Skip to main content
PMB UNISA
simaku

SIMPTT Keuangan / SIMAKU

SIMAKU

SIMAKU adalah Sistem Informasi Keuangan dan Akuntansi, sebuah sistem yang digunakan untuk merancang Visi Universitas/Unit, Misi Universitas/Unit, Tujuan Universitas/Unit, Sasaran Strategi Universitas, Indikator Utama/Sasaran Mutu Universitas/Unit, Rencana Program, Anggaran dan Belanja; serta melakukan proses pencairan dan pelaporan keuangan (Keuangan Berbasis Kinerja di Perguruan Tinggi). Sistem ini merupakan perangkat lunak yang dibuat oleh pihak ketiga, tetapi sudah diambil alih dan dikembangkan oleh UNISA.

Bahasa Pemrograman PHP
Media Web (internet/WAN)
Framework Code Igniter
Server Aplikasi Apache
Server Basis Data MySQL

Alamat

https://simaku.unisayogya.ac.id

Menu SIMAKU

Menu Tipe Keterangan
Pengaturan menu
– Visi – Misi form
– Manajemen Risiko form on progress
– Proses Bisnis – Kegiatan form terkait dengan indikator kinerja dan manajemen risiko
– Ubah User – Pass form
Keluaran menu
– Informasi Pagu form
– Rekap Berbasis Fungsi form
– Rekap Berbasis Sifat form
– Rekap Berbasis Fungsi-Sifat form
Penatausahaan menu
– Pengajuan SPP form

Contoh Tampilan

penyusunan vmt
penyusunan vmt

 

penyusunan program
penyusunan program

 

laporan rencana kegiatan dan anggaran
laporan rencana kegiatan dan anggaran

 

rekap berbasis fungsi
rekap berbasis fungsi

SIMPTT (Versi Lama)

Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT) adalah sebuah sistem untuk memasukkan dan mengolah data untuk menjadi sebuah informasi untuk kegiatan manajemen di Perguruan Tinggi yang terdiri dari beberapa sistem informasi yang datanya tersimpan ke dalam sebuah basis data dan saling terhubung satu sama lain.

Bahasa Pemrograman Java
Media Web (internet/WAN)
Framework ZK
Server Aplikasi Tomcat
Server Basis Data Mysql

Alamat

http://sim.unisayogya.ac.id/simptt-keuanganv2

Pengembangan SIMPTT

Pengembangan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT) yang terdiri dari modul core system dan modul supporting system berbasis web yang terkoneksi ke internet (akses melalui WAN). Oleh karena itu, SIMPTT ini mudah diakses di mana saja, kapan saja dan melalui perangkat apa saja. Pengguna dapat mengakses SIMPTT dari komputer kantor, komputer rumah, warung internet, melalui smart phone, melalui notebook / laptop, dari lingkungan Perguruan Tinggi, dari luar Perguruan Tinggi dan sebagainya. Dengan SIMPTT ini maka sivitas akademika dan stake holder memiliki kemudahan dalam mengakses data-data akademik maupun data-data lain terkait melalui sistem informasi yang tersedia. Beberapa hal yang di dapat dengan pengembangan SIMPTT ini antara lain berkurangnya kerangkapan data (redundansi data), memudahkan proses pembaruan data, memudahkan proses memasukkan data, meningkatkan kualitas akses, kualitas informasi (accuracy, relevancy dan timeliness) dan meningkatkan keamanan data (hak akses akan dibagi sampai dengan hak akses aplikasi).

SIMPTT Keuangan

SIMPTT Keuangan adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses penganggaran dan kinerja unit, serta fitur keuangan, seperti perjurnalan dan sebagainya.

Menu SIMPTT Keuangan

Menu Tipe Keterangan
User menu Menu pengguna
– Logout logout Keluar dari sistem
– Bantuan pdf Buku panduan sistem
Penyusunan Anggaran (Tahap 1-4) menu Data-data penyusunan anggaran
– Tahap 1. Penyusunan Visi-Misi form Adm data visi dan misi
– Tahap 2. Penyusunan Rencana Kegiatan (RK) form Adm data rencana kegiatan unit
– Tahap 3. Penyusunan Detil Pendapatan Kegiatan (Transitoris) form Adm data pendapatan kegiatan transitoris
– Tahap 4. Penyusunan Detil Biaya Kegiatan (RK Rinci) form Adm data biaya kegiatan
Penyusunan Ajuan SPP (Tahap 5-7) menu Data-data realisasi anggaran
– Tahap 5. Input Realisasi Pendapatan Transitoris — under construction form (menunggu aturan)
– Tahap 6. Pengajuan SPP (sampai pencairan dana) form/laporan Adm SPP dan pencairan dana
– Tahap 7. Penyusunan SPJ — under construction form (menunggu aturan)
View dan Laporan menu Laporan rencana kegiatan
– View-Total Pagu laporan Melihat data total pagu
– View-Rekap Rencana Kegiatan laporan Melihat data rencana kegiatan
– Laporan Type 1 laporan Mencetak data rencana kegiatan
– Laporan Type 2 — under construction laporan (menunggu aturan)
Otoritas menu Data-data otoritas keuangan
– Pra-Anggaran sub-menu Data sebelum proses penganggaran
– – Setting Pendapatan (Pagu) form Adm pendapatan sebagai dasar pagu
– – Setting Pagu form Adm pagu
– – Laporan Pendapatan (Pagu) laporan Mencetak data pendapatan sebagai dasar pagu
– – Laporan Pagu laporan Mencetak data pagu
– Penyusunan Anggaran sub-menu Data proses penganggaran
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua Unit laporan Mencetak data rencana kegiatan
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua Unit + Deskripsi laporan Mencetak data rencana kegiatan dan deskripsinya
– – Cek Anggaran laporan Melihat data anggaran yang melebihi pagu
– – Set Tutup Anggaran / Buka Anggaran form Menutup atau membuka anggaran
– – Laporan Anggaran Berbasis Mata Anggaran laporan Mencetak data anggaran menurut mata anggaran
– – Laporan Anggaran Berbasis Mata Rekening laporan Mencetak data anggaran menurut mata rekening
– Pemanfaatan Anggaran sub-menu Data setelah proses penganggaran
– – Surat Perintah Mencairkan (SPM) form Adm perintah mencairkan dana
– Penyusunan Anggaran (BPH) sub-menu Menu khusus BPH
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua Unit laporan Mencetak data rencana kegiatan
– – Lihat RK dan RK-Rinci Semua Unit + Deskripsi laporan Mencetak data rencana kegiatan dan deskripsinya
– – Cek Anggaran laporan Melihat data anggaran yang melebihi pagu
Kasir menu Data-data kasir
– Pencairan Dana form Adm pencairan dana
– Bukti Kas Masuk form Adm bukti kas masuk
– Bukti Kas Keluar form Adm bukti kas keluar
– Opname Pecahan form Adm uang pecahan
Akuntansi menu Data-data akuntansi
– Penjurnalan form Adm jurnal keuangan
– Buku Besar laporan Mencetak buku besar
– Neraca laporan Mencetak neraca
– Laba Rugi laporan Mencetak laba rugi