Categories
Berita PDSI

Literasi Keamanan Digital: Kopi Darat Tanpa Kopi

Media sosial, sebagai salah satu teknologi digital, merupakan hal yang penting bagi Universitas untuk menjangkau seluruh masyarakat dengan cepat dan mudah. Namun, dibalik kecepatan dan kemudahan tersebut terletak kerentanan yang memerlukan langkah-langkah pencegahan agar media sosial lebih aman dari kejahatan siber (cyber crime).

Biro Humas dan Protokoler (BHP) Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta menyelenggarakan kopi darat admin UNISA Yogyakarta dengan tema Literasi Keamanan Digital.  Kegiatan  ini dilangsungkan di Ruang Sidang Lantai 2 Gedung Siti Moendjijah UNISA Yogyakarta dan secara daring pada Senin (30/5/2022).

Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Arizona Firdonsyah, S.Kom.,M.Kom. (Dosen TI UNISA Yogyakarta) dan Basit Adhi P., S.T. (Ka. BPTSI UNISA Yogyakarta).

Literasi Keamanan Digital

Keamanan selalu berbanding terbalik dengan kenyamanan. Jika ingin aman, bersiaplah untuk tidak nyaman. Jika ingin nyaman, bersiaplah untuk tidak aman

— Arizona Firdonsyah, S.Kom.,M.Kom., Dosen Program Studi Teknologi Informasi UNISA Yogyakarta
https://pdsi.unisayogya.ac.id/literasi-keamanan-digital-kopi-darat-tanpa-kopi/ 2022-06-03 08:58:05

Arizona menambahkan bahwa kebiasaan yang menjadikan rentan antara lain 1 password digunakan untuk semua akun yang dimiliki, 1 akun untuk banyak single sign-on, sistem tidak update, menggunakan software yang tidak jelas asal-usulnya, sering menggunakan wifi publik gratis dan sebagainya.

Trust no one, except…

— Basit Adhi Prabowo, Kepala BPTSI UNISA Yogyakarta

Basit menambahkan bahwa pertolongan pertama ketika ada indikasi percobaan pengambil-alihan akun atau awal-awal akun terambil-alih adalah dengan cara membuka link ‘bukan saya’ pada pesan peringatan keamanan di email dan/atau melaporkan ke Customer Service untuk dilakukan pemblokiran pada akun yang diambil alih.

Kegiatan kopi darat admin UNISA Yogyakarta ini diikuti para peserta dengan antusias dari awal sampai dengan selesai. [bst]

Lampiran

By basit

Biro Pengembangan Teknologi Dan Sistem Informasi

One reply on “Literasi Keamanan Digital: Kopi Darat Tanpa Kopi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.