Categories
Berita PDSI

Melek Digital di Era Digital

Kita sekarang hidup di era digital, era di mana informasi disimpan dan didistribusikan dalam bentuk digital. Sebagai orang yang hidup di era digital tentu saja kita harus mau melek dan beradaptasi dengan penggunaan teknologi digital ini, sebagaimana apabila kita hidup di jaman batu maka kita harus bisa menggunakan teknologi berbasis batu. Digital membuat segala sesuatu lebih mudah.

Mobile network photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Satuan terkecil dari digital adalah bit, yaitu kombinasi 1 dan 0. Ukuran lain dalam dunia digital adalah pixel untuk gambar yang dapat dianalogikan sebagai satu kotak dalam strimin/kristik atau lantai keramik.

https://i.pinimg.com/originals/b0/c8/1f/b0c81f872f98bb0054c1da95b19c3027.jpg
Contoh kristik (https://i.pinimg.com/originals/b0/c8/1f/b0c81f872f98bb0054c1da95b19c3027.jpg)

Daftar Isi

Melek Digital

Salah satu tips agar lebih aman di era digital adalah ojo gumunan ojo kagetan ojo dumeh (jangan mudah terkesima jangan mudah kaget dan jangan mentang-mentang).

— Melek Digital di Era Digital
https://pdsi.unisayogya.ac.id/melek-digital-di-era-digital/ 2022-04-14 14:04:28

Kemajuan pesat era digital dimulai sejak ditemukannya komputer dan internet, sehingga era digital tidak dapat dilepaskan dari komputer dengan berbagai bentuknya, termasuk kalkulator dan gawai/smartphone. Komputer dapat memproses dan mentransfer data dengan cepat, serta kecenderungan media simpan sekarang ini semakin besar daripada waktu-waktu yang lalu.

Keberadaan gawai membuat segala sesuatu lebih pribadi. Bank, toko, sekolah, perpustakaan dan lainnya ada di genggaman.

Pembayaran dapat dilakukan dengan mudah, dalam hitungan detik saja uang dapat berpindah dari satu rekening ke rekening yang lain. Pembayaran cashless selain dengan transfer antar bank dan/atau dompet digital dapat dilakukan juga dengan QRIS.

Komunikasi dapat dilakukan dengan murah dan dapat menjangkau seluruh pelosok, tidak hanya antar individu, tetapi dapat dilakukan berkelompok/grup.

Pembelajaran juga dapat dilakukan dengan mudah dan bebas. Pembelajaran berbasis digital dapat juga digunakan untuk melakukan simulasi menggunakan model dari dunia nyata.

By basit

Biro Pengembangan Teknologi Dan Sistem Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.