Skip to main content
PMB UNISA
opendatakit

ODK Aggregate (Pusat Data Penelitian)

ODK Aggregate

ODK Aggregate adalah sebuah server yang dibuat untuk menampung/menyimpan dan mengolah data penelitian/survey yang didapat dari mobile tools ODK, seperti ODK Collect, ODK Survey, dan sebagainya. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) membangun server ODK Aggregate untuk membangun sebuah Pusat Data Penelitian. Diharapkan semua mahasiswa dan dosen di semua Fakultas menggunakan tools ini untuk melakukan survey atau mengambil data penelitian. Selain itu, ODK Aggregate juga dapat dimanfaatkan oleh Organisasi induk dari UNISA, yaitu ‘Aisyiyah/Muhammadiyah, untuk kepentingan data Nasional. Data penelitian/survey ini dapat digunakan sebagai data dasar pembuatan Policy Brief/Policy Paper/Pendukung Keputusan.

Bahasa PemrogramanJava
MediaWeb (internet/WAN)
PlatformODK Aggregate
Server AplikasiTomcat
Server Basis DataMysql

Alamat

http://sim.unisayogya.ac.id/ODKAggregate

Open Data Kit

The standard for mobile data collection
The Open Data Kit community produces free and open-source software for collecting, managing, and using data in resource-constrained environments. Open Data Kit tools help millions of people around the world collect, manage, and use their data. Our users include Google, WHO, CDC, USAID, the Red Cross and Red Crescent, the Carter Center, the Jane Goodall Institute and many others. From monitoring rainforests to observing elections to tracking outbreaks, Open Data Kit is the standard for mobile data collection.(https://opendatakit.org/, 23 September 2018)

contoh form
contoh form

ODK memungkinkan peneliti/surveyor untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan sebagai bahan untuk membuat suatu keputusan. Bentuk data yang bisa diambil beragam, mulai dari teks, gambar, lokasi, dan sebagainya. ODK juga mendukung pertanyaan bercabang yang kompleks, validasi jawaban, multi bahasa dan dapat bekerja di dalam lingkungan tanpa jaringan / internet. Oleh karena itu, perangkat ini cocok digunakan untuk para peneliti/surveyor karena dapat digunakan hingga pedalaman yang tidak ada internet dan data yang diambil bisa beraneka-ragam bentuknya.

ODK juga menyediakan berbagai macam fitur, mulai dari aplikasi mobile, data server, dan aplikasi desktop, atau dapat melakukan kustomisasi. Oleh karena itu, UNISA membangun server ODK Aggragate sendiri agar UNISA dapat menjadi Pusat Data Penelitian Nasional.

ODK dibuat oleh sebuah komunitas orang-orang biasa yang menghargai komunitas terbuka dan open source. Pengembangan ODK berfokus pada pengguna (user-focused) dan penyebaran (deployment-centric). Apapun latar belakang, kemampuan dan keahlian, siapa-pun dapat membantu ODK menjadi lebih baik. Tertarik? Klik di sini untuk bergabung.

Informasi mengenai penelitian terhadap ODK ini dapat dibuka di sini.

Dokumentasi lengkap mengenai fitur-fitur dan penggunaan ODK  dapat dibuka di sini.

Aplikasinya tersedia di https://play.google.com/store/apps/details?id=org.odk.collect.android.

Download (TutorialODK.pdf, PDF, 1.78MB)

Video