Workshop Pengelolaan Laboratorium di Politeknik Kesehatan Surakarta

Pada hari Senin sampai dengan Selasa (13 November 2017 sampai dengan 14 November 2017) telah diselenggarakan Workshop Pengelolaan Laboratorium di Politeknik Kesehatan Surakarta. Workshop tersebut diadakan di Ruang Fawwaz, Hotel Syariah lantai 12, Jalan Adisucipto no 47 Sukoharjo. Sesuai dengan surat Permohonan Narasumber no UM.01.05/I.01/3355/2017 tangga 7 November 2017, maka Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA Yogya) mengirimkan Kepala UPT Laboratorium (Yuni Purwati, S.Kep.,Ns., M.Kep) dan Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi (Basit Adhi Prabowo, ST) untuk menjadi narasumber pada workshop tersebut.

Workshop pada hari Senin, 13 November 2017, dimulai sekitar pukul 12:00 WIB sampai pukul 21:30 WIB. Acara dimulai dengan pemaparan Kebijakan Poltekkes dalam Pengembangan Laboratorium yang diisi oleh Pembantu Direktur I Poltekkes, dilanjutkan dengan Pengelolaan Laboratorium yang diisi oleh seorang narasumber.

Kepala UPT Laboratorium Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Ibu Yuni, memulai pemaparan tentang tata kelola Laboratorium UNISA Yogya mulai dari pukul 16:00 sampai pukul 17:30. Ibu Yuni memberikan pemaparan tentang bagaimana cara setting ruang, setting ruang untuk ujian praktik (termasuk OSCIE), , setting alat, inventarisasi alatpenjadwalan, pengelolaan perkuliahan dan pemanfaatan sistem informasi di UNISA Yogya.

Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi, Bapak Basit, memulai pemaparan tentang pengelolaan IT Laboratorium UNISA Yogya mulai dari pukul 19:00 sampai pukul 21:30. Bapak Basit memberikan pemaparan tentang teknologi yang digunakan di dalam pengembangan IT laboratorium, jenis sistem informasi yang ada di UNISA Yogya, biaya yang dikeluarkan dan back-up rutin. Presentasi diakhiri dengan memperlihatkan tampilan pada sistem informasi manajemen perguruan tinggi terpadu (SIMPTT) inventaris UNISA Yogya. SIMPTT Inventaris UNISA Yogya digunakan bersama antara UPT Laboratorium dengan Biro Aset, karena memiliki karakteristik yang sama, bahkan klasifikasi yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada:

  1. Pada UPT Laboratorium terdapat box, sedangkan pada Biro Aset tidak terdapat box
  2. Biro Aset cukup menggunakan klasifikasi yang ada pada Departemen Keuangan Republik Indonesia, sedangkan UPT Laboratorium menambah sendiri klasifikasi inventaris dan klasifikasi box

IT Laboratorium UNISA Yogya:

  1. SIMPTT Laboratorium: perkuliahan dan inventaris
  2. Web Laboratorium; RSS Reader
  3. Elearning: Quiz – Ujian TPA PMB, Quiz Perkuliahan, UTS/UAS/Ujian Blok, Latihan Ukomnas; Download materi; Penugasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.