berita

Launching Brand say.ac.id

basit.adhi.prabowo
basit.adhi.prabowo

Pra Kata

STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta (SAY) adalah Perguruan Tinggi Kesehatan yang berada di Yogyakarta. SAY memiliki visi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan terbaik di Indonesia pada Tahun 2016. Untuk lebih mencapai visi tersebut, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh SAY adalah membuat orang memiliki mindset bahwa Sekolah Kesehatan ya di SAY. Bagaimana membuat orang memiliki mindset tersebut? International Office and Public Relation (IOPR) SAY atas persetujuan Pimpinan SAY membuat sebuah brand yang mudah diingat, yaitu SAY (STIKes ‘Aisyiyah Yogyakarta). Brand ini sengaja dibuat agar SAY lebih dikenal, tidak hanya di dalam negeri tetapi sampai luar negeri, karena saat ini SAY sudah bekerja sama dengan beberapa Unversitas atau Institusi di luar negeri.

Branding say.ac.id

IOPR SAY bekerjasama dengan Bagian Pengembangan Teknologi Informasi (BPTI) SAY membuat domain say.ac.id untuk menggantikan domain stikesaisyiyah.ac.id, setelah sebelumnya juga menggunakan domain stikes-aisyiyah-jogja.ac.id. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung brand SAY itu sendiri. Saat ini, say.ac.id memiliki beberapa fasilitas, yakni:

  1. sim.say.ac.id, berisi Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi SAY, antara lain: mahasiswa, akademik, perpustakaan, keuangan, kemahasiswaan, dan sebagainya
  2. elearning.say.ac.id, berisi pembelajaran elektronik SAY
  3. www.say.ac.id, merupakan web utama (web resmi) SAY
  4. mail.say.ac.id, merupakan surat elektronik SAY
  5. Subdomain lainnya, yaitu subdomain unit dan prodi SAY

Branding SAY yang dilakukan Dosen dan Karyawan

Branding melalui mail.say.ac.id

Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh Dosen dan Karyawan SAY dalam menyebarluaskan brand SAY adalah melalui E-mail SAY yang diberikan kepada masing-masing personal, misalnya: basit@say.ac.id, anggoro.dhono@say.ac.id, dan sebagainya. Selain bertujuan untuk mengenalkan SAY, E-mail SAY ini juga bertujuan untuk memberikan kepercayaan kepada penerima E-mail, coba bandingkan basit@say.ac.id dengan basit.adhi@gmail.com, mana yang lebih dipercaya. E-mail SAY ini dapat digunakan antara lain:

  1. Komunikasi Profesional, misalnya melakukan kontak dengan dosen lain, komunikasi dengan pejabat, dan sebagainya
  2. Mengisi aplikasi, misalnya pada isian formulir terdapat kolom isian email, maka kolom isian tersebut diisi dengan E-mail SAY dari dosen atau karyawan yang bersangkutan
  3. Profil online (sama dengan mengisi aplikasi), misalnya pada facebook, linkedIn, dan sebagainya
  4. Tanda tangan (signature), maksudnya adalah meninggalkan informasi tentang E-mail SAY atau web SAY pada setiap tulisan atau pesan, seperti pada gambar di bawah ini:

    signature
    signature

Akses mail.say.ac.id

Untuk mengakses mail.say.ac.id dapat dilakukan seperti pada mind map di bawah ini:

akses mail.say.ac.id
akses mail.say.ac.id

Apabila Dosen dan Karyawan ingin membaca atau menulis email menggunakan mail.say.ac.id berbasis web, maka ikuti langkah berikut ini:

  1. Membuka browser, misalnya: mozilla firefox, google chrome, opera, safari dan sebagainya
  2. Ketikkan alamat mail.say.ac.id pada address bar
  3. Masukkan username dan password, kemudian klik tombol Login