Categories
Wordpress Series

Menulis Pos di Blogger Dengan Template SEO via Email

Aturan atau gaya selingkungan penulisan artikel di Blogger/Blogspot Google akan lebih baik jika diimplementasikan dalam bentuk template, tidak hanya dalam bentuk artikel/buku panduan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur template pada Gmail berbasis web, sehingga penulisan pos dilakukan via email.

Anda pengguna WordPress yang dipasang sendiri? Ikuti petunjuk di sini.

Anda pengguna wordpress.com? Ikuti petunjuk di sini.

Daftar Isi

Menulis Blogger Dengan Template SEO

Bisa lho membuat tulisan baru di Blogger dengan Template. Mudahkan penulisan dengan fitur ini. Selamat tinggal buka-buka gaya selingkung saat menulis Pos di Blogger.

— Menulis Pos di Blogger Dengan Template SEO via Email
https://pdsi.unisayogya.ac.id/menulis-pos-di-blogger-dengan-template-seo-via-email/ 2022-06-10 13:58:17

Pertama, buka Gmail menggunakan laptop/PC, kemudian tulis sebuah email baru (klik Compose atau Tulis).

Kedua, buka more options atau opsi lainnya, yaitu titik tiga vertikal yang berada di sebelah kanan bawah dari editor email.

Ketiga, pilih menu Templates, kemudian pilih nama template yang hendak dimasukkan.

Beri judul tulisan pada subjek email (jangan menulis alamat email di judul) dan tulis blog pada badan email sesuai dengan petunjuk yang ada di template. Kirim ke alamat email dari blog Anda.

Belum ada template? Yuk, kita buat.

Aktivasi Menulis via Email (pada Blogger)

Fitur menulis pos di blog via email tidak aktif secara otomatis, sehingga perlu untuk diaktifkan.

Pertama, buka menu settings atau setelan.

Kedua, pada bagian Email, pilih menu Post using email atau Posting menggunakan email.

Ketiga, aktifkan Immediately publish email atau Segera publikasikan email, kemudian masukkan alamat email yang digunakan untuk menerima tulisan agar secara otomatis dibuatkan tulisan pos baru di blog.

Cukup? Belum, masih ada satu langkah lagi untuk membuat template di Gmail.

Membuat Template SEO (pada Gmail)

|-Mengaktifkan fitur Template di Gmail

Buka Gmail menggunakan laptop/PC. Buka pengaturan (logo gerigi), kemudian pilih See all settings atau Lihat semua setelan

Buka tab Advanced atau Lanjutan, kemudian pilih Enable atau Aktifkan pada Templates. Simpan.

|-Membuat Template di Gmail

Buat email baru, seperti biasanya membuat email, yaitu klik Compose atau Tulis.

Buat template atau gunakan dua contoh di bawah pada badan email.

Buka more options atau opsi lainnya, yaitu titik tiga vertikal yang berada di sebelah kanan bawah dari editor email. Pilih menu Templates > Save draft as template > Save as new template. Pada saat menyimpan, berikan alamat email blogger tadi di akhir, agar kita tidak lupa alamatnya ketika hendak mengirimkan tulisan baru.

Contoh Template

|-Contoh Artikel

___________ jelaskan judul dengan singkat 2-3 kalimat dengan kata kunci dari judul berada di kalimat tersebut, baik dalam satu kalimat maupun terpisah. Misalnya judulnya: Green Campus Sebagai Penerapan SDGs. Misalnya kalimatnya: SDGs merupakan seperangkat tujuan, sasaran, dan indikator pembangunan yang berkelanjutan yang bersifat universal. Konsep Green Campus linier dengan tujuan clean water and sanitation, affordable and clean energy dan climate action.

_________ tulis sub judul atau ringkasan judul dengan menyertakan kata kunci dari judul

_________tulis 2 kalimat ringkasan sebagai pengantar, why (mengapa), who (siapa), when (kapan), where (di mana), how much (seberapa banyak) ___________ tulis badan tulisan. 1 paragraf terdiri atas 2-3 kalimat. how (bagaimana), what (apa) ___________ tulis ekor tulisan (penutup) #end

|-Contoh Berita

___________ jelaskan judul dengan singkat 2-3 kalimat dengan kata kunci dari judul (biasanya merupakan tema kegiatan) berada di kalimat tersebut, baik dalam satu kalimat maupun terpisah. Misalnya judulnya: Green Campus Sebagai Penerapan SDGs. Misalnya kalimatnya: SDGs merupakan seperangkat tujuan, sasaran, dan indikator pembangunan yang berkelanjutan yang bersifat universal. Konsep Green Campus linier dengan tujuan clean water and sanitation, affordable and clean energy dan climate action.

_________ tulis sub judul atau ringkasan judul dengan menyertakan kata kunci dari judul

Fakultas/Program Studi/Biro/Unit ______________ (______________tulis singkatannya jika ada) Nama Perguruan Tinggi (Singkatan) Kota menyelenggarakan seminar/webinar/worshop/acara dengan tema ___________________________ tulis tema dengan menyertakan tag dari judul.  Kegiatan  ini dilangsungkan di ____________ pada ___________tulis hari (__/__/____tulis tanggal/bulan/tahun dengan angka). "_________tulis 2 kalimat dari yang berbicara yang dikutip secara langsung", kata __________, _____________nama lengkap, tulis jabatannya _____Tulis nama awal yang berbicara menambahkan bahwa _____tulis 2 kalimat dari berbicara yang dikutip secara tidak langsung langsung, berupa para frase. _____Tulis informasi lainnya, satu paragraf 2-3 kalimat Kegiatan seminar/webinar/workshop ini diikuti para peserta dengan antusias dari awal sampai dengan selesai. #end

Demikian, semoga bermanfaat. [bst]

Sumber:

By basit

Biro Pengembangan Teknologi Dan Sistem Informasi

2 replies on “Menulis Pos di Blogger Dengan Template SEO via Email”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.