Skip to main content
PMB UNISA
simaku

SIMPTT Keuangan / SIMAKU

SIMAKU

SIMAKU adalah Sistem Informasi Keuangan dan Akuntansi, sebuah sistem yang digunakan untuk merancang Visi Universitas/Unit, Misi Universitas/Unit, Tujuan Universitas/Unit, Sasaran Strategi Universitas, Indikator Utama/Sasaran Mutu Universitas/Unit, Rencana Program, Anggaran dan Belanja; serta melakukan proses pencairan dan pelaporan keuangan (Keuangan Berbasis Kinerja di Perguruan Tinggi). Sistem ini merupakan perangkat lunak yang dibuat oleh pihak ketiga, tetapi sudah diambil alih dan dikembangkan oleh UNISA.

Bahasa PemrogramanPHP
MediaWeb (internet/WAN)
FrameworkCode Igniter
Server AplikasiApache
Server Basis DataMySQL

Alamat

https://simaku.unisayogya.ac.id

Menu SIMAKU

MenuTipeKeterangan
Pengaturanmenu
– Visi – Misiform
– Manajemen Risikoformon progress
– Proses Bisnis – Kegiatanformterkait dengan indikator kinerja dan manajemen risiko
– Ubah User – Passform
Keluaranmenu
– Informasi Paguform
– Rekap Berbasis Fungsiform
– Rekap Berbasis Sifatform
– Rekap Berbasis Fungsi-Sifatform
Penatausahaanmenu
– Pengajuan SPPform

Contoh Tampilan

penyusunan vmt
penyusunan vmt

 

penyusunan program
penyusunan program

 

laporan rencana kegiatan dan anggaran
laporan rencana kegiatan dan anggaran

 

rekap berbasis fungsi
rekap berbasis fungsi

SIMPTT (Versi Lama)

Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT) adalah sebuah sistem untuk memasukkan dan mengolah data untuk menjadi sebuah informasi untuk kegiatan manajemen di Perguruan Tinggi yang terdiri dari beberapa sistem informasi yang datanya tersimpan ke dalam sebuah basis data dan saling terhubung satu sama lain.

Bahasa PemrogramanJava
MediaWeb (internet/WAN)
FrameworkZK
Server AplikasiTomcat
Server Basis DataMysql

Alamat

http://sim.unisayogya.ac.id/simptt-keuanganv2

Pengembangan SIMPTT

Pengembangan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT) yang terdiri dari modul core system dan modul supporting system berbasis web yang terkoneksi ke internet (akses melalui WAN). Oleh karena itu, SIMPTT ini mudah diakses di mana saja, kapan saja dan melalui perangkat apa saja. Pengguna dapat mengakses SIMPTT dari komputer kantor, komputer rumah, warung internet, melalui smart phone, melalui notebook / laptop, dari lingkungan Perguruan Tinggi, dari luar Perguruan Tinggi dan sebagainya. Dengan SIMPTT ini maka sivitas akademika dan stake holder memiliki kemudahan dalam mengakses data-data akademik maupun data-data lain terkait melalui sistem informasi yang tersedia. Beberapa hal yang di dapat dengan pengembangan SIMPTT ini antara lain berkurangnya kerangkapan data (redundansi data), memudahkan proses pembaruan data, memudahkan proses memasukkan data, meningkatkan kualitas akses, kualitas informasi (accuracy, relevancy dan timeliness) dan meningkatkan keamanan data (hak akses akan dibagi sampai dengan hak akses aplikasi).

SIMPTT Keuangan

SIMPTT Keuangan adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses penganggaran dan kinerja unit, serta fitur keuangan, seperti perjurnalan dan sebagainya.

Menu SIMPTT Keuangan

MenuTipeKeterangan
UsermenuMenu pengguna
– LogoutlogoutKeluar dari sistem
– BantuanpdfBuku panduan sistem
Penyusunan Anggaran (Tahap 1-4)menuData-data penyusunan anggaran
– Tahap 1. Penyusunan Visi-MisiformAdm data visi dan misi
– Tahap 2. Penyusunan Rencana Kegiatan (RK)formAdm data rencana kegiatan unit
– Tahap 3. Penyusunan Detil Pendapatan Kegiatan (Transitoris)formAdm data pendapatan kegiatan transitoris
– Tahap 4. Penyusunan Detil Biaya Kegiatan (RK Rinci)formAdm data biaya kegiatan
Penyusunan Ajuan SPP (Tahap 5-7)menuData-data realisasi anggaran
– Tahap 5. Input Realisasi Pendapatan Transitoris — under constructionform(menunggu aturan)
– Tahap 6. Pengajuan SPP (sampai pencairan dana)form/laporanAdm SPP dan pencairan dana
– Tahap 7. Penyusunan SPJ — under constructionform(menunggu aturan)
View dan LaporanmenuLaporan rencana kegiatan
– View-Total PagulaporanMelihat data total pagu
– View-Rekap Rencana KegiatanlaporanMelihat data rencana kegiatan
– Laporan Type 1laporanMencetak data rencana kegiatan
– Laporan Type 2 — under constructionlaporan(menunggu aturan)
OtoritasmenuData-data otoritas keuangan
– Pra-Anggaransub-menuData sebelum proses penganggaran
– – Setting Pendapatan (Pagu)formAdm pendapatan sebagai dasar pagu
– – Setting PaguformAdm pagu
– – Laporan Pendapatan (Pagu)laporanMencetak data pendapatan sebagai dasar pagu
– – Laporan PagulaporanMencetak data pagu
– Penyusunan Anggaransub-menuData proses penganggaran
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua UnitlaporanMencetak data rencana kegiatan
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua Unit + DeskripsilaporanMencetak data rencana kegiatan dan deskripsinya
– – Cek AnggaranlaporanMelihat data anggaran yang melebihi pagu
– – Set Tutup Anggaran / Buka AnggaranformMenutup atau membuka anggaran
– – Laporan Anggaran Berbasis Mata AnggaranlaporanMencetak data anggaran menurut mata anggaran
– – Laporan Anggaran Berbasis Mata RekeninglaporanMencetak data anggaran menurut mata rekening
– Pemanfaatan Anggaransub-menuData setelah proses penganggaran
– – Surat Perintah Mencairkan (SPM)formAdm perintah mencairkan dana
– Penyusunan Anggaran (BPH)sub-menuMenu khusus BPH
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua UnitlaporanMencetak data rencana kegiatan
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua Unit + DeskripsilaporanMencetak data rencana kegiatan dan deskripsinya
– – Cek AnggaranlaporanMelihat data anggaran yang melebihi pagu
KasirmenuData-data kasir
– Pencairan DanaformAdm pencairan dana
– Bukti Kas MasukformAdm bukti kas masuk
– Bukti Kas KeluarformAdm bukti kas keluar
– Opname PecahanformAdm uang pecahan
AkuntansimenuData-data akuntansi
– PenjurnalanformAdm jurnal keuangan
– Buku BesarlaporanMencetak buku besar
– NeracalaporanMencetak neraca
– Laba RugilaporanMencetak laba rugi