Skip to main content
PMB UNISA
simptt-akademik

SIMPTT Akademik

SIMPTT

Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT) adalah sebuah sistem untuk memasukkan dan mengolah data untuk menjadi sebuah informasi untuk kegiatan manajemen di Perguruan Tinggi yang terdiri dari beberapa sistem informasi yang datanya tersimpan ke dalam sebuah basis data dan saling terhubung satu sama lain.

Bahasa Pemrograman Java
Media Web (internet/WAN)
Framework ZK
Server Aplikasi Tomcat
Server Basis Data Mysql

Alamat

http://sim.unisayogya.ac.id/simptt-akademik

Pengembangan SIMPTT

Pengembangan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Perguruan Tinggi Terpadu (SIMPTT) yang terdiri dari modul core system dan modul supporting system berbasis web yang terkoneksi ke internet (akses melalui WAN). Oleh karena itu, SIMPTT ini mudah diakses di mana saja, kapan saja dan melalui perangkat apa saja. Pengguna dapat mengakses SIMPTT dari komputer kantor, komputer rumah, warung internet, melalui smart phone, melalui notebook / laptop, dari lingkungan Perguruan Tinggi, dari luar Perguruan Tinggi dan sebagainya. Dengan SIMPTT ini maka sivitas akademika dan stake holder memiliki kemudahan dalam mengakses data-data akademik maupun data-data lain terkait melalui sistem informasi yang tersedia. Beberapa hal yang di dapat dengan pengembangan SIMPTT ini antara lain berkurangnya kerangkapan data (redundansi data), memudahkan proses pembaruan data, memudahkan proses memasukkan data, meningkatkan kualitas akses, kualitas informasi (accuracy, relevancy dan timeliness) dan meningkatkan keamanan data (hak akses akan dibagi sampai dengan hak akses aplikasi).

SIMPTT Akademik

SIMPTT Akademik adalah SIMPTT yang digunakan untuk mengolah data dan informasi yang berhubungan dengan proses akademik yang ditempuh atau dilakukan oleh mahasiswa dan dosen, antara lain proses KRS, proses penjadwalan, proses perkuliahan, proses penilaian dan proses kelulusan.

Menu SIMPTT Akademik

Menu Tipe Keterangan
Data Induk menu Melihat data-data induk
– Data Mahasiswa laporan Melihat data mahasiswa
– Data Dosen laporan Melihat data dosen (akademik)
– Data Dosen V2 laporan Melihat data dosen (alamat)
– Data Kurikulum laporan Melihat data kurikulum
– Data Mata Kuliah laporan Melihat data matakuliah
– Data Program Studi laporan Melihat data program studi
Pre-Mahasiswa menu Menangani data Calon Mahasiswa untuk menjadi Mahasiswa
– Setting Generate NIM form Setting parameter-parameter untuk proses pembuatan Nomor Induk Mahasiswa
– Transfer Data PMB form Membuat calon mahasiswa menjadi mahasiswa
– Transfer Mahasiswa Internal form Memindah data mahasiswa yang sudah lulus menjadi mahasiswa di program studi selanjutnya
– Data Mahasiswa laporan Melihat data-data mahasiswa baru
Transaksi Akademik menu Transaksi akademik
– Kalender Akademik form Adm data kalender akademik
– Pengumuman form Adm data pengumuman
– Setting Program Studi sub-menu Setting berkaitan dengan program studi
– – Kurikulum form Adm Kurikulum
– – Matakuliah form Adm Matakuliah
– Pra-KRS sub-menu Data-data sebelum KRS
– – Pembagian Pembimbing Akademik form Adm pembagian PA
– – Cetak Pembimbing Akademik laporan Mencetak pembagian PA
– – Penawaran Mata Kuliah form Adm matakuliah yang ditawarkan pada semester berjalan
– – Pembuatan Paket form Adm paket matakuliah
– – Paket Matakuliah form Adm isi paket matakuliah
– KRS sub-menu Data-data KRS
– – Time Limit KRS Online form Adm penentuan jadwal KRS online oleh mahasiswa
– – Tambah KRS (Jamak) form Adm KRS (jamak/multiple)
– – Tambah KRS Paket (Jamak) form Adm KRS paket (jamak/multiple) seluruh mahasiswa
– – Tambah KRS Paket (Jamak) – Filter form Adm KRS paket (jamak/multiple) sesuai dengan saringan
– – Edit KRS (Tunggal) form Adm KRS (tunggal/single)
– – Cetak KRS laporan Mencetak KRS mahasiswa
– – Cetak Mahasiswa Melakukan KRS laporan Mencetak data mahasiswa yang melakukan KRS
– – Cetak Matakuliah KRS laporan Mencetak data KRS menurut matakuliah
– – Cetak Mahasiswa Tidak Melakukan KRS laporan Mencetak data mahasiswa yang melakukan tidak KRS
– – Laporan Keaktifan Mahasiswa laporan Mencetak data mahasiswa yang melakukan perubahan status keaktifan, misal: CUti, Non Aktif, dsb
– Pra-Perkuliahan sub-menu Data-data sebelum perkuliahan
– – Penyusunan TIM Teaching form Adm data tim pengajar matakuliah
– – Penyusunan Jadwal Kuliah form Adm penjadwalan perkuliahan
– Perkuliahan sub-menu Data-data perkuliahan
– – Pembuatan Daftar Hadir Perkuliahan (A4) laporan Mencetak daftar hadir perkuliahan per pertemuan
– – Pembuatan Daftar Hadir Perkuliahan Crosstab (F4) laporan Mencetak daftar hadir perkuliahan secara mendatar
– – Pembuatan Daftar Hadir Ujian laporan Mencetak daftar hadir ujian
– – Perubahan Jadwal Kuliah by Tanggal form Adm perubahan jadwal perkuliahan menurut tanggal
– – Perubahan Jadwal Kuliah by Matakuliah form Adm perubahan jadwal perkuliahan menurut matakuliah
– – Entry Transaksi Perkuliahan form Adm presensi kehadiran
– – Entry Ijin dan Sakit form Adm ijin dan sakit
– – Hitung Ulang HR form Menghitung ulang HR dosen per periode
– Laporan sub-menu Laporan-laporan perkuliahan
– – Prosentase Kehadiran Mahasiswa laporan Mencetak prosentase kehadiran mahasiswa
– – Rekap Mengajar By Dosen laporan Mencetak rekap mengajar menurut dosen
– – Rekap Mengajar By Matakuliah laporan Mencetak rekap mengajar menurut matakuliah
– – Rekap Materi Mengajar laporan Mencetak rekap materi menurut matakuliah
– – Beban SKS laporan Mencetak beban SKS mengajar dosen
– – Rekap Pecapaian Matakuliah laporan Mencetak pencapaian matakuliah (rencana dan realisasi)
– – Rekap Kehadiran Per Matakuliah laporan Mencetak rekap kehadiran mahasiswa per matakuliah
– – Honorarium Mengajar laporan Mencetak HR mengajar per dosen
– – Rangkuman Honorarium Mengajar laporan Mencetak rekap HR mengajar per periode
– – Rangkuman Honorarium Mengajar Gabungan laporan Mencetak rekap HR mengajar gabungan per periode
Hasil Studi menu Data hasil belajar mahasiswa
– By Matakuliah form Adm nilai menurut matakuliah
– By Mahasiswa form Adm nilai menurut mahasiswa
– Surat Permohonan Entry Nilai pdf Surat permohonan entry nilai
– Laporan sub-menu Laporan-laporan hasil belajar mahasiswa
– – Kartu Hasil Studi (A4) laporan Mencetak kartu hasil studi
– – Transkrip Nilai (F4) laporan Mencetak transkrip nilai (tanpa nilai X)
Kelulusan menu Data-data kelulusan
– Syarat Yudisium-Wisuda form Adm syarat untuk mengikuti yudisium dan wisuda
– Karya Tulis sub-menu Data karya tulis
– – Entry Judul Karya Tulis form Adm data judul karya tulis
– Yudisium sub-menu Data kelulusan
– – Manajemen Yudisium form Adm penjadwalan yudisium
– – Entry Mahasiswa Eligible Yudisium form Adm data mahasiswa diijinkan untuk mengikuti proses yudisium
– – Entry Mahasiswa Lulus Yudisium form Adm data mahasiswa lulus
– – Cetak Transkrip Akademik Akhir (F4) laporan Mencetak transkrip akademik akhir tempuh + equivalensi
– – Cetak Transkrip Akademik Akhir Non Equivalen (F4) laporan Mencetak transkrip akademik akhir tempuh
– – Cetak Ijazah (A4) laporan Mencetak ijazah mahasiswa
– – Cetak Mahasiswa Lulus Yudisium (A4) laporan Mencetak data mahasiswa lulus
– – Cetak Buku Yudisium laporan Mencetak buku mahasiswa lulus
– – Tebaran IPK laporan Mencetak tebaran IPK tiap program studi
– Wisuda sub-menu Data wisuda
– – Entry Mahasiswa Ikut Wisuda form Adm data wisuda mahasiswa
– – Cetak Mahasiswa Ikut Wisuda (A4) laporan Mencetak data wisuda mahasiswa
– – Cetak Buku Wisuda laporan Mencetak buku wisuda mahasiswa
Penelusuran Data menu Laporan-laporan
– Data Mahasiswa – By Program Studi laporan Melihat data mahasiswa menurut program studi
– Data Mahasiswa – By Asal Kabupaten laporan Melihat data mahasiswa menurut asal
– Data Indeks Prestasi Semester Mahasiswa (A4) laporan Mencetak data IPS menurut mahasiswa
– Data Indeks Prestasi Semester Mata Kuliah (A4) laporan Mencetak data IPS menurut matakuliah
– Data Indeks Prestasi Nilai Terbaik Mahasiswa (A4) laporan Mencetak data IPK
– KTM (A4) laporan Mencetak KTM
User menu Menu pengguna
– Ganti Password form Adm penggantian kata sandi
– Logout logout Keluar dari sistem
Bantuan pdf Buku panduan sistem