Nilai Dasar

Nilai Dasar (update 2017) 2017/09/07

Nilai / Prinsip
Nilai / Prinsip

Islam

Islam merupakan ruh di dalam

  • Pancasila, di mana menurut Ki Bagus Hadikusumo, sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa adalah tauhid yang menjadi primanota dari sila-sila berikutnya,(http://sangpencerah.id/2013/11/penyelewengan-tafsir-pancasila/, accessed May 31, 2017.)
  • Matan keyakinan dan cita-cita hidup Muhammadiyah, serta
  • Core Values (Nilai dasar) UNISA

Dasar Negara Republik Indonesia

– maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. (bagian akhir teks Pembukaan UUD 1945)

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa

  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

  3. Persatuan Indonesia

  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan

  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah

(sumber: http://www.muhammadiyah.or.id/id/content-175-det-matan-keyakinan-dan-citacita-hidup.html)

  1. Muhammadiyah adalah Gerakan Islam dan Dakwah Amar Ma-ruf Nahi Munkar, beraqidah Islam dan bersumber pada Al-Qur-an dan Sunnah, bercita-cita dan bekerja untuk terwujudnya masyarakat utama, adil, makmur yang diridhai Allah SWT, untuk malaksanakan fungsi dan misi manusia sebagai hamba dan khalifah Allah di muka bumi.
  2. Muhammdiyah berkeyakinan bahwa Islam adalah Agama Allah yang diwahyukan kepada Rasul-Nya, sejak Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan seterusnya sampai kepada Nabi penutup Muhammad SAW, sebagai hidayah dan rahmat Allah kepada umat manusia sepanjang masa, dan menjamin kesejahteraan hidup materil dan spritual, duniawi dan ukhrawi.
  3. Muhammadiyah dalam mengamalkan Islam berdasarkan:
    1. Al-Qur-an: Kitab Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW;
    2. Sunnah Rasul: Penjelasan dan palaksanaan ajaran-ajaran Al-Qur-an yang diberikan oleh Nabi Muhammad SAW dengan menggunakan akal fikiran sesuai dengan jiwa ajaran Islam.
  4. Muhammadiyah bekerja untuk terlaksananya ajaran-ajaran Islam yang meliputi bidang-bidang:
    1. ‘Aqidah
      Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya aqidah Islam yang murni, bersih dari gejala-gejala kemusyrikan, bid-ah dan khufarat, tanpa mengabaikan prinsip toleransi menurut ajaran Islam.
    2. Akhlak
      Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya nilai-nilai akhlak mulia dengan berpedoman kepada ajaran-ajaran Al-Qur-an dan Sunnah rasul, tidak bersendi kepada nilai-nilai ciptaan manusia
    3. Ibadah
      Muhammadiyah bekerja untuk tegaknya ibadah yang dituntunkan oleh Rasulullah SAW, tanpa tambahan dan perubahan dari manusia.
    4. Muamalah Duniawiyah
      Muhammadiyah bekerja untuk terlaksananya mu-amalat duniawiyah (pengolahan dunia dan pembinaan masyarakat) dengan berdasarkan ajaran Agama serta menjadi semua kegiatan dalam bidang ini sebagai ibadah kepada Allah SWT.
  5. Muhammadiyah mengajak segenap lapisan bangsa Indonesia yang telah mendapat karunia Allah berupa tanah air yang mempunyai sumber-sumber kekayaan, kemerdekaan bangsa dan Negara Republik Indonesia yang berdasar pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, untuk berusaha bersama-sama menjadikan suatu negara yang adil dan makmur dan diridhoi Allah SWT: ‘BALDATUN THAYYIBATUB WA ROBBUN GHOFUR’

(Keputusan Tanwir Tahun 1969 di Ponorogo)

Catatan:
Rumusan Matan tersebut telah mendapat perubahan dan perbaikan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah:

  1. Atas kuasa Tanwir tahun 1970 di Yogyakarta;
  2. Disesuaikan dengan Keputusan Muktamar Muhammadiyah ke 41 di Surakarta.

Nilai Dasar UNISA

Nilai dasar UNISA Yogyakarta adalah nilai-nilai keislaman dan keilmuan sebagai landasan untuk membangun keunggulan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi guna mewujudkan visi dan misi Universitas. Nilai dasar yang dianut UNISA Yogyakarta adalah:

Iman, Ilmiah, dan Amaliah

Iman merupakan landasan teologis yang mendasari ilmu dan amal. Ilmu sebagai bekal pemahaman dan pengetahuan manusia beriman dalam memahami wahyu Tuhan dan ciptaan-Nya sehingga meraih pencerahan. Amal merupakan perwujudan iman dan ilmu dalam berbuat kebaikan untuk kemajuan hidup manusia di dunia dan keselamatan di akhirat. Ketiga aspek tersebut menjadi nilai dasar utama dalam penyelenggaraan UNISA sebagai perguruan tinggi ‘Aisyiyah. Dalam diri setiap civitas akademika UNISA harus tertanam integritas keimanan, keilmuan, dan amaliah yang tinggi.

Moralitas

Moralitas adalah kecenderungan tabiat manusia agar berperilaku berdasarkan patokan kebaikan dan kepatutan sehingga dirinya hidup beradab dengan sesama dan lingkungannya. Moralitas merupakan sopan santun, segala sesuatu yang berhubungan dengan etiket atau adat sopan santun. Moral merupakan kondisi pikiran, perasaan, ucapan, dan tindakan manusia yang terkait dengan nilai-nilai baik dan buruk. Dalam hal ini, moral diartikan sebagai suatu pikiran, sikap, ucapan, perilaku, dan tindakan setiap civitas akademika UNISA Yogyakarta yang memiliki nilai positif yang berbasis nilai-nikai Islam serta etika keilmuan dan profesi.

Profesional

Setiap civitas akademika UNISA Yogyakarta dituntut sepenuhnya menggunakan keahlian dan keterampilan dalam bekerja dan beraktivitas yang menjadi hak dan kewajibannya untuk memajukan UNISA Yogyakarta.

Amanah

Amanah adalah derajat keterpercayaan seseorang sebagai suatu elemen dasar bagi terciptanya suatu hubungan baik antara dirinya dengan orang lain. Amanah merupakan modal ruhani sebagai kesediaan untuk mengandalkan kemampuan, integritas, dan motivasi pihak lain untuk bertindak saling percaya dalam rangka memuaskan kebutuhan dan kepentingan yang disepakati bersama secara implisit maupun eksplisit. Setiap civitas akademika UNISA Yogyakarta menjaga kepercayaan sehingga pihak lain berpikiran positif dan menaruh kepercayaan yang tinggi dalam berinteraksi dan bekerjasama yang dapat memberikan outcome yang positif bagi kemajuan UNISA Yogyakarta.

Integritas adalah kekuatan diri yang dimiliki seseorang yang menunjukkan konsistensi antara pikiran dan tindakan sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku. Dalam hal ini setiap civitas akademika UNISA Yogyakarta selalu bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kebijakan organisasi serta kode etik profesi dalam setiap perbuatannya, sehingga kata sejalan dengan tindakan.

Excellent

Excellent adalah sesuatu yang lebih dari rata-rata, standar atau ekspektasi yang berlaku saat itu. Bahwa setiap civitas akademika UNISA Yogyakarta harus berusaha semaksimal mungkin untuk berkarya dan memberikan suatu prestasi atau pelayanan istimewa yang lebih dari rata-rata sehingga dapat menghasilkan keunggulan di segala aspek yang menjadi komitmen dan usaha UNISA Yogyakarta.

Nilai-nilai dasar tersebut disingkat menjadi @P IME = Amanah, Profesional, Iman-Ilmiah-Amaliah, Moralitas dan Excellent


Strategic IT/ Principle di dalam Enterprise Architecture

disusun oleh Tim Enterprise Architecture

Proses Bisnis

  1. Kepatuhan
    1. Prinsip – Primacy of Principles
    2. Hukum – Compliance with Law
  2. Terintegrasi
    1. Aplikasi Bersifat Umum – Common Use Applications
    2. Manajemen Informasi adalah Urusan Semua Orang – Information Management is Everybody-s Business
    3. Proses Yang Berkelanjutan – Business Continuity
  3. Keuntungan Maksimal Bagi Institusi – Maximize Benefit to the Enterprise
  4. Tanggung Jawab TI – IT Responsibility
  5. Privasi – Protection of Intellectual Property

Informasi

  1. Data Adalah Aset
  2. Berbagi
  3. Kemudahan Akses
  4. Berkualitas
  5. Terdokumentasi – Common Vocabulary and Data Definitions
  6. Aman – Data Security

Aplikasi

  1. Teknologi yang Independen – Technology Independence
  2. Mudah – Ease-of-Use

Teknologi

  1. Perubahan Berbasis Kebutuhan – Requirements-Based Change
  2. Adaptif – Responsive Change Management
  3. Kesetaraan Kemampuan Teknis – Control Technical Diversity
  4. inter-operabilitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.