Skip to main content
PMB UNISA
jurnal unisa yogyakarta

E Journal

Pengertian Jurnal dan e-Journal

Jurnal sendiri mempunyai arti sebuah publikasi yang membahas berbagai macam ilmu pendidikan serta penelitian yang memiliki interval jangka waktu terbit berkesinambungan.

Fungsi jurnal adalah melestarikan ilmu pengetahuan dengan cara mendata dan meyebarkan yang telah peer review oleh ilmuan. Karakteristik jurnal seperti update berkaitan dengan teori dibandingkan buku, pembahasan yang lebih ringkas, sebagai referensi alternative, aplikasi dan implementasi dunia nyata.

Dan E-Journal adalah publikasi ilmiah dalam format elektronik dan mempunyai ISSN (International Standard Serial Number). E-Journal mempunyai format PDF, HTML dan terkadang DOC.

Bahasa Pemrograman PHP
Media Web (internet/WAN)
Platform OJS v 2.4.6.0
Upgrade ke v 2.4.8.3
Server Aplikasi Apache
Server Basis Data Mysql

 

Alamat

http://ejournal.unisayogya.ac.id

OJS (Open Journal System)

Open Journal Systems (OJS) is a journal management and publishing system that has been developed by the Public Knowledge Project through its federally funded efforts to expand and improve access to research.

OJS dikembangkan oleh PKP yang merupakan kependekan dari Public Knowledge Project (lihat website https://pkp.sfu.ca). PKP sendiri merupakan salah satu bagian dari Simon Fraser University. OJS dikembangkan untuk untuk memperluas dan meningkatkan akses ke penelitian dan dibiayai oleh pemerintah federal setempat.

OJS membantu untuk setiap tahap proses penerbitan journal, dari pengajuan sampai publikasi online dan pengindeksan. Melalui sistem manajemen, pengindeksan yang berbau penelitian, dan konteks yang lengkap untuk penelitian, OJS berusaha untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah dan penelitian yang dikelola.

OJS adalah perangkat lunak open source tersedia secara bebas untuk jurnal di seluruh dunia untuk tujuan membuat akses terbuka penerbitan pilihan yang layak untuk lebih jurnal, dengan akses terbuka dapat meningkatkan pembaca jurnal serta kontribusinya terhadap kepentingan publik pada skala global.

Penggunaan

E-Journal digunakan sebagai media penyampaian informasi dan komunikasi atau jurnal secara online. e-Journal menyediakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai suatu jurnal konvensional (terbitan dan kajian secara mendalam) sehingga dapat menjawab tantangan globalisasi. e-Journal tidak berarti menggantikan model jurnal konvensional, tetapi memperkuat jurnal tersebut melalui pengelolaan penulis, karya tulis dan tanggapan atas karya tersebut, bahkan sampai pada tingkat mendiskusikan secara tak terbatas. Jurnal-jurnal yang masih konvensional atau berbentuk buku dirubah ke bentuk digital (konversi ke digital) kemudian diunggah ke dalam sebuah server yang digunakan untuk menyimpan file-file digital tersebut.

Fitur-Fitur OJS

  • OJS diinstal secara lokal dan dikendalikan secara lokal.
  • Editor mengkonfigurasi persyaratan, bagian, proses review, dll
  • Pendaftaran online dan pengelolaan semua konten.
  • Modul langganan dengan tertunda pilihan akses terbuka.
  • Pengindeksan komprehensif bagian konten dari sistem global.
  • Reading Tools untuk konten, berdasarkan bidang dan pilihan editor.
  • Email pemberitahuan dan komentar untuk pembaca.
  • Konteks-sensitif lengkap dukungan Bantuan online.

Akses

E-Journal dapat diakses dari mana saja selama terkoneksi dengan jaringan internet. Untuk konten dari e-Journal sendiri dapat dilihat langsung oleh pengguna internet secara umum (non user OJS System) dan pengguna OJS yang terdaftar di dalam sistem.

Jurnal yang masuk ke dalam Sistem OJS Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta antara lain:

  1. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah (Terakreditasi S3 Sinta)
    https://ejournal.unisayogya.ac.id/ejournal/index.php/jkk
  2. Journal of Health Studies
    https://ejournal.unisayogya.ac.id/ejournal/index.php/JHeS
  3. Jurnal Arsitektur dan Perencanaan
    https://ejournal.unisayogya.ac.id/ejournal/index.php/JUARA
  4. Journal of Health Technology Assessment in Midwifery
    https://ejournal.unisayogya.ac.id/ejournal/index.php/JHTAM
    (Dalam proses terbit artikel)

Indeks e-Journal UNISA

Google Schoolar Sinta Logo DOAJ Portal GarudaCrossref Dimensions Portal Garuda

Manual Setting, Penggunaan dan Sistem Publising OJS

http://pkp.sfu.ca/ojs/docs/userguide/2.3.3/index.html
https://sites.google.com/site/panduanopenjournalsystem/home
http://ejournal.say.ac.id/ejournal/index.php/index/about/aboutThisPublishingSystem