Categories
Berita PDSI

Sinkronisasi Pelaporan Data PDDIKTI RPL Juli 2018

Pada hari Senin-Rabu, 23-25 Juli 2018 di Ruang Cengkeh Hotel Menara Peninsula diadakan acara Sinkronisasi Pelaporan Data Program Percepatan Pendidikan Tenaga Kesehatan dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI/RPL). Acara tersebut mengundang kurang lebih 87 Institusi sesuai dengan lampiran pada surat nomor DP.03.01/3/04591/2018 tanggal 26 Juni 2018.

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA Yogyakarta) diwakili oleh satu orang, yaitu Basit Adhi Prabowo, S.T. kepala Pusat Data dan Sistem Informasi (dan programmer).

Tujuan

Pelaporan PDPT penyelenggara RPL 100%:

  1. Tersosialisasikannya kebijakan dan mekanisme pelaporan PDDIKTI patch versi 2.2
  2. Mekanisme pelaporan data Mahasiswa RPL
  3. Penomoran Ijazah Nasional (PIN)
  4. Mekanisme pelaporan data Dosen
  5. Mekanisme Sertifikasi Dosen
  6. Melakukan sinkronisasi data penyelenggara RPL dengan PDDIKTI
  7. Konsultasi admin PDDIKTI penyelenggara RPL dengan tim Kemristek Dikti

Acara

  1. Pembukaan oleh Kepala Bidang Fasilitasi Akreditasi dan Pengendalian Mutu Pendidikan Kemenkes, Akemat, S.Kp., M.Kes.
  2. Laporan pelaksanaan sinkronisasi oleh Kepala Pusat Pendidikan SDM Kesehatan (PPSDM), Sugiyanto, S.Pd., M.App.Sc. (menyampaikan tujuan)
  3. Arahan oleh Kepala Badan PPSDM, drg Usman Sumantri, M.Sc.
    • RPL direncanakan hingga 2020. Berikut adalah peserta dan proyeksi peserta Percepatan Pendidikan 2014-2020:
      TahunKelas Karyawan (RPL)Program Afirmasi
      20140
      20150
      20160
      20171.12813.892
      20181.50027.620
      20191.50036.319
      20201.50071.601
    • Dasar hukum RPL adalah UU no 36/2014 tentang tenaga kesehatan
  4. Paparan tentang Dosen (NIDN/PDD) oleh Firman Rudiansyah dari Dirjen Sumberdaya Iptek dan Dikti
    • Alur Sister: (1) Dosen mengajukan PDD >> (2) divalidasi oleh Kepegawaian PT >> (3) divalidasi oleh Kopertis (untuk PTS, PTN langsung ke no 4) >> (4) divalidasi oleh Kementrian >> (5) update data Dosen
    • Kopertis akan dinaikkan levelnya untuk validasi PDD (menunggu aturan)
    • Harus ada pemberitahuan ke Ristekdikti jika sudah siap menggunakan Sister, tidak melalui Forlap (PT memilih salah satu, PDD via Sister atau Forlap)
    • Laporan ke SIGAP > Sumberdaya
  5. Paparan tentang Feeder v2.2 oleh David Aulia Akbar Adhieputra, M.T.I., sebagai Kepala Subbidang Pengolahan Data Ristekdikti
    • Akan ada crosscheck data PT vs data PDDIKTI?
    • Kolom-kolom pada Feeder memungkinkan untuk digunakan BAN-PT dalam waktu dekat
    • Perubahan Feeder ke depan akan disamakan dengan SNDIKTI
    • Pendataan TA dialihkan ke menu aktivitas mahasiswa
  6. Paparan tentang PIN dan SIVIL oleh Didi Rustam, S.Si., M.T.I.
    • Ada rencana integrasi ke Kemendagri data ditarik berdasarkan NIK
    • Booking PIN dapat dibatalkan karena tidak dapat booking jika minimal 1 bookingan terakhir belum dipasangkan melalui admin kampus. Jika sudah dipasangkan, maka hanya dapat dibatalkan oleh Belmawa
    • Laporan ke SIGAP > Belmawa
    • Server uji coba: http://103.56.190.37
    • Program studi belum terakreditasi / kadaluarsa akreditasinya tidak dapat menggunakan PIN
    • Masih diberikan keringanan membuat PIN 1 tahun sebelumnya, tetapi ketika sudah wajib maka hanya boleh tahun berjalan saja
    • NIK orang asing diisi dengan No Passport pertama saat kuliah, tidak perlu diperbaharui
  7. Paparan tentang sertifikasi dosen oleh ketua tim Serdos Kemristekdikti Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd.

Rencana Tindak Lanjut

Melengkapi/mengupdate:

  1. Profil PT
  2. Profil Program Studi
  3. Data Dosen
  4. Data Mahasiswa (RPL)
  5. Periode Pelaporan 20172 dan 20181

By basit

Biro Pengembangan Teknologi Dan Sistem Informasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.