internet

Tidak Ketinggalan Informasi Dengan RSS Reader

basit.adhi.prabowo
basit.adhi.prabowo

Informasi/berita/ilmu merupakan hal yang penting di dalam kehidupan manusia, apalagi manusia yang hidup di jaman yang serba cepat seperti sekarang ini. Jaman dahulu, informasi merupakan sesuatu yang sulit untuk didapatkan. Namun, sekarang informasi begitu mudah didapatkan bahkan bisa dikatakan terjadi tsunami informasi. Tidak perlu dalam hitungan menit, dalam hitungan detik informasi dapat terupdate dan langsung diketahui oleh manusia. Terima kasih kepada internet atas hal tersebut.

Sekarang, hampir semua penduduk kalangan menengah ke atas memiliki telepon pintar (smart phone). Selain digunakan untuk berkirim pesan singkat (sms) dan melakukan panggilan telepon, telepon pintar sudah digunakan untuk melakukan koneksi ke internet untuk berbagai macam tujuan, antara lain merambah (browsing) informasi, chatting dan sebagainya. Namun, ada kelemahan mendasar dalam mencari informasi melalui perambahan (browsing), yaitu informasi hanya didapatkan ketika pengguna aktif mencari.

Sebagai contoh dari kelemahan perambahan informasi adalah mahasiswa yang telat melakukan KRS karena ketinggalan informasi tentang jadwal dan prosedur KRS, padahal sudah ada pengumuman di website institusi. Hal tersebut bisa terjadi karena mahasiswa tersebut terlena dengan aktivitasnya di kampung sehingga lupa bahwa dia adalah mahasiswa dan mahasiswa tersebut tidak membuka web institusi. Namun, hal tersebut sebenarnya tidak perlu terjadi apabila mahasiswa tersebut tahu bagaimana caranya tetap mengetahui informasi terbaru tanpa harus aktif membuka web institusi.

RSS untuk Update Informasi

Really Simple Syndication: an XML-based standard and format used to distribute recent news and other frequently updated content appearing on a website (sumber: http://dictionary.reference.com)

RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication, yaitu sebuah standar dan format berbasis XML yang digunakan untuk mendistribusikan berita saat ini dan konten lainnya yang sering terupdate yang muncul pada sebuah web. Secara sederhana, RSS adalah ringkasan berita yang baru saja diupdate oleh web. Dengan memanfaatkan RSS ini, maka kita dapat mengetahui informasi terbaru dari suatu web tanpa harus membuka web tersebut terlebih dahulu. Simbol dari RSS adalah seperti pada gambar di bawah ini:

rss
rss (sumber: en.wikipedia.org)

RSS pada Browser (Mozilla Firefox) – Semi Otomatis

Pada tutorial kali ini digunakan browser Mozilla Firefox sebagai contohnya, sedangkan untuk browser lain caranya bisa menyesuaikan. Namun, RSS ini bersifat semi otomatis, maksudnya adalah pengguna harus membuka browser dahulu sebelum mendapatkan update otomatis dari RSS. Untuk berlangganan RSS dari suatu situs ke dalam browser dapat dilakukan melalui langkah berikut ini:

  1. Tambahkan RSS ke dalam browser dari suatu situs atau sub-domain, yaitu dengan salah satu cara:
    1. Cari dan klik simbol RSS yang berada di address bar (jika ada)
    2. Cari simbol RSS atau tulisan seperti “Berlangganan Berita Melalui RSS”, kemudian klik tautan yang ada seperti pada gambar di bawah ini:

      klik rss
      klik rss (sumber: dokumentasi pribadi)
    3. Apabila di halaman tersebut tidak terdapat simbol RSS atau kata-kata yang berhubungan dengan berlangganan RSS, maka pengguna dapat mencoba beberapa alternative alamat, antara lain http://alamatweb/feed atau http://alamatweb/feed/rss2/ atau http://alamatweb/?feed=rss2 atau http://alamatweb/feeds/posts/default?alt=rss. Apabila tidak berhasil, maka pengguna dapat menghubungi administrator dari web tersebut.

    Selanjutnya, pengguna akan mendapatkan halaman berpindah ke halaman RSS dari web tersebut. Centang Always Use Live Bookmarks to subscribe to feeds, kemudian klik tombol Subscribe Now seperti pada gambar di bawah ini:

    subscribe now
    subscribe now (sumber: dokumentasi pribadi)
  2. Kemudian akan muncul jendela Subscribe with Live Bookmark. Sesuaikan namanya, pilih folder Bookmarks Toolbar dan klik tombol Subscribe seperti pada gambar di bawah ini:

    subscribce with live bookmark
    subscribce with live bookmark (sumber: dokumentasi pribadi)
  3. Apabila RSS belum muncul, berarti bookmarks toolbar-nya belum diaktifkan. Klik kanan di sebelah kanan address bar kemudian pilih Bookmarks Toolbar untuk mengaktifkan bookmarks toolbar seperti pada gambar di bawah ini:

    mengaktifkan bookmarks toolbar
    mengaktifkan bookmarks toolbar (sumber: dokumentasi pribadi)

RSS pada Smart Phone (Android) – Otomatis

Pada tutorial kali ini digunakan smart phone dengan sistem operasi Android dan perangkat lunak Flym News Reader (rev: 19 Feb 2016) sebagai contohnya, sedangkan untuk sistem operasi atau perangkat lunak lain caranya bisa menyesuaikan. RSS ini bersifat otomatis karena pengguna tidak perlu membuka apapun. Update RSS akan dilakukan secara otomatis oleh perangkat lunak yang diinstal pada perangkat smart phone. Jika terdapat RSS terbaru, maka perangkat lunak tersebut akan memberikan notifikasi kepada pengguna tanpa pengguna membuka aplikasi tersebut terlebih dahulu. Untuk berlangganan RSS dari suatu situs melalui perangkat lunak di smart phone dapat dilakukan melalui langkah berikut ini:

Flym News Reader

Mungkin tidak dapat digunakan untuk RSS berpassword. Gunakan Multiple Rss Atom Feed Reader (dibuat oleh More Share Corp) untuk RSS berpassword

  1. Buka Playstore

    rss reader 1
    rss reader 1 (sumber: dokumentasi pribadi)
  2. Klik pada search bar, ketikkan kata kunci rss reader seperti pada gambar di bawah ini:

    rss reader 2
    rss reader 2 (sumber: dokumentasi pribadi)
  3. Pilih Flym News Reader (dibuat oleh Frederic Julian) seperti pada gambar di bawah ini:

    rss reader 3
    rss reader 3 (sumber: dokumentasi pribadi)
  4. Klik tombol Install, kemudian ikuti intruksi instalasi yang tampil di layar, seperti pada gambar di bawah ini:

    rss reader 4
    rss reader 4 (sumber: dokumentasi pribadi)
  5. Setelah aplikasi terinstall, buka aplikasi Flym News Reader tersebut. Untuk menambahkan alamat ikuti langkah berikut ini:
    1. Tekan menu pada smartphone, kemudian tekan tombol + seperti pada gambar di bawah ini:

      rss reader 5
      rss reader 5 (sumber: dokumentasi pribadi)
    2. Pilih Add a custom feed or search for one seperti pada gambar di bawah ini:

      rss reader 6
      rss reader 6 (sumber: dokumentasi pribadi)
    3. Masukkan alamat RSS pada URL address, misalnya: http://www.say.ac.id/feed/rss2, kemudian klik tombol OK

      rss reader 7
      rss reader 7 (sumber: dokumentasi pribadi)
  6. Cara Membaca Informasi:
    1. Pengguna dapat memilih kategori RSS untuk menampilkan RSS sesuai dengan kategorinya atau memilih Entries untuk menampilkan semua RSS.
    2. Pilih salah satu judul berita untuk membuka detail berita
    3. Geser ke kiri atau ke kanan untuk membaca berita sebelum atau setelahnya.
    4. Informasi yang ingin disimpan dapat diberikan tanda bintang, agar tidak dihapus apabila sudah mencapai batas yang telah ditentukan.

RSS pada Smart Phone (iPhone) – Otomatis

Tidak ketinggalan informasi dengan RSS Reader (iPhone)

Screenshoot

rss 1
rss 1: Install (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 2
rss 2: Setting tanpa password (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 3
rss 3: Mendapatkan password mahasiswa (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 4
rss 4: Beberapa alternatif setting menggunakan password (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 5
rss 5: Update info melalui smart phone secara otomatis (sumber: dokumentasi pribadi)
rss 6
rss 6: Update info melalui smart phone secara otomatis untuk RSS dengan password (sumber: dokumentasi pribadi)

RSS Yang Direkomendasikan Untuk Dipantau oleh Civitas Akademika SAY

  1. http://www.say.ac.id/feed/rss2 (situs resmi SAY, termasuk pengumuman PMB, info kampus, berita dan sebagainya)
  2. http://pdsi.unisayogya.ac.id/feed/rss2, http://akademik.say.ac.id/feed/rss2 dan sebagainya (subdomain SAY, format: http://subdomain.say.ac.id/feed/rss2)
  3. (a) http://user:pass@www.say.ac.id/feed/rss2/simptt-mhs.php atau (b) masuk ke http://www.say.ac.id/feed/rss2/simptt-mhs.php dan isikan username dan passwordnya.
    -: Update status tagihan/pembayaran keuangan dan sebagainya untuk mahasiswa. Username dan password dapat dilihat pada masing-masing simptt-mahasiswa di SIMPTT Mahasiswa (sim.say.ac.id/simptt-mahasiswa) :-
  4. http://www.depkes.go.id/web/rss/rss.xml (situs resmi DEPKES)
  5. http://dikti.go.id/feed (situs resmi DIKTI), berpindah ke http://ristekdikti.go.id/
  6. http://feed.informer.com/digests/AUY2OU5MQX/feeder.rss
    -: Gabungan RSS dari situs http://aturan.dikti.go.id, digabung oleh BPTI SAY menggunakan Feed Informer :-
  7. http://feed.informer.com/digests/ZY7Z96JIT2/feeder.rss
    -: Gabungan RSS dari situs-situs Muhammadiyah, yaitu: http://www.muhammadiyah.or.id/feed (situs resmi Muhammadiyah), http://www.aisyiyah.or.id/feed (situs resmi ‘Aisyiyah), http://www.sangpencerah.com/feeds/posts/default?alt=rss (situs Sang Pencerah), http://tabligh.or.id/feed/ (situs resmi majalah Tabligh) http://tuntunanislam.com/?feed=rss2 (situs Tuntunan Islam), dan http://www.lazismu.org/index.php/k2/k2-category/index.php?format=feed&type=rss (situs resmi Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah) :-

5 thoughts on “Tidak Ketinggalan Informasi Dengan RSS Reader

  1. Pingback: simptt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.