Categories
Dokumentasi Wordpress Series

Block Pattern Guternberg, Template Penulisan Berita atau Artikel di WordPress

Aturan atau gaya selingkungan penulisan artikel di WordPress akan lebih baik jika diimplementasikan dalam bentuk template langsung di WordPress, tidak hanya dalam bentuk artikel/buku panduan. Block Pattern Gutenberg digunakan untuk mewujudkan hal tersebut.

Anda pengguna Blogspot/Blogger Google? Ikuti petunjuk di sini.

Anda pengguna wordpress.com? Ikuti petunjuk di sini.

Daftar Isi

Block Pattern Gutenberg (pattern) adalah template desain yang dibuat dari kombinasi blok Gutenberg. Mudahkan penulisan dengan fitur ini. Selamat tinggal buka-buka gaya selingkung saat menulis Pos di WordPress.

— Block Pattern Guternberg, Template Penulisan Berita atau Artikel di Wordpress
https://pdsi.unisayogya.ac.id/block-pattern-guternberg-template-penulisan-berita-atau-artikel-di-wordpress/ 2021-01-16 14:26:21

The Gutenberg project is the new Editor Interface for WordPress. The editor improves the process and experience of creating new content, making writing rich content much simpler. It uses ‘blocks’ to add richness rather than shortcodes, custom HTML etc.

https://wordpress.org/gutenberg/

Gutenberg block patterns (or simply, block patterns) are predefined layouts made up of regular Gutenberg blocks. The block patterns act just like regular blocks, meaning that you can edit them after you insert them.

https://www.bluehost.com/blog/what-are-gutenberg-block-patterns-in-wordpress-and-how-to-use-them/

Reusable Block

Reusable blocks were designed to be a time-saving feature that allows users to save a block or group of blocks for use on other posts or pages. They can be edited but they have a certain distinction in that they are intended to look the same in all places they are used. Any changes made to a reusable block will apply to all instances of the block wherever it is used.

https://wptavern.com/convert-reusable-blocks-to-block-patterns-with-1-click

Memasang Plugin

Sebelum bisa untuk membuat pattern pada Gutenberg (setidaknya sampai 16 Januari 2021), maka admin harus memasang plugin untuk block patterns, contohnya Block Patterns Builder oleh Justin Tadlock

memasang plugin block pattern
memasang plugin block pattern

Membuat Block Pattern

  1. Membuat atau mengubah block pattern konsepnya sama dengan pos atau laman, hanya berbeda menunya saja
  2. Untuk membuat block pattern, buka menu Block Patterns, kemudian pilih New Pattern. Untuk mengubah block pattern, buka menu Block Patterns, kemudian klik Edit pada block pattern yang ingin diubah.
    membuat atau mengubah block pattern
  3. Isi/ubah judul dari block pattern, kemudian ubah isi dari block pattern sesuai dengan rancangan, sama seperti membuat isi di pos maupun laman. Tekan tombol Publish atau Update untuk menyimpan.
    block pattern header berita

Merancang dan Memasang Block Pattern

  1. Buat rancangan template
    rancangan template
  2. Buka wordpress dan berkas rancangan (misalnya buka Word rancangan)
  3. Drag and drop jendela wordpress ke bagian paling kiri dari layar, kemudian pilih berkas rancangan agar dapat tampil di sebelah kanannya. Posisikan kursor di tengah-tengah dua jendela tersebut dan diklik, kemudian di geser ke kanan agar tampilan wordpress lebih besar.membuat jendela bersampingan
  4. Tentukan komponen-komponen template yang sering digunakan, kemudian masing-masing dibuat block pattern
    1. Header berita
      block pattern header berita
    2. Kutipan langsung
    3. Kutipan tidak langsung
      block pattern kutipan tidak langsung
  5. Buat block pattern dari masing-masing template yang telah dirancang
    1. Posisikan kursor, kemudian klik tombol +, buka tab Patterns, ubah kategori menjadi Uncategorized.
      langkah awal memasang block pattern
    2. Klik pada block pattern yang akan dipasang atau dapat dilakukan dengan cara drag and drop. Atur sesuai dengan rancangan template. Tambahkan blok lain atau sesuaikan block pattern yang telah ditambahkan sesuai dengan rancangan.
      memasang block pattern

Mensiasati WordPress.com

Pada paket premium, personal dan gratis wordpress.com, penulis tidak dapat memasang plugin, tetapi ada fasilitas salin pos dan code editor. Penulis dapat menggunakan salah satu fasilitas tersebut untuk membuat template penulisan.

|-Salin Pos

  1. Buat sebuah pos dengan judul diawali dengan kata template, simpan sebagai draft.
  2. Apabila akan menulis pos baru, salin dari salah satu template yang telah dibuat.
    salin pos

|-Code Editor

  1. Membuat template
    1. Buat pos baru
    2. Rancang template pada pos baru tersebut
    3. Buka menu options (titik tiga di pojok kanan atas), kemudian pilih Code editor. Salin semua isi pos ke editor teks, seperti notepad, Ms Word, Libre Office Writer dan sebagainya
      code editor
    4. Kembalikan ke mode Visual editor. Keluar dari pos tanpa menyimpan.
  2. Menulis menggunakan template
    1. Buka berkas template
    2. Buat pos baru. Aktifkan mode Code editor.
    3. Salin template dari berkas ke pos. Kembalikan ke mode Visual editor.

Contoh Template

|-Contoh Artikel

___________ jelaskan judul dengan singkat 2-3 kalimat dengan kata kunci dari judul berada di kalimat tersebut, baik dalam satu kalimat maupun terpisah. Misalnya judulnya: Green Campus Sebagai Penerapan SDGs. Misalnya kalimatnya: SDGs merupakan seperangkat tujuan, sasaran, dan indikator pembangunan yang berkelanjutan yang bersifat universal. Konsep Green Campus linier dengan tujuan clean water and sanitation, affordable and clean energy dan climate action.

_________ tulis sub judul atau ringkasan judul dengan menyertakan kata kunci dari judul

_________tulis 2 kalimat ringkasan sebagai pengantar, why (mengapa), who (siapa), when (kapan), where (di mana), how much (seberapa banyak) ___________ tulis badan tulisan. 1 paragraf terdiri atas 2-3 kalimat. how (bagaimana), what (apa) ___________ tulis ekor tulisan (penutup)

|-Contoh Berita

___________ jelaskan judul dengan singkat 2-3 kalimat dengan kata kunci dari judul (biasanya merupakan tema kegiatan) berada di kalimat tersebut, baik dalam satu kalimat maupun terpisah. Misalnya judulnya: Green Campus Sebagai Penerapan SDGs. Misalnya kalimatnya: SDGs merupakan seperangkat tujuan, sasaran, dan indikator pembangunan yang berkelanjutan yang bersifat universal. Konsep Green Campus linier dengan tujuan clean water and sanitation, affordable and clean energy dan climate action.

_________ tulis sub judul atau ringkasan judul dengan menyertakan kata kunci dari judul

Fakultas/Program Studi/Biro/Unit ______________ (______________tulis singkatannya jika ada) Nama Perguruan Tinggi (Singkatan) Kota menyelenggarakan seminar/webinar/worshop/acara dengan tema ___________________________ tulis tema dengan menyertakan tag dari judul.  Kegiatan  ini dilangsungkan di ____________ pada ___________tulis hari (__/__/____tulis tanggal/bulan/tahun dengan angka). "_________tulis 2 kalimat dari yang berbicara yang dikutip secara langsung", kata __________, _____________nama lengkap, tulis jabatannya _____Tulis nama awal yang berbicara menambahkan bahwa _____tulis 2 kalimat dari berbicara yang dikutip secara tidak langsung langsung, berupa para frase. _____Tulis informasi lainnya, satu paragraf 2-3 kalimat Kegiatan seminar/webinar/workshop ini diikuti para peserta dengan antusias dari awal sampai dengan selesai.

Demikian, semoga bermanfaat. [bst]

By basit

Biro Pengembangan Teknologi Dan Sistem Informasi

2 replies on “Block Pattern Guternberg, Template Penulisan Berita atau Artikel di WordPress”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.