliahan sub-menu Data-data perkuliahan
– – Pembuatan Daftar Hadir Perkuliahan (A4) laporan Mencetak daftar hadir perkuliahan per pertemuan
– – Pembuatan Daftar Hadir Perkuliahan Crosstab (F4) laporan Mencetak daftar hadir perkuliahan secara mendatar
– – Pembuatan Daftar Hadir Ujian laporan Mencetak daftar hadir ujian
– – Perubahan Jadwal Kuliah by Tanggal form Adm perubahan jadwal perkuliahan menurut tanggal
– – Perubahan Jadwal Kuliah by Matakuliah form Adm perubahan jadwal perkuliahan menurut matakuliah
– – Entry Transaksi Perkuliahan form Adm presensi kehadiran
– – Entry Ijin dan Sakit form Adm ijin dan sakit
– – Hitung Ulang HR form Menghitung ulang HR dosen per periode
– Laporan sub-menu Laporan-laporan perkuliahan
– – Prosentase Kehadiran Mahasiswa laporan Mencetak prosentase kehadiran mahasiswa
– – Rekap Mengajar By Dosen laporan Mencetak rekap mengajar menurut dosen
– – Rekap Mengajar By Matakuliah laporan Mencetak rekap mengajar menurut matakuliah
– – Rekap Materi Mengajar laporan Mencetak rekap materi menurut matakuliah
– – Beban SKS laporan Mencetak beban SKS mengajar dosen
– – Rekap Pecapaian Matakuliah laporan Mencetak pencapaian matakuliah (rencana dan realisasi)
– – Rekap Kehadiran Per Matakuliah laporan Mencetak rekap kehadiran mahasiswa per matakuliah
– – Honorarium Mengajar laporan Mencetak HR mengajar per dosen
– – Rangkuman Honorarium Mengajar laporan Mencetak rekap HR mengajar per periode
– – Rangkuman Honorarium Mengajar Gabungan laporan Mencetak rekap HR mengajar gabungan per periode
Hasil Studi menu Data hasil belajar mahasiswa
– By Matakuliah form Adm nilai menurut matakuliah
– By Mahasiswa form Adm nilai menurut mahasiswa
– Surat Permohonan Entry Nilai pdf Surat permohonan entry nilai
– Laporan sub-menu Laporan-laporan hasil belajar mahasiswa
– – Kartu Hasil Studi (A4) laporan Mencetak kartu hasil studi
– – Transkrip Nilai (F4) laporan Mencetak transkrip nilai (tanpa nilai X)
Kelulusan menu Data-data kelulusan
– Karya Tulis sub-menu Data karya tulis
– – Entry Judul Karya Tulis form Adm data judul karya tulis
– Yudisium sub-menu Data kelulusan
– – Entry Mahasiswa Lulus Yudisium form Adm data mahasiswa lulus
– – Cetak Transkrip Akademik Akhir (F4) laporan Mencetak transkrip akademik akhir tempuh + equivalensi
– – Cetak Transkrip Akademik Akhir Non Equivalen (F4) laporan Mencetak transkrip akademik akhir tempuh
– – Cetak Ijazah (A4) laporan Mencetak ijazah mahasiswa
– – Cetak Mahasiswa Lulus Yudisium (A4) laporan Mencetak data mahasiswa lulus
– – Cetak Buku Yudisium laporan Mencetak buku mahasiswa lulus
– Wisuda sub-menu Data wisuda
– – Entry Mahasiswa Ikut Wisuda form Adm data wisuda mahasiswa
– – Cetak Mahasiswa Ikut Wisuda (A4) laporan Mencetak data wisuda mahasiswa
– – Cetak Buku Wisuda laporan Mencetak buku wisuda mahasiswa
Penelusuran Data menu Laporan-laporan
– Data Mahasiswa – By Program Studi laporan Melihat data mahasiswa menurut program studi
– Data Mahasiswa – By Asal Kabupaten laporan Melihat data mahasiswa menurut asal
– Data Indeks Prestasi Semester Mahasiswa (A4) laporan Mencetak data IPS menurut mahasiswa
– Data Indeks Prestasi Semester Mata Kuliah (A4) laporan Mencetak data IPS menurut matakuliah
– Data Indeks Prestasi Nilai Terbaik Mahasiswa (A4) laporan Mencetak data IPK
– KTM (A4) laporan Mencetak KTM
User menu Menu pengguna
– Ganti Password form Adm penggantian kata sandi
– Logout logout Keluar dari sistem
Bantuan pdf Buku panduan sistem
2.c.2. SIMPTT Laboratorium

simptt-laboratorium SIMPTT Laboratorium adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses akademik di laboratorium yang ditempuh atau dilakukan oleh mahasiswa dan dosen, antara lain proses pembagian kelompok, proses penjadwalan dan proses perkuliahan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-laboratorium

Menu SIMPTT Laboratorium
Menu Tipe Keterangan
Data Master menu Melihat data-data induk
– Data Mahasiswa laporan Melihat data mahasiswa
– Data Dosen laporan Melihat data dosen (akademik)
– Data Dosen Versi 2 laporan Melihat data dosen (alamat)
– Data Kurikulum laporan Melihat data kurikulum
– Data Mata Kuliah laporan Melihat data matakuliah
– Data Program Studi laporan Melihat data program studi
Transaksi Lab menu Transaksi laboratorium
– Pengumuman form Adm data pengumuman
– Pra-Perkuliahan sub-menu Data-data sebelum perkuliahan
– – Pembentukan Kelompok form Adm pembentukan kelompok
– – Pembagian Anggota Kelompok form Adm anggota kelompok
– – Pembagian Anggota Kelompok Acak form Adm anggota kelompok acak
– – Penyusunan TIM Teaching form Adm data tim pengajar matakuliah
– – Penyusunan Jadwal Kuliah form Adm penjadwalan perkuliahan
– Perkuliahan sub-menu Data-data perkuliahan
– – Pembuatan Daftar Hadir Perkuliahan laporan Mencetak daftar hadir perkuliahan per pertemuan
– – Pembuatan Daftar Hadir Perkuliahan Crosstab (F4) laporan Mencetak daftar hadir perkuliahan secara mendatar
– – Pembuatan Daftar Hadir Ujian laporan Mencetak daftar hadir ujian
– – Perubahan Jadwal Kuliah by Tanggal form Adm perubahan jadwal perkuliahan menurut tanggal
– – Perubahan Jadwal Kuliah by Matakuliah form Adm perubahan jadwal perkuliahan menurut matakuliah
– – Entry Transaksi Perkuliahan form Adm presensi kehadiran
– – Hitung Ulang HR form Menghitung ulang HR dosen per periode
– Laporan sub-menu Laporan-laporan perkuliahan
– – Prosentase Kehadiran Mahasiswa laporan Mencetak prosentase kehadiran mahasiswa
– – Rekap Mengajar By Dosen laporan Mencetak rekap mengajar menurut dosen
– – Rekap Mengajar By Matakuliah laporan Mencetak rekap mengajar menurut matakuliah
– – Rekap Materi Mengajar laporan Mencetak rekap materi menurut matakuliah
– – Beban SKS laporan Mencetak beban SKS mengajar dosen
– – Rekap Pecapaian Matakuliah laporan Mencetak pencapaian matakuliah (rencana dan realisasi)
– – Rekap Kehadiran Per Matakuliah laporan Mencetak rekap kehadiran mahasiswa per matakuliah
– – Honorarium Mengajar laporan Mencetak HR mengajar per dosen
– – Rangkuman Honorarium Mengajar laporan Mencetak rekap HR mengajar per periode
– – Rangkuman Honorarium Mengajar Gabungan laporan Mencetak rekap HR mengajar gabungan per periode
User menu Menu pengguna
– Ganti Password form Adm penggantian kata sandi
– Logout logout Keluar dari sistem
Bantuan pdf Buku panduan sistem
2.c.3. SIMPTT Kemahasiswaan

simptt-kemahasiswaan SIMPTT Kemahasiswaan adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan mahasiswa, antara lain data induk, keaktifan, surat menyurat, data pendukung, data perkaderan dan data lulusan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-kemahasiswaan

Menu SIMPTT Kemahasiswaan
Menu Tipe Keterangan
Pre-Mahasiswa menu Data-data sebelum menjadi mahasiswa
– Setting Generate NIM form Adm batasan generate NIM
– Transfer Data PMB form Transfer data dari data PMB
– Data Mahasiswa laporan Mencetak data mahasiswa yang mendapatkan NIM
Kemahasiswaan menu Data-data mahasiswa
– Data Master Mahasiswa form Adm data mahasiswa
– Keaktifan Mahasiswa form Adm keaktifan mahasiswa (Cuti, Aktif Kembali, Keluar)
– KTM (A4) laporan Mencetak KTM
– KTM (PVC) laporan Mencetak KTM bahan PVC
– Mahasiswa Melakukan KRS laporan Mencetak data mahasiswa melakukan KRS
– Mahasiswa Tidak Melakukan KRS laporan Mencetak data mahasiswa tidak melakukan KRS
– Laporan Keaktifan Mahasiswa laporan Mencetak data keaktifan mahasiswa
– Pembimbing Akademik Mahasiswa laporan Mencetak data PA
– Alasan Mahasiswa form Adm alasan mahasiswa
Beasiswa menu Data-data beasiswa
– Entry Penerima Beasiswa form Adm penerima beasiswa
– Jenis Beasiswa form Adm jenis beasiswa
Surat Keluar menu Surat keluar
– Klarifikasi Non Aktif form/laporan Mencetak surat klarifikasi non aktif
– SP Masih Kuliah (PNS/Pegawai) form/laporan Mencetak SP masih kuliah (PNS/Pegawai)
– SP Masih Kuliah (Non PNS/Pegawai) form/laporan Mencetak SP masih kuliah (Non PNS/Pegawai)
Lulusan menu Data-data lulusan
– Daftar Mahasiswa Yudisium laporan Mencetak data lulusan
– Data Alumni Mahasiswa form Adm data lulusan
User menu Menu pengguna
– mnLogout logout Keluar dari sistem
Bantuan pdf Buku panduan sistem
2.c.4. SIMPTT Karya Tulis

simptt-karyatulis SIMPTT Karya Tulis adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses penulisan, bimbingan dan penilaian Karya Tulis.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-karyatulis

Menu SIMPTT Karya Tulis
Menu Tipe Keterangan
Proposal / Ujian menu Pencatatan proposal atau ujian
– Pendataan Judul dan Pembimbing/Penguji form Adm pendataan karya tulis, bimbingan, ujian dan nilai
– Hitung Ulang HR Pembimbing/Penguji form Menghitung ulang HR pembimbing atau penguji
Laporan menu Laporan-laporan
– HR Pembimbing/Penguji Ujian laporan Mencetak HR menguji
– HR Pembimbing/Penguji Ujian – By Waktu Kumpul laporan Mencetak HR menguji berdasarkan waktu kumpul
– Rangkuman HR Pembimbing/Penguji Ujian laporan Mencetak rangkuman HR menguji
– Rangkuman HR Pembimbing/Penguji Ujian – By Waktu Kumpul laporan Mencetak rangkuman HR menguji berdasarkan waktu kumpul
– Rangkuman HR Bimbingan laporan Mencetak HR membimbing
– Data Mahasiswa Belum Ujian laporan Mencetak data mahasiswa yang belum ujian
– Data Mahasiswa Sudah Ujian laporan Mencetak data mahasiswa yang sudah ujian
– Data Mahasiswa Sudah Ujian – By Penguji laporan Mencetak data mahasiswa yang sudah ujian berdasarkan penguji
Logout menu Keluar dari sistem
– Logout logout Keluar dari sistem
2.c.5. SIMPTT SPC

simptt-spc SIMPTT SPC adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses pembayaran keuangan mahasiswa (student payment center), antara lain pembuatan tagihan, dispensasi dan pengembalian. Basis data pembayaran terhubung ke rekanan bank secara host to host, yaitu terhubung langsung secara real time online.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-spc

Menu SIMPTT SPC
Menu Tipe Keterangan
User menu Data pengguna
– Logout logout Keluar dari sistem
– Ganti Password form Adm penggantian kata sandi
– Bantuan pdf Buku panduan sistem
– About laporan Tentang pembuat sistem
Setting menu Data pengaturan
– Jenis Tagihan form Adm data jenis tagihan
– Tarif Untuk Prodi-Angkatan form Adm data tarif per prodi dan angkatan
– Penanda Tangan form Adm data penanda tangan
– Awal Tahun Akademik form Adm data awal tahun akademik
Pembuatan Tagihan menu Data tagihan (host to host)
– Generate Tagihan Per Prodi-Angkatan form Membuat tagihan per prodi dan angkatan
– Generate Tagihan Per Mahasiswa form Membuat tagihan per mahasiswa
– Generate Tagihan Tidak Terdefinisi form Membuat tagihan tidak terdefinisi
– Generate Tagihan Tidak Terdefinisi Prodi-Angkatan form Membuat tagihan tidak terdefinisi per prodi dan angkatan
– Browse Data Tagihan laporan Melihat data tagihan
– Cetak Tagihan Per Prodi laporan Mencetak tagihan per prodi
– Cetak Tagihan Per Mahasiswa laporan Mencetak tagihan per mahasiswa
Pembayaran menu Data pembayaran
– Pembayaran form Adm data pembayaran
– Browse Pembayaran Per Mahasiswa laporan Melihat data pembayaran per mahasiswa
– Editing Data Pembayaran (CONFIDENTIAL) form Adm data pembayaran
Pengembalian menu Data pengembalian
– Pengembalian form Adm data pengembalian
Laporan menu Laporan keuangan mahasiswa
– Surat Bebas Keuangan Bagi Mahasiswa laporan Mencetak surat bebas keuangan bagi mahasiswa
– Laporan Rekapitulasi Pembayaran Bagi Mahasiswa laporan Mencetak rekapitulasi pembayaran mahasiswa
– Laporan Pembayaran Per Th. Akademik-Detail laporan Mencetak data pembayaran per tahun akademik
– Laporan Pembayaran Per Th. Akademik-Prodi-Jenis Tagihan laporan Mencetak data pembayaran per tahun akademik, prodi dan jenis tagihan
– Laporan Pembayaran Per Tanggal-Prodi-Jenis Tagihan laporan Mencetak data pembayaran per tanggal, prodi dan jenis tagihan
– Laporan Pembayaran Per Tanggal-Detil laporan Mencetak data pembayaran per tanggal
– Laporan Pembayaran Per Tanggal-Group By Jenis Tagihan laporan Mencetak data pembayaran per tanggal dan jenis tagihan
– Laporan Target Penerimaan Keuangan laporan Mencetak target penerimaan keuangan
– Laporan Realisasi Penerimaan Keuangan laporan Mencetak realisasi penerimaan keuangan
– Laporan Rekapitulasi Tunggakan Keuangan laporan Mencetak rekapitulasi tunggakan keuangan
– Laporan Rinci Tunggakan Keuangan Per Mahasiswa laporan Mencetak tunggakan keuangan per mahasiswa
– Laporan Rekap Bayar, Kurang Bayar Per Mahasiswa laporan Mencetak rekapitulasi pembayaran dan kurang bayar mahasiswa
– Laporan Dispensasi Pembayaran laporan Mencetak data dispensasi pembayaran
Tools-Kemahasiswaan menu Data kemahasiswaan
– Daftar Mahasiswa laporan Melihat data mahasiswa
– Informasi Tarif Mahasiswa laporan Melihat tarif mahasiswa
– Rekap Pengambilan SKS laporan Melihat data KRS
– Pemberian Dispensasi form Adm data dispensasi pembayaran
Administrasi Pengguna menu Data pengguna
– Data Pengguna form Adm data pengguna
2.c.6. SIMPTT Mahasiswa

simptt-mahasiswa SIMPTT Mahasiswa adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan mahasiswa, antara lain proses KRS, proses penjadwalan, proses perkuliahan, informasi perpustakaan, informasi keuangan dan biodata. Setiap akhir semester ditampilkan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM) dan Evaluasi Unit Oleh Mahasiswa (EUOM).

RSS Untuk Mahasiswa
rss 1
rss 1: Install (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 2
rss 2: Setting tanpa password (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 3
rss 3: Mendapatkan password mahasiswa (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 4
rss 4: Beberapa alternatif setting menggunakan password (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 5
rss 5: Update info melalui smart phone secara otomatis (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 6
rss 6: Update info melalui smart phone secara otomatis untuk RSS dengan password (sumber: dokumentasi pribadi)
Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-mahasiswa

Menu SIMPTT Mahasiswa
Menu Tipe Keterangan
Akademik, Perkuliahan dan Perpustakaan menu Data akademik, perkuliahan dan perpustakaan
– Pra-Perkuliahan sub-menu Data-data sebelum proses perkuliahan
– – Entry KRS (non Paket) form Adm KRS bukan paket
– – Entry KRS Paket form Adm KRS paket
– Perkuliahan sub-menu Data-data perkuliahan
– – Jadwal Kuliah laporan Melihat jadwal kuliah
– Pendukung Perkuliahan sub-menu Data-data pendukung perkuliahan
– – Lihat KRS laporan Melihat KRS
– – Hasil Studi / Semester laporan Melihat KHS
– – Hasil Studi Kumulatif laporan Melihat transkrip nilai
– – Cetak Hasil Studi Kumulatif laporan Mencetak transkrip nilai
– – Kalender Akademik laporan Melihat kalender akademik
– Perpustakaan sub-menu Data-data perpustakaan
– – DIGILIB: Ebook – EJournal form Pencarian ebook / ejournal
– – Pencarian Pustaka form Pencarian pustaka yang ada di perpustakaan
– – History Peminjaman laporan Melihat data peminjaman dan sejarah peminjaman
Keuangan menu Data-data keuangan
– Tagihan Keuangan laporan Melihat data tagihan keuangan – sama dengan data di Bank (host to host)
– History Pembayaran Keuangan laporan Melihat data sejarah pembayaran keuangan – sama dengan data di Bank (host to host)
– Daftar Tunggu Tagihan Keuangan laporan Melihat data tagihan keuangan yang terjadwal
Kemahasiswaan menu Data-data kemahasiswaan
– Biodata laporan Melihat biodata mahasiswa
– Biodata Buku Wisuda form Edit biodata mahasiswa untuk buku wisuda
User menu Menu pengguna
– Saran form Memberikan saran ke akademik
– Ganti Password form Adm penggantian kata sandi
Logout logout Keluar dari sistem
2.c.7. SIMPTT Alumni

simptt-alumni SIMPTT Alumni adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan alumni, antara lain data alumni, tautan ke web lain dan lowongan pekerjaan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-alumni

Menu SIMPTT Alumni
Menu Tipe Keterangan
Pencarian Alumni laporan Melihat data alumni
Lowongan Pekerjaan page Halaman informasi lowongan pekerjaan
Link Stikes ‘Aisyiyah Yogyakarta link Tautan ke STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta
Link DIKTI Depdiknas link Tautan ke DIKTI
Link PMB STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta link Tautan ke PMB SAY
Frequentyl Asked Questions page Halaman informasi pertanyaan yang sering diajukan
Kontak page Halaman kontak
2.c.8. SIMPTT Keuangan

simptt-keuangan SIMPTT Keuangan adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses penganggaran dan kinerja unit, serta fitur keuangan, seperti perjurnalan dan sebagainya.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-keuanganv2

Menu SIMPTT Keuangan
Menu Tipe Keterangan
User menu Menu pengguna
– Logout logout Keluar dari sistem
– Bantuan pdf Buku panduan sistem
Penyusunan Anggaran (Tahap 1-4) menu Data-data penyusunan anggaran
– Tahap 1. Penyusunan Visi-Misi form Adm data visi dan misi
– Tahap 2. Penyusunan Rencana Kegiatan (RK) form Adm data rencana kegiatan unit
– Tahap 3. Penyusunan Detil Pendapatan Kegiatan (Transitoris) form Adm data pendapatan kegiatan transitoris
– Tahap 4. Penyusunan Detil Biaya Kegiatan (RK Rinci) form Adm data biaya kegiatan
Penyusunan Ajuan SPP (Tahap 5-7) menu Data-data realisasi anggaran
– Tahap 5. Input Realisasi Pendapatan Transitoris – under construction form (menunggu aturan)
– Tahap 6. Pengajuan SPP (sampai pencairan dana) form/laporan Adm SPP dan pencairan dana
– Tahap 7. Penyusunan SPJ – under construction form (menunggu aturan)
View dan Laporan menu Laporan rencana kegiatan
– View-Total Pagu laporan Melihat data total pagu
– View-Rekap Rencana Kegiatan laporan Melihat data rencana kegiatan
– Laporan Type 1 laporan Mencetak data rencana kegiatan
– Laporan Type 2 – under construction laporan (menunggu aturan)
Otoritas menu Data-data otoritas keuangan
– Pra-Anggaran sub-menu Data sebelum proses penganggaran
– – Setting Pendapatan (Pagu) form Adm pendapatan sebagai dasar pagu
– – Setting Pagu form Adm pagu
– – Laporan Pendapatan (Pagu) laporan Mencetak data pendapatan sebagai dasar pagu
– – Laporan Pagu laporan Mencetak data pagu
– Penyusunan Anggaran sub-menu Data proses penganggaran
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua Unit laporan Mencetak data rencana kegiatan
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua Unit + Deskripsi laporan Mencetak data rencana kegiatan dan deskripsinya
– – Cek Anggaran laporan Melihat data anggaran yang melebihi pagu
– – Set Tutup Anggaran / Buka Anggaran form Menutup atau membuka anggaran
– – Laporan Anggaran Berbasis Mata Anggaran laporan Mencetak data anggaran menurut mata anggaran
– – Laporan Anggaran Berbasis Mata Rekening laporan Mencetak data anggaran menurut mata rekening
– Pemanfaatan Anggaran sub-menu Data setelah proses penganggaran
– – Surat Perintah Mencairkan (SPM) form Adm perintah mencairkan dana
– Penyusunan Anggaran (BPH) sub-menu Menu khusus BPH
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua Unit laporan Mencetak data rencana kegiatan
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua Unit + Deskripsi laporan Mencetak data rencana kegiatan dan deskripsinya
– – Cek Anggaran laporan Melihat data anggaran yang melebihi pagu
Kasir menu Data-data kasir
– Pencairan Dana form Adm pencairan dana
– Bukti Kas Masuk form Adm bukti kas masuk
– Bukti Kas Keluar form Adm bukti kas keluar
– Opname Pecahan form Adm uang pecahan
Akuntansi menu Data-data akuntansi
– Penjurnalan form Adm jurnal keuangan
– Buku Besar laporan Mencetak buku besar
– Neraca laporan Mencetak neraca
– Laba Rugi laporan Mencetak laba rugi
2.c.9. SIMPTT Penjaminan Mutu

simptt-penjaminanmutu SIMPTT Penjaminan Mutu adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses penjaminan mutu, antara lain proses audit.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-penjaminanmutu

Menu SIMPTT Penjaminan Mutu
Menu Tipe Keterangan
Audit Mutu Internal (AMI) menu Data AMI
– Pre Audit Mutu Internal sub-menu Data sebelum audit
– – Tipe Audit form Adm data tipe audit
– – Periode Audit form Adm data periode audit
– – Unit Periode Audit form Adm penempatan unit pada periode audit
– – Auditor sub-menu Data-data auditor
– – – Jabatan Auditor form Adm data jabatan auditor
– – – Auditor form Adm data auditor
– – – Auditor Periode Audit form Adm penempatan auditor pada periode audit
– – Auditee sub-menu Data-data auditee
– – – Jabatan Auditee form Adm data jabatan auditee
– – – Auditee form Adm data auditee
– – Penempatan Auditor form Adm penempatan auditor
– – Penempatan Auditee form Adm penempatan auditee
– Bank Pertanyaan sub-menu Data-data bank pertanyaan
– – Sumber Audit form Adm data sumber audit
– – Standar Audit form Adm data standar audit
– – Elemen Penilaian form Adm data elemen penilaian
– – Indikator form Adm data indikator
– – Pertanyaan form Adm data pertanyaan
– Audit sub-menu Data-data audit
– – Pertanyaan Unit form Adm pemetaan pertanyaan ke dalam unit
– – Auditor sub-menu Data-data audit untuk auditor
– – – Isian Auditor form Adm penilaian audit oleh auditor terhadap isian auditee
– – – Set Audit Selesai Untuk Mengisi Temuan form Penentuan selesainya audit terhadap auditee untuk mengisi temuan
– – – Temuan (Auditor) form Adm data temuan audit
– – Auditee sub-menu Data-data audit untuk auditee
– – – Isian Auditee form Adm isian auditee
– – – Simulasi Nilai Auditee laporan Melihat simulasi nilai atas pengisian oleh auditee
– – – Lihat Temuan (Auditee) form Adm persetujuan temuan oleh auditee
User menu Menu pengguna
– Logout logout Keluar dari sistem
2.c.10. SIMPTT Humas

simptt-humas SIMPTT Humas adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses kerjasama institusi.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-humas

Menu SIMPTT Humas
Menu Tipe Keterangan
Data Induk menu Data rekanan dan kerjasama
– Data Rekanan form Adm data rekanan
– Data Kerjasama form Adm data kerjasama
Pencarian Data laporan Melihat data kerjasama
Penelusuran dan Laporan menu Laporan kerjasama
– Berdasarkan Nama Kerjasama laporan Mencetak laporan kerjasama berdasarkan nama
– Berdasarkan Rekanan/Institusi laporan Mencetak laporan kerjasama berdasarkan rekanan
– Berdasarkan Bulan-Tahun Berakhir laporan Mencetak laporan kerjasama berdasarkan waktu berakhir
User menu Menu pengguna
– Logout form Adm penggantian kata sandi
– Ganti Password logout Keluar dari sistem
– Petunjuk Aplikasi pdf Buku panduan sistem
2.c.11. SIMPTT BP3M

simptt-bp3m SIMPTT BP3M adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses penelitian yang dilakukan oleh dosen.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-bp3m

Menu SIMPTT BP3M
Menu Tipe Keterangan
Setting Nama Media Publikasi form Adm media publikasi
Entry Data form Adm data penelitian
Laporan menu Laporan penelitian
– Data Penelitian Per Dosen laporan Mencetak data penelitian per dosen
– Data Penelitian Per Prodi laporan Mencetak data penelitian per prodi
– Data Penelitian Per Tanggal laporan Mencetak data penelitian per tanggal
– Data Penelitian Per Publikasi laporan Mencetak data penelitian per publikasi
– Data Penelitian Per Sumber Dana laporan Mencetak data penelitian per sumber dana
User menu Menu pengguna
– Logout form Adm penggantian kata sandi
– Ganti Password logout Keluar dari sistem
– Petunjuk Aplikasi pdf Buku panduan sistem
2.c.12. SIMPTT PMB

pmb SIMPTT PMB adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses penerimaan mahasiswa baru, antara lain pendaftaran, administrasi data calon mahasiswa, ujian, nominasi dan penentuan tagihan.

Alamat

http://pmb.say.ac.id

Menu SIMPTT PMB
Menu Tipe Keterangan
Informasi STIKES menu Informasi
– Profil Institusi page Halaman profil institusi
– Kontak page Halaman kontak
– Program Studi page Halaman program studi
Jenjang Diploma III dan Sarjana menu Data Penerimaan
– Jadwal page Halaman jadwal
– Metode Seleksi page Halaman metode seleksi
– Biaya page Halaman biaya
– Prosedur page Halaman prosedur
– Isi Formulir form Adm data diri peserta
– Denah Ujian page Halaman denah ujian
Jenjang Pasca Sarjana menu Penerimaan pasca sarjana
– S2 Kebidanan link Tautan penerimaan pasca sarjana
Cek Penerimaan menu Cek diterima atau tidak
– Cek Penerimaan D3/S1/S2 laporan Melihat status penerimaan
Menu SIMPTT Admin PMB
Menu Tipe Keterangan
Setting menu Konfigurasi
– Setting Template Tagihan form Adm data template tagihan
– Setting Diterima form Adm data diterima sebagai mahasiswa
– Eksekusi Tagihan form Membuat tagihan mahasiswa baru
– Set Cek Apakah Diterima dibuka form Membuka status penerimaan untuk peserta
Pendaftaran menu Data pendaftaran
– Cetak Kwitansi (Aktivasi Nomor) form/laporan Pemberian ID peserta dan mencetak kwitansi
– Browsing Pendaftar laporan Melihat pendaftar
– Cetak Ulang Kwintansi laporan Mencetak kwitansi
– Cetak Kartu Ujian dan Kelengkapan Berkas / Daftarkan ke CBT form/laporan Mencetak kartu ujian dan kelengkapan berkas, mendaftarkan peserta ke CBT
– Cetak Surat Jalur Undangan laporan Mencetak surat jalur undangan
Administrasi Berkas menu Data peserta ujian
– Pra-Ujian sub-menu Data-data sebelum ujian dan pasca nominasi
– – Verifikasi Berkas Calon form Adm kelengkapan berkas peserta
– – Tutup Hak Akses Calon Mahasiswa form Menutup hak akses peserta untuk mengisi biodata
– – Generate Kursi Tes Tulis form Adm data kursi peserta ujian
– – Cetak Label Kursi Ujian laporan Mencetak label kursi ujian
– – Daftar Hadir dan Berita Acara laporan Mencetak daftar hadir dan berita acara
– Pasca Nominasi sub-menu Data-data setelah nominasi
– – Registrasi Awal form Adm data registrasi awal
– – Registrasi Akhir form Adm data registrasi akhir
– – Mengundurkan Diri form Adm data mengundurkan diri
Ujian menu Data-data ujian
– Input Wawancara form Adm data hasil wawancara
– Input Kesehatan form Adm data hasil pemeriksaan kesehatan
– Input Uji Tulis – Jumlah Benar form Adm data hasil ujian
– Statistik Wawancara laporan Melihat statistik wawancara
– Statistik Kesehatan laporan Melihat statistik pemeriksaan kesehatan
Laporan menu Laporan
– Jumlah Pendaftar per Tanggal [Day To Day] laporan Mencetak data pendaftar per tanggal
– Jumlah Peserta diterima dan registrasi laporan Mencetak peserta diterima dan registrasi
– Jumlah Peserta diterima, membayar dan belum registrasi laporan Mencetak peserta diterima, membayar dan belum registrasi
– Jumlah pendaftar, diterima, dan registrasi Group By Kabupaten laporan Mencetak pendaftar diterima dan registrasi berdasarkan kabupaten
– Jumlah pendaftar, diterima, dan registrasi Group By Gelombang-Jalur laporan Mencetak pendaftar diterima dan registrasi berdasarkan gelombang – jalur
– Jumlah Peserta diterima dan registrasi Group By Kabupaten laporan Mencetak peserta diterima dan registrasi berdasarkan kabupaten
– Jumlah Peserta diterima dan registrasi Group By Prodi laporan Mencetak peserta diterima dan registrasi berdasarkan prodi
– Jumlah Peserta diterima dan belum registrasi laporan Mencetak peserta diterima dan belum registrasi
– Jumlah Peserta belum ujian laporan Mencetak peserta belum ujian
– Jumlah Peserta registrasi berdasarkan jenis kelamin dan prodi laporan Mencetak jumlah peserta registrasi berdasarkan jenis kelamin dan prodi
– Jumlah Peserta registrasi berdasarkan jenis kelamin, prodi dan Jalur Masuk laporan Mencetak jumlah peserta registrasi berdasarkan jenis kelamin, prodi dan jalur masuk
Logout menu Keluar dari sistem
– Logout logout Keluar dari sistem
2.c.13. SIMPTT SDM

simptt-sdm SIMPTT SDM adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan Sumber Daya Manusia maupun personil pegawai/dosen, antara lain penggajian, data kepegawaian, presensi kehadiran, penilaian personal, data mutu, data dosen dan DSS.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-sdm

Menu SIMPTT SDM
Menu Tipe Keterangan
Home form Presensi kehadiran (hanya bisa dari jaringan internal) dan melihat pengumuman
Public Menu menu Data umum
– Logout logout Keluar dari sistem
– Ganti Password form Adm penggantian kata sandi
– Lihat Pengumuman laporan Melihat pengumuman
– Daftar Peraturan Kepegawaian laporan Melihat peraturan kepegawaian
– Lihat Data Kehadiran laporan Melihat data kehadiran
– Lihat Data Pribadi laporan Melihat data pribadi
– Lihat Rekaman Data Aktivitas laporan Melihat rekaman data aktivitas
– Mahasiswa Bimbingan laporan Melihat mahasiswa bimbingan
– Daftar Judul TA/Skripsi Mahasiswa laporan Melihat judul karya tulis mahasiswa
– Jadwal Mengajar laporan Melihat jadwal mengajar
– Visi Organisasi laporan Melihat visi organisasi
– Misi Organisasi laporan Melihat misi organisasi
– Tujuan Organisasi laporan Melihat tujuan organisasi
– Isi Kuesioner Penilaian Kinerja form Adm kuisioner penilaian kinerja
– Bantuan pdf Buku panduan sistem
– About laporan Tentang pembuat sistem
Kepegawaian menu Data kepegawaian
– Pendataan Pegawai-Dosen sub-menu Data-data pegawai dan dosen
– – Pendataan Personal form Adm data personal
– – Pendataan Pegawai form Adm data pegawai
– – Pendataan Dosen form Adm data dosen
– – Pendataan Anggota Keluarga form Adm data anggota keluarga
– – Riwayat Pendidikan form Adm data riwayat pendidikan
– – Riwayat Pelatihan form Adm data riwayat pelatihan
– – Tebaran Dosen laporan Melihat tebaran dosen
– – Tebaran Pegawai laporan Melihat tebaran pegawai
– Kepangkatan-Cuti-Pensiun-Keluar sub-menu Data-data keaktifan pegawai
– – Data Pegawai Eligible Naik Pangkat dan Berkala (Warning) laporan Melihat data pegawai yang layak naik pangkat atau kontrak habis
– – Administrasi Pegawai Cuti form Adm data pegawai cuti
– – Administrasi Pegawai Pensiun form Adm data pegawai pensiun
– – Administrasi Pegawai Keluar form Adm data pegawai keluar
– Reward-Punishment sub-menu Data-data penghargaan dan hukuman
– – Catatan Penghargaan form Adm data penghargaan
– – Catatan Pelanggaran form Adm data hukuman
– Administrasi Kehadiran sub-menu Data-data kehadiran
– – Rekap Kehadiran Pegawai laporan Melihat rekap kehadiran pegawai
– – Rekap Kehadiran Per Personal laporan Melihat rekap kehadiran personal
– Kepanitiaan sub-menu Data-data kepanitiaan
– – Kepanitian STIKES form Adm data kepanitiaan
– – Susunan Kepanitian STIKES form Adm susunan kepanitiaan
– – Jenis Kepanitiaan form Adm jenis kepanitiaan
– – Jabatan Di Kepanitiaan form Adm jabatan kepanitiaan
– Penggajian sub-menu Data-data penggajian
– – Golongan, Pangkat, Dan Gaji Pokok form Adm data golongan, pangkat dan gaji pokok
– – Komponen Gaji form Adm komponen gaji
– – Parameter Gaji form Adm parameter gaji
– – Generate Gaji form Membuat gaji pokok
– – Generate Gaji Tidak Terdefinisi form Membuat gaji tidak terdefinisi
– – Generate Copy Gaji Bulan-Tahun form Membuat gaji berdasarkan data lampau
– – Struk Gaji laporan Mencetak struk gaji
– – Data Transfer Ke Bank laporan Mencetak data untuk dikirim ke bank
– Penilaian Kinerja Pegawai sub-menu Data-data penilaian kinerja pegawai
– – Periode Penilaian Kinerja form Adm data periode penilaian kinerja
– – Item Pertanyaan form Adm data item pertanyaan
– – Mapping Personal form Adm data mapping personal penilaian
– – Pembuatan Kuesioner form Adm data kuisioner
– – Laporan Kuesioner PK laporan Mencetak kuisioner
– – Laporan Resume Kuesioner PK laporan Mencetak hasil penilaian
– Lain-lain sub-menu Data lain
– – Upload Pengumuman form Adm data pengumuman
Mutu menu Data mutu
– Lihat Dokumen laporan Melihat dokumen
Menu Dosen-PA menu Data-data dosen / PA
– DIGILIB: Ebook – Ejournal laporan Melihat ebook / ejournal
– Profil Mahasiswa PA laporan Melihat profil mahasiswa berdasarkan PA
– Daftar Mahasiswa PA laporan Melihat daftar mahasiswa PA
– KRS Mahasiswa PA laporan Melihat KRS mahasiswa PA
– Tim Teaching laporan Melihat data tim teaching
– Jadwal Kuliah laporan Melihat jadwal kuliah
– Pendataan Track Record Mahasiswa form Adm data track record mahasiswa
DSS-Menu menu Data untuk DSS
– Data Mahasiswa sub-menu Data-data mahasiswa
– – Jumlah Mahasiswa laporan Melihat jumlah mahasiswa
– – Jumlah Mahasiswa By Jalur laporan Melihat jumlah mahasiswa berdasarkan jalur
– – Data Asal Propinsi Mahasiswa laporan Melihat mahasiswa berdasarkan asal propinsi
– – Data Lulusan laporan Melihat data lulusan
– Data Pegawai sub-menu Data-data pegawai
– – Jumlah Pegawai laporan Melihat jumlah pegawai
– – Lihat Profil/Rekam Jejak Pegawai laporan Melihat profil pegawai
– – Jumlah Dosen laporan Melihat jumlah dosen
– Laporan sub-menu Laporan mahasiswa
– – Surat Bebas Keuangan Bagi Mahasiswa laporan Mencetak surat bebas keuangan bagi mahasiswa
– – Laporan Rekapitulasi Pembayaran Bagi Mahasiswa laporan Mencetak rekapitulasi pembayaran mahasiswa
– – Laporan Pembayaran Per Th. Akademik-Detail laporan Mencetak data pembayaran per tahun akademik
– – Laporan Pembayaran Per Th. Akademik-Prodi-Jenis Tagihan laporan Mencetak data pembayaran per tahun akademik, prodi dan jenis tagihan
– – Laporan Pembayaran Per Tanggal-Prodi-Jenis Tagihan laporan Mencetak data pembayaran per tanggal, prodi dan jenis tagihan
– – Laporan Pembayaran Per Tanggal-Detil laporan Mencetak data pembayaran per tanggal
– – Laporan Pembayaran Per Tanggal-Group By Jenis Tagihan laporan Mencetak data pembayaran per tanggal dan jenis tagihan
– – Laporan Target Penerimaan Keuangan laporan Mencetak target penerimaan keuangan
– – Laporan Realisasi Penerimaan Keuangan laporan Mencetak realisasi penerimaan keuangan
– – Laporan Rekapitulasi Tunggakan Keuangan laporan Mencetak rekapitulasi tunggakan keuangan
– – Laporan Rinci Tunggakan Keuangan Per Mahasiswa laporan Mencetak tunggakan keuangan per mahasiswa
– – Laporan Rekap Bayar, Kurang Bayar Per Mahasiswa laporan Mencetak rekapitulasi pembayaran dan kurang bayar mahasiswa
– – Laporan Dispensasi Pembayaran laporan Mencetak data dispensasi pembayaran
Setting Parameter menu Data parameter
– Perguruan Tinggi form Adm data PT
– Jabatan form Adm data jabatan
– Grup Person form Adm data grup personal
– Jenis Pekerjaan form Adm data jenis pekerjaan
– Gaji Pokok form Adm data gaji pokok
2.c.14. SIMPTT Kesekretariatan

simptt-kesekretariatan SIMPTT Kesekretariatan adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan surat masuk, surat keluar, notulensi rapat dan agenda pimpinan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-kesekretariatan

Menu SIMPTT Kesekretariatan
Menu Tipe Keterangan
Input Data menu Data-data surat, notulen dan agenda pimpinan
– Kode Surat form Adm kode surat
– Klasifikasi Surat form Adm klasifikasi surat
– Surat Masuk form Adm surat masuk
– Surat Keluar form Adm surat keluar
– Notulen form Adm notulen
– Agenda Pimpinan form Adm agenda pimpinan
Laporan menu Laporan surat
– Rekap Surat Masuk laporan Mencetak rekap surat masuk
– Rekap Surat Keluar laporan Mencetak rekap surat keluar
– Surat Masuk Dimusnahkan laporan Mencetak surat masuk yang bisa dimusnahkan
– Surat Keluar Dimusnahkan laporan Mencetak surat keluar yang bisa dimusnahkan
User menu Menu pengguna
– Ganti Password form Adm penggantian kata sandi
– Logout logout Keluar dari sistem
2.c.15. SIMPTT Inventaris Lab

simptt-inventlab SIMPTT Inventaris Lab adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses inventaris alat dan bahan laboratorium termasuk proses peminjaman, pengembalian dan penggunaan alat dan bahan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-inventlab

Menu SIMPTT Inventaris Lab
Menu Tipe Keterangan
Data Induk menu Melihat data-data induk
– Data Induk Alat dan Inventaris form Adm data alat dan inventaris alat
– Data Induk Supplier form Adm data penyedia alat
– Data Induk Jenis Ketrampilan form Adm data jenis ketrampilan
– Data Induk Box Alat dan Paket Alat form Adm data box alat dan paket alat
Transaksi menu Transaksi peminjaman dan pengembalian alat
– Peminjaman Alat form Adm peminjaman alat
– Pengembalian Alat form Adm pengembalian alat
Laporan menu Laporan-laporan
– Data Inventaris laporan Laporan inventaris
User menu Menu pengguna
– Logout logout Keluar dari sistem
2.c.16. SIMPTT Asset

simptt-asset SIMPTT Asset adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan pengelolaan asset.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-asset

Menu SIMPTT Asset
Menu Tipe Keterangan
Data Referensi menu Data referensi
– Identitas Institusi form Adm data institusi
– Ruangan/Lokasi form Adm data ruangan/lokasi
– Unit Kerja Pengguna form Adm data unit kerja pengguna
– Rekanan/Supplier form Adm data rekanan/supplier
– Golongan Asset form Adm data golongan asset
– Kelompok Asset form Adm data kelompok asset
– Jenis Perolehan Asset form Adm data jenis perolehan asset
– Alasan Penghapusan Asset form Adm data alasan penghapusan asset
Inventaris menu Data inventaris
– Pencatatan form Adm data inventaris
– Perbaikan sub-menu Data-data perbaikan inventaris
– – Pengiriman Perbaikan form Adm data pengiriman perbaikan
– – Selesai Perbaikan form Adm data selesai perbaikan
– Peminjaman form Adm data peminjaman inventaris
– Pengembalian form Adm data pengembalian inventaris
– Penghapusan sub-menu Data-data penghapusan inventaris
– – Penghapusan Asset form Adm data penghapusan invetaris
– – Cetak Berita Acara laporan Mencetak berita acara penghapusan
Laporan menu Laporan inventaris
– Browse Data Asset laporan Mencetak data asset
– Data Nilai Buku Per Tanggal laporan Mencetak nilai buku per tanggal
– Data Asset Dipinjam laporan Mencetak asset dipinjam
– Data Asset Dihapuskan laporan Mencetak asset dihapus
– Data Asset Per Kelompok laporan Mencetak asset per kelompok
– Data Asset Per Golongan laporan Mencetak asset per golongan
– Data Asset Per Ruangan laporan Mencetak asset per ruangan
– Data Asset Per Program Studi laporan Mencetak asset per program studi
User – Aplikasi menu Menu pengguna
– Ganti Password form Adm penggantian kata sandi
– Log Out logout Keluar dari sistem
– Petunjuk Penggunaan Aplikasi pdf Buku panduan sistem
2.c.17. SIMPTT Perpustakaan

simptt-perpustakaan SIMPTT Perpustakaan adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan pustaka di perpustakaan, antara lain transaksi peminjaman, transaksi pengembalian, stock opname dan data pustaka.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-perpustakaan

Menu SIMPTT Perpustakaan
Menu Tipe Keterangan
Transaksi Koleksi menu Data transaksi koleksi
– Peminjaman – Pengembalian form Adm data peminjaman dan pengembalian
– Stock Opname form Adm data stock opname
– Proses Penghilangan Stock Opname form Adm data penghilangan pustaka saat stock opname
Pengarang – Pustaka menu Data pengarang dan pustaka
– Pustaka form Adm data pustaka
– Pengarang form Adm data pengarang
Data Pendukung menu Data pendukung
– Bebas Pustaka form Adm data bebas pustaka
– Stock Opname sub-menu Data-data stock opname
– – Paket Jenis Pustaka form Adm data pemaketan jenis pustaka
– – Detail Paket Jenis Pustaka form Adm data isi paket jenis pustaka
– – Periode Opname form Adm data periode stock opname
– Klasifikasi Pustaka sub-menu Data-data klasifikasi pustaka
– – Klasifikasi Level 2 form Adm data klasifikasi pustaka level 2
– – Klasifikasi Level 3 form Adm data klasifikasi pustaka level 3
– – Klasifikasi Lokasi form Adm data klasifikasi lokasi pustaka
– Aturan sub-menu Data-data aturan
– – Hari Non Denda form Adm data hari yang tidak terkena denda
– – Aturan Peminjaman form Adm data aturan peminjaman pustaka
– User sub-menu Data-data pengguna
– – User Dosen form Adm data pengguna dosen
– – User Pegawai form Adm data pengguna pegawai
– Bahasa form Adm data bahasa
– Penerbit form Adm data penerbit
– Kota Terbit form Adm data kota terbit
– Rak form Adm data rak
Laporan menu Laporan perpustakaan
– Pustaka sub-menu Data-data pustaka
– – Pustaka laporan Mencetak daftar inventaris koleksi perpustakaan
– – Pustaka Terbaru laporan Mencetak koleksi pustaka terbaru menurut tanggal pembelian
– – Judul Pustaka Terbaru (C.1) laporan Mencetak judul pustaka baru menurut tanggal pembelian
– – Daftar Inventaris laporan Mencetak daftar inventaris pustaka per rak
– – Rekap Jumlah Pustaka laporan Mencetak jumlah pustaka
– – Rekap Jumlah Pustaka – By Jenis laporan Mencetak jumlah pustaka berdasarkan jenis
– – IOAMPH – Garuda Dikti laporan Membuat berkas csv sesuai dengan kebutuhan Portal Garuda
– Anggota dan Pengunjung sub-menu Data-data anggota dan pengunjung
– – Daftar Anggota laporan Mencetak daftar anggota
– – Lihat Anggota laporan Melihat anggota
– – Rekap Pengunjung laporan Mencetak rekap pengunjung
– Denda dan Keterlambatan sub-menu Data-data denda dan keterlambatan
– – Denda laporan Mencetak rekap denda
– – Pustaka Dipinjam laporan Mencetak pustaka yang masih dipinjam
– – Statistik Pinjaman laporan Mencetak statistik pinjaman
– – Rekap Sirkulasi laporan Mencetak rekap sirkulasi
– – Rekap Sirkulasi Gabung laporan Mencetak rekap sirkulasi gabungan
– Stock Opname sub-menu Data-data stock opname
– – Stock Opname – Eksemplar laporan Mencetak stock opname per eksemplar
– – Stock Opname – Rekap laporan Mencetak rekap stock opname
User menu Menu pengguna
– Ganti Password form Adm penggantian kata sandi
– Logout logout Keluar dari sistem
Bantuan pdf Buku panduan sistem
2.c.18. SIMPTT Pencarian Pustaka

simptt-pencarianpustaka SIMPTT Pencarian Pustaka adalah SIMPTT yang digunakan mencari koleksi pustaka yang ada di perpustakaan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-pencarianpustaka

2.c.19. SIMPTT Pengunjung Perpustakaan

simptt-pengunjungperpustakaan SIMPTT Pengunjung Perpustakaan adalah SIMPTT yang digunakan untuk mencatat pengunjung yang masuk ke perpustakaan. Pengguna tidak dapat melakukan pencatatan dari luar perpustakaan.

Alamat

http://sim.say.ac.id/simptt-pengunjungperpustakaan

2.d. Koneksi
  1. SIM Perpustakaan telah terhubung ke portal garuda DIKTI dengan 3180 judul dan 3087 lebih Abstrak (sumber: http://garuda.dikti.go.id/kontributor).
  2. SIM Perpustakaan telah terhubung secara online ke JogjaLib (http://www.jogjalib.com)
  3. SIM SPC sudah terhubung ke 3 Bank secara host to host
  4. Awan Kesehatan Muhammadiyah (http://www.awankesehatan.com)

Aksesibilitas tiap jenis data (Program Studi)

No. Jenis Data Sistem Pengelolaan Data
Secara Manual Dengan Komputer Tanpa Jaringan Dengan Komputer Melalui Jaringan Lokal (LAN) Dengan Komputer Melalui Jaringan Luas (WAN)
(1) (2) (3) (4) (5) (6)
1 Mahasiswa a?s
2 Kartu Rencana Studi (KRS) a?s
3 Jadwal mata kuliah a?s
4 Nilai mata kuliah a?s
5 Transkrip Akademik a?s
6 Lulusan a?s
7 Dosen a?s
8 Sistem kepegawaian a?s
9 Keuangan a?s
10 Inventaris a?s
11 Perpustakaan a?s
12 Penelitian a?s
13 Pengabdian kepada masyarakat a?s
Total Tanda Centang A=0 B=0 C=0 D=13
Keterangan:
  1. Data mahasiswa dapat diakses melalui simptt-mahasiswa dan sistem yang lain seperti simptt-akademik, simptt-sdm dan sistem yang lain. Data mahasiswa diolah di simptt-pmb dan simptt-kemahasiswaan.
  2. KRS dapat dilakukan secara online oleh mahasiswa melalui simptt-mahasiswa dengan syarat telah membayar SPP tetap di Bank yang telah ditunjuk secara host to host. Bagi mahasiswa semester akhir menggunakan KRS non paket, sedangkan bagi mahasiswa semester awal dan tengah menggunakan KRS paket. Data penawaran KRS ditetapkan oleh Bagian Akademik melalui simptt-akademik.
  3. Jadwal matakuliah dan transkrip akademik dapat diakses oleh mahasiswa melalui simptt-mahasiswa dan diolah melalui simptt-akademik dan simptt-laboratorium.
  4. Lulusan dimasukkan melalui simptt-akademik. Informasi lulusan dapat diakses melalui simptt-alumni.
  5. Menu untuk dosen dan sistem kepegawaian dapat diakses melalui simptt-sdm.
  6. Sistem keuangan dibagi menjadi dua, yaitu anggaran melalui simptt-keuangan dan SPC melalui simptt-spc.
  7. Sistem inventaris dibagi menjadi dua, yaitu inventaris umum melalui simptt-asset dan inventaris lab melalui simptt-inventlab
  8. Data perpustakaan diolah melalui simptt-perpustakaan
  9. Data penelitian dan pengabdian masy. diolah melalui simptt-bp3m

Aksesibilitas tiap jenis data (UPPSN)

Jenis Data Sistem Pengelolaan Data
Secara Manual Dengan Komputer Tanpa Jaringan Dengan Komputer Melalui Jaringan Lokal (LAN) Dengan Komputer Melalui Jaringan Luas (WAN)
(1) (2) (3) (4) (5)
1. Data Mahasiswa a?s
2. Kartu Rencana Studi (KRS) a?s
3. Jadwal mata ajar a?s
4. Nilai mata ajar a?s
5. Transkrip akademik a?s
6. Lulusan a?s
7. Dosen a?s
8. Pegawai a?s
9. Keuangan a?s
10. Inventaris a?s
11. Pembayaran SPP a?s
12. Perpustakaan a?s
Total Tanda Centang A=0 B=0 C=0 D=12
Keterangan:
  1. Data mahasiswa dapat diakses melalui simptt-mahasiswa dan sistem yang lain seperti simptt-akademik, simptt-sdm dan sistem yang lain. Data mahasiswa diolah di simptt-pmb dan simptt-kemahasiswaan.
  2. KRS dapat dilakukan secara online oleh mahasiswa melalui simptt-mahasiswa dengan syarat telah membayar SPP tetap di Bank yang telah ditunjuk secara host to host. Bagi mahasiswa semester akhir menggunakan KRS non paket, sedangkan bagi mahasiswa semester awal dan tengah menggunakan KRS paket. Data penawaran KRS ditetapkan oleh Bagian Akademik melalui simptt-akademik.
  3. Jadwal matakuliah dan transkrip akademik dapat diakses oleh mahasiswa melalui simptt-mahasiswa dan diolah melalui simptt-akademik dan simptt-laboratorium.
  4. Lulusan dimasukkan melalui simptt-akademik. Informasi lulusan dapat diakses melalui simptt-alumni.
  5. Menu untuk dosen dan sistem kepegawaian dapat diakses melalui simptt-sdm.
  6. Sistem keuangan dibagi menjadi dua, yaitu anggaran melalui simptt-keuangan dan SPC melalui simptt-spc.
  7. Sistem inventaris dibagi menjadi dua, yaitu inventaris umum melalui simptt-asset dan inventaris lab melalui simptt-inventlab
  8. SPP ditagihkan melalui simptt-spc, dilihat oleh mahasiswa melalui simptt-mahasiswa dan dibayarkan ke Bank yang telah ditunjuk melalui sistem host to host
  9. Data perpustakaan diolah melalui simptt-perpustakaan

Rencana pengembangan sistem informasi jangka panjang dan upaya pencapaiannya, serta kendala-kendala yang dihadapi

1. Rencana Pengembangan

Rencana pengembangan sistem informasi mengacu pada blue print TIK-SIM yaitu 1) Penyempurnaan aturan penggunaan teknologi informasi; 2) Pengembangan infrastruktur sistem informasi untuk kampus terpadu; 3) Pengembangan dan penyempurnaan Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT) dengan implementasi di seluruh unit kerja. Penyempurnaan SIMPTT dilakukan berdasarkan evaluasi implementasi SIMPTT dan revisi/perubahan prosedur seluruh bisnis proses di STIKES. STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta memiliki keinginan tinggi untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan secara keseluruhan dengan cara-cara efektif dan efisien, yaitu dengan menerapkan teknologi informasi secara sungguh-sungguh agar dapat memberikan manfaat maksimal (sukses), untuk itu diperlukan sebuah perencanaan atau kerangka pengembangan yang matang dalam bentuk perencanaan induk (cetak biru). Kerangka pengembangan TI yang dituangkan dalam Cetak Biru ini digunakan untuk masa pengembangan 4 tahun (2013-2016) karena perkembangan teknologi, baik perangkat lunak maupun perangkat keras, yang pesat dan rencana STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta menjadi Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Secara ringkas, cetak biru TI dapat dilihat pada ‘Mind Map dari Cetak Biru Pengembangan Teknologi Informasi STIKes ‘Aisyiyah 2013-2016’ di bawah ini.

BluePrintTI 2013 2016
BluePrintTI 2013 2016 (sumber: BluePrintTI 2013 2016)

Pengembangan TI didasarkan pada kebutuhan dan keinginan untuk memenuhi proses bisnis di STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta dengan didukung oleh komponen-komponen yang lain, sehingga diharapkan proses bisnis akan berjalan dengan efektif dan efisien. Proses bisnis diturunkan dari Visi, Misi dan Tujuan instusi. Untuk mencapai tujuan dibutuhkan rencana strategis dan rencana operasional yang tepat. Cetak Biru ini digunakan sebagai panduan pengembangan TI, baik perangkat lunak, perangkat keras, pengguna maupun regulasinya. Diharapkan TI menjadi salah satu unggulan dan rujukan bagi Perguruan Tinggi lain, meskipun STIKes ‘Aisyiyah merupakan Perguruan Tinggi Kesehatan.

1.a. Latar Belakang

Dewasa ini dunia sedang menghadapi tantangan berat akibat globalisasi. Berbagai masalah sebagai dampak globalisasi hanya dapat diatasi dengan solusi berbasis pengetahuan (knowledge-based solution). Kemampuan bersaing mengatasi berbagai masalah tersebut akan membuahkan keuntungan bagi pemenangnya. Tantangan yang mengedepankan semakin pentingnya pengetahuan (knowledge) sebagai pendorong utama pertumbuhan suatu bangsa, keadaan ini disebut dengan knowledge based economic. Daya saing suatu perguruan tinggi tidak bergantung lagi hanya pada fasilitas yang dimiliki, akan tetapi semakin bergantung pada sistem pengelolaanya. Kemajuan suatu perguruan tinggi ditentukan oleh faktor kepemimpinan, relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan internal, keberlanjutan, dan produktifitas. Pengembangan TI berarti mengembangkan perangkat keras, perangkat lunak, aksesibilitas, sumber daya, server, keamanan, mutu dan kebijakan. Pengembangan tersebut saling terkait antara satu dan lainnya untuk mencapai mutu yang terbaik. Namun, kondisi ideal bisa tidak tercapai apabila tidak mendapatkan dukungan dari Pimpinan dan pengelola STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta. Peningkatan mutu manajemen perguruan tinggi (terkait isu Leadership dan Internal Management) di STIKes -Aisyiyah Yogyakarta mencakup seluruh aspek manajemen pada setiap jenjang organisasi diperlukan untuk mendukung pengembangan TI. Aspek manajemen yang dimaksud termasuk manajemen sumberdaya (manusia, keuangan, sarana dan prasarana) dan mutu. STIKes -Aisyiyah Yogyakarta diharapkan untuk dikelola secara profesional dengan mengedepankan prinsip Good University Governance (GUG) atau Good College Governance (GCG), mengutamakan mutu pelayanan untuk stakeholder internal yaitu mahasiswa, dosen dan karyawan, dan akuntable terhadap stakeholder eksternal. Disamping itu, pengelola pada setiap jenjang organisasi di STIKes -Aisyiyah Yogyakarta perlu memiliki kemampuan manajemen yang memadai. Pengembangan ini dilakukan untuk mewujudkan:

  1. Sistem pelayanan yang memuaskan bagi stakeholder.
  2. Sistem pengelolaan yang efektif dan efisien.
  3. Akademik atmosfer yang kondusif.
  4. Proses belajar dan pembelajaran yang efektif dan efisien.
  5. Sistem pengambilan keputusan yang cepat, tepat, dan akurat.
  6. Sistem pelaporan yang akuntabel dan transparan.
  7. Sistem komunikasi yang efektif dan efisien.
  8. Citra STIKes -Aisyiyah sebagai intitusi berteknologi tinggi.
1.b. Asas Pengembangan

Asas pengembangan TI digunakan sebagai pertimbangan utama dalam mengembangkan TI, yaitu:

  1. Manfaat Pengembangan TI didasarkan pada nilai manfaat pada seluruh pihak yang terkai (stake holder)
  2. Produktif Pengembangan TI dilaksanakan dengan mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas, baik dalam proses pengembangan, implementasinya maupun dampak penggunaannya
  3. Terbuka Pengembangan TI berorientasi pada pelayanan informasi kepada stake holder sebagai sarana untuk mewujudkan akuntabilitas
  4. Valid Pengembangan TI sebagai sarana pengelolaan data dan informasi yang lengkap, akurat dan mutakhir
  5. Aman Pengembangan TI memperhatikan privasi data, keamanan fisik dan keamanan logik.
  6. Legal Pengembangan TI memperhatikan aspek legal-formal seluruh komponen yang digunakan, baik perangkat lunak maupun perangkat keras yang digunakan
  7. Kemudahan akses Pengembangan TI sebagai sarana akses informasi yang mudah didapatkan dengan sarana yang dimiliki oleh pengguna
  8. Sinergi Pengembangan TI dilaksanakan dengan saling memanfaatkan sistem lain dan sumber daya yang ada
  9. Integrasi Pengembangan TI sebagai sarana pengelolaan data dan informasi yang terpadu sehingga proses bisnis dapat berjalan dengan edektif dan efisien, serta dapat memberi data yang cepat untuk mendukung pengambilan keputusan
  10. Ketersediaan Tinggi Pengembangan TI selayaknya memperhatikan ketersediaan yang tinggi akan SI dan perangkat pendukungnya mengingat akan tingginya ketergantungan terhadap TI untuk mendukung proses yang ada di STIKes ‘Aisyiyah
  11. Mutu Pengembangan TI harus terus berkualitas sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta
1.c. Strategi

Strategi yang digunakan untuk pengembangan TI adalah berdasarkan kebutuhan, kemampuan dan tujuan, yaitu:

  1. Penggalian data untuk menentukan kebutuhan yang sebenarnya
  2. Menata perangkat aturan untuk mendukung proses pembuatan atau untuk mendukung suatu proses bisnis
  3. Pengukuran kemampuan, baik finansial maupun sumber daya lain, kemudian memperkirakan kemungkinan pengembangan kemampuan, misal: dengan pelatihan untuk kemampuan sumber daya manusia, merekrut pegawai untuk ketersediaan sumber daya manusia, dan sebagainya
  4. Pencarian informasi mengenai alternatif-alternatif sistem yang hendak dikembangkan
  5. Memanfaatkan teknologi dan perangkat yang ada dengan optimal
  6. Mengembangkan sistem yang mudah dijangkau, simpel, efektif, efisien dan handal
  7. Meningkatkan peran serta stakeholder, dunia usaha dan pemerintah
2. Upaya Pencapaian

Upaya pencapaian rencana jangka panjang dituangkan dalam rencana strategis STIKES 2012-2016, yang selanjutnya dituangkan ke dalam rencana operasional tahunan. Pencapaian dilakukan secara bertahap dengan menentukan indikator kinerja tahunan. STIKES mempunyai komitmen kuat dalam pengembangan sistem informasi, dengan ketersediaan dana yang sangat memadai.

3. Kendala

Kendala yang pernah dihadapi dalam pengembangan sistem informasi adalah kompetensi SDM dalam penggunaan TIK beragam karena proses adaptasi sistem manual ke elektronik. Kendala ini diatasi dengan penyelenggaraan pelatihan penggunaan teknologi TIK, sehingga kompetensi SDM tidak lagi menjadi kendala dalam pengembangan sistem informasi.

One thought on “BAN PT Standar 6 TA 2014-2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.